Harmony Blog

Dividend Payout Ratio: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Diupdate Mar 26th, 2021
5

SHARES

PEMBACA

dividend payout ratioPin

Sebelum berinvestasi biasanya investor akan mencari tahu terlebih dahulu. Apakah perusahaan tersebut layak dan menguntungkan. Salah satu caranya adalah dengan menghitung Dividend Payout Ratio.

Dalam investasi saham, investor akan mendapat dua keuntungan yaitu capital gain dan dividen. Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh investor dari selisih harga saham. Sedangkan dividen adalah keuntungan yang diperoleh investor dari pembagian laba yang dilakukan perusahaan.

Jumlah dividen yang diperoleh tiap investor berbeda-beda tergantung jumlah lembar saham yang dimiliki.Click to Tweet

Apa yang dimaksud dengan Dividend Payout Ratio? Kita akan membahasnya secara lengkap beserta rumus perhitungannya di sini.

Dividend Payout Ratio dan Rumus Perhitungannya

Dividend Payout Ratio menurut para ahli yaitu besarnya persentase laba bersih setelah pajak yang dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham (Sudana, 2011:167). Dividen yang dibagikan biasanya dilakukan dalam periode waktu tertentu. Bisa setahun sekali atau dua kali tergantung kebijakan perusahaan.

Melalui Dividend Payout Ratio ini investor bisa tahu seberapa tinggi porsi keuntungan yang diberikan perusahaan pada mereka. Investor juga bisa tahu seberapa besar porsi keuntungan yang digunakan sebagai dana operasional perusahaan.

Perusahaan dengan nilai Dividend Payout Ratio yang rendah biasanya akan menjadi pilihan bagi investor cenderung tertarik pada pertumbuhan modal (investasi jangka panjang). Sebaliknya, investor yang ingin investasi jangka pendek biasanya lebih suka memilih perusahaan dengan nilai DPR tinggi.

Tapi perlu diingat lagi bahwa Dividend Payout Ratio juga tidak boleh terlalu tinggi. Karena pada dasarnya dividen dibayar tunai sehingga nilai yang terlalu tinggi bisa mengganggu likuiditas perusahaan dan menyulitkan pengelolaan kas. Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung rasio ini:

  1. Gunakan Rumus Total Dividen dan Laba Bersih

    Anda bisa menghitung dengan rumus Dividend Payout Ratio berikut ini:

    Dividend Payout Ratio = Total Dividen / Laba Bersih

    Jadi misalkan, PT. A membagikan dividen tahun 2019 dengan nilai total Rp 25.000.000 dan laba bersih yang mereka peroleh dalam periode waktu tersebut sebesar Rp 100.000.000. Maka perhitungannya adalah:

    Dividend Payout Ratio = Rp 25.000.000 / Rp 100.000.000 = 0.25

    Maka nilai Dividend Payout Ratio PT. A adalah sebesar 25%

    Baca juga : Pengertian Rasio Leverages: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

  2. Hitung Dahulu Retention Ratio

    Rasio Pembayaran Dividen juga bisa dihitung menggunakan Rasio Retensi. Retention Ratio adalah rasio yang menunjukkan persentase laba ditahan dibandingkan laba bersih perusahaan. Bagaimana cara menghitung DPR menggunakan Retention Ratio ini?

    Pertama, cari dulu nilai RR dengan rumus:

    Retention Ratio = Saldo Laba Ditahan / Laba Bersih

    Setelah ketemu nilai RR, maka Anda bisa menghitung Rasio Pembayaran Dividen  menggunakan rumus berikut:

    Dividend Payout Ratio = 1 – Retention Ratio

    Nilai 1 yang ada di rumus adalah nilai 100% laba bersih. 

    Contoh soal:

    Misalkan tahun 2019 PT. C menghasilkan laba bersih sebesar Rp. 1 milyar dan memutuskan untuk menahan laba bersih Rp. 200 juta. Hitung nilai DPR PT. C!

    Retention Ratio = Rp. 200.000.000 / Rp. 1.000.000.000 = 0.2

    Dividend Payout Ratio = 1 – 0.2 = 0.8 atau sama dengan 80%

  3. Penggunaan Dividend Per Share dengan Earning Per Share

    Perhitungan DPR yang ketiga bisa dilakukan dengan rumus berikut ini:

    Dividend Payout Ratio = DPS (Dividend Per Share) / EPS (Earning Per Share)

    Contohnya:

    PT. BABA memiliki lembar saham sebanyak 12.345.600 lembar. Dividen yang dibagikan pada tahun 2019 adalah Rp. 100 juta dan laba bersihnya Rp. 200 juta. Berapa nilai DPR PT. BABA?

    Perhitungan:

    Cari nilai DPS dengan cara = Rp. 100.000.000 / 12.345.600 = 8.10

    Cari nilai EPS dengan cara = Rp. 200.000.000 / 12.345.600 = 16.20

    Nilai Dividend Payout Ratio = 8.10 / 16.20 = 0.5 atau 50%.

Kelola Keuangan Perusahaan Lebih Baik dengan Software Akuntansi Online

Selain rasio keuangan, dalam akuntansi juga ada rasio perputaran persediaan, rasio aktivitas dan lain sebagainya. Setiap rasio ini tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

Nah, untuk mempermudah perhitungan rasio yang mungkin diperlukan perusahaan, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online. Dengan software ini, Anda bisa melakukan perhitungan lebih akurat. Butuh rekomendasi software akuntansi online?

Harmony Accounting Software bisa jadi pilihan terbaik. Software akuntansi yang satu ini memiliki sistem cloud yang terintegrasi dan canggih. Jadi, Anda bisa mengelola kegiatan operasional dan keuangan perusahaan dengan lebih mudah. Selain itu, penggunaan sistem cloud juga membuat Anda lebih mudah mengontrol dan memantau pekerjaan meski tidak berada di kantor.

Produktivitas karyawan juga bisa ditingkatkan secara berkala karena Anda bisa memantau kinerja mereka secara real time. Ayo segera konsultasikan kebutuhan software akuntansi Anda dengan kami. Konsultasi bisa dilakukan melalui live chat Harmony. Segera daftarkan akun Anda dan Dapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

2 Responses

    1. Terimakasih atas koreksinya dan sudah kami perbaiki. Semoga tulisan kami bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa subscribe newsletter kami untuk update berbagai tips dan artikel terbaru kami lainnya yang dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony