Harmony Blog

Direct Mail Marketing, Mengapa Masih Efektif? Ikuti Tips Menerapkannya

Diposting Sep 22nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Direct Mail MarketingPin

Direct mail marketing adalah salah satu jenis bentuk iklan yang masih umum dipakai di seluruh dunia. Bukan hanya untuk berbagai bisnis seperti bisnis ekspor, atau bisnis lainnya. Direct mailing juga diterapkan dalam politik, pendidikan, dan lainnya.

Email marketing dianggap masih cukup efektif dalam menyampaikan pesan atau promo tertentu kepada pelanggan secara personal. Bahkan, email marketing juga hemat biaya dan cocok untuk jenis iklan bertarget.

Direct mail marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang hemat biaya dan bisa dipakai oleh berbagai industri, baik multinasional maupun bisnis kecil.Click to Tweet

Kalau Anda bisa memahami cara membuat kampanye direct mail marketing yang efektif. Maka, bisa menjadi alat yang bagus untuk memasarkan bisnis atau informasi tertentu.

Pengertian Direct Mail Marketing Adalah

Direct mail marketing adalah suatu bentuk kampanye iklan tertulis seperti surat namun dikirimkan secara online tanpa diminta penerima. Direct mail marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang hemat biaya dan bisa dipakai oleh berbagai industri, baik multinasional maupun bisnis kecil.

Tips Menerapkan Direct Mail Marketing

Saat ini banyak aplikasi email marketing yang bisa dipakai secara instan. Akan tetapi, dibutuhkan strategi efektif agar bisa menerapkan direct mail marketing yang menghasilkan keuntungan.

Direct marketingPin

Berikut tips-tips menerapkan direct mail marketing yang bisa diikuti:

  1. Targetkan Pelanggan

    Bisnis Anda sudah punya pelanggan tetap atau pelanggan loyal? Ini saatnya mengirimkan direct mail marketing atau email marketing secara langsung. Terutama, ketika Anda memiliki promosi atau penawaran yang menarik. Sehingga, pelanggan bisa belanja atau membeli lagi produk/ jasa yang Anda tawarkan.

  2. Menindaklanjuti/ Follow-Up

    Direct mail marketing adalah email marketing yang dikirim secara berkala dengan topik atau tema tertentu agar bisa berputar lagi dengan prospek. Maka itu, tindaklanjuti email marketing yang sudah dikirimkan. Hanya karena Anda tidak mendapat tanggapan pada pengiriman email marketing pertama, bukan berarti tidak berhasil, kan! Kuncinya adalah follow-up kembali.

  3. Ikuti Trend Direct Mailing

    Direct mailing akan terus berkembang. Cek website atau publikasi direct mailing lainnya agar Anda terinspirasi dan dapat menerapkan ke strategi pemasaran bisnis Anda sendiri.

  4. Personalisasi

    Pelanggan suka iklan yang memiliki sentuhan personal. Penelitian menunjukkan orang-orang suka terlibat dengan iklan unik dengan personalisasi khusus bagi mereka. Sertakan, detail pribadi atau promosi khusus yang dapat melibatkan pelanggan baru secara akrab.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Membuat Kampanye Hybrid

    Apa itu kampanye hybrid? Yaitu, kampanye yang melibatkan direct mailing dan pemasaran digital. Langsung tambahkan tombol check-out atau link website agar penerima direct mailing bisa langsung berbelanja atau bertransaksi ke bisnis Anda.

  6. Penawaran Promosi yang Menarik

    Pastikan untuk memberikan penawaran menarik bagi pelanggan. Kuncinya adalah membuat penjualan atau promosi yang menyentuh sisi emosional dengan metode AIDA. Bila perlu, dorong konsumen untuk membuat pre-order. Misalnya, buat direct mailing unik dengan kalimat kreatif dan ada batasan waktu. Contohnya, “Beli sekarang juga, GRATIS merchandise cantik untuk 10 orang pertama!”

  7. Kode Promo

    Kode referral dapat dipakai untuk melacak respons. Penting untuk memiliki sistem dashboard yang bisa mengetahui berapa banyak penerima email marketing yang merespon.

  8. Bersabar

    Kesuksesan direct mailing atau email marketing tidak diperoleh dalam semalam. Inti dalam menerapkan direct mail marketing adalah kesabaran. Pahami bahwa kesuksesan dalam direct mail marketing adalah memerlukan waktu.

    Berikan waktu kampanye atau iklan email marketing untuk membuahkan hasil sebelum dihentikan. Kembangkan kesabaran dan kepercayaan dalam kampanye direct mail marketing sampai benar-benar menarik pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda.

Bagi pemasaran profesional sekalipun, mengembangkan direct mail marketing adalah membutuhkan proses belajar seumur hidup. Kebutuhan dan keinginan konsumen berubah-ubah secara cepat dan tidak bisa diprediksi. Namun, yang pasti, Anda tetap bisa mengelola bisnis jika didukung manajemen keuangan dan pembukuan yang rapi dan akurat, benar?

Nyatanya, laporan keuangan yang rapi, sistematis, dan real time akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan investor. Masih memakai pembukuan manual? Kalau begitu, sekarang saatnya menerapkan Software Akuntansi Harmony di perusahaan Anda.

Aplikasi Harmony dirancang khusus untuk menyelesaikan berbagai tugas accounting. Seperti pencatatan transaksi penjualan, paybills, pencatatan aset usaha, purchasing order, pembelian, dan masih banyak lagi. Bahkan, dapat membuat laporan keuangan secara otomatis dan instan.

Pembukuan bisnis tak perlu ribet, pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS 30 hari, klik di sini. Harmony juga hadir di medsos untuk Anda, yuk follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK