Harmony Blog

Crowdfunding Adalah Metode Peningkatan Dana, Pelajari Kelebihan dan Jenisnya

Diposting Sep 2nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Crowdfunding adalahPin

Anda mungkin pernah mendengar cerita ada artis yang mengumpulkan ratusan juta melalui internet untuk membantu pengobatan masyarakat. Sebenarnya, pengumpulan dana ini dilakukan dengan crowdsourcing atau crowdfunding.

Crowdfunding adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris “crowd”, berarti kelompok orang banyak, dan “funding” berarti pendanaan.

Jadi, crowdfunding adalah metode penggalangan dana melalui pengumpulan donasi dari sekelompok orang dalam jumlah banyak. Ibaratnya, crowdfunding adalah patungan dana atau urun dana.

Crowdfunding artinya permodalan dana yang dikumpulkan dengan nilai yang berjumlah besar dan memiliki ketertarikan untuk meningkatkan modal.Click to Tweet

Saat ini, metode crowdfunding adalah cara yang sudah sangat lumrah dilakukan melalui aplikasi online. Contoh crowdfunding adalah Kitabisa.com, Benihbaik.com, dan masih banyak lainnya.

Biasanya, tujuan crowdfunding adalah membantu orang atau badan usaha yang membutuhkan pendanaan dengan mengumpulkan sumbangan uang dari para donatur.

Apa Itu Crowdfunding Bagi Bisnis?

Mengenai apa itu crowdfunding bagi bisnis, dapat dijelaskan sebagai metode penggalangan modal usaha melalui media sosial atau website.

Apa itu crowdfunding adalahPin

Biasanya, crowdfunding adalah pengumpulan uang dengan nominal kecil, mulai dari Rp 10.000, dari banyak orang. Donatur atau penyumbang bisa menggunakan aplikasi, website, atau media sosial untuk memberikan donasinya.

Kini, apa itu crowdfunding atau crowdsourcing sudah berkembang lebih luas. Terutama, dalam hal pendanaan atau modal usaha.

Jenis Crowdfunding

Secara umum, terdapat tiga jenis crowdfunding atau crowdsourcing. Ketiga jenis crowdfunding adalah sebagai berikut:

  • Crowdfunding Berbasis Ekuitas
  • Crowdfunding Berbasis Hadiah
  • Crowdfunding berbasis Donasi

Namun pastikan dalam memberikan donasi, Anda memastikan kredibilitasnya. Ada beberapa crowdfunding OJK yang sudah diakui pemerintah dan bisa dipertimbangan untuk investasi. Berikut penjelasan satu per satu, selengkapnya:

  1. Crowdfunding Berbasis Ekuitas

    Crowdfunding berbasis ekuitas memungkinkan kontributor atau donatur menjadi pemilik sebagian perusahaan. Yaitu, dengan cara memperdagangkan modal untuk saham ekuitas.

    Pemilik ekuitas menerima keuntungan dalam bentuk dividen atau yang sesuai porsi kontribusinya. Ini adalah jenis crowdfunding atau crowdsourcing yang paling populer.

    Baca Juga: Hutang Jangka Pendek : Apa Saja Jenisnya Dan Bagaimana Mencatatnya Dalam Pembukuan?

  2. Crowdfunding Berbasis Hadiah

    Penggalangan dana berbasis hadiah, melibatkan donatur yang berkontribusi pada bisnis dengan imbalan tertentu. Biasanya, berupa produk atau jasa tertentu yang ditawarkan perusahaan.

    Dalam praktiknya, crowdfunding berbasis imbalan juga dikenal sebagai crowdfunding non ekuitas. Contoh crowdsourcing atau crowdfunding adalah penggalangan dana untuk penelitian ilmiah, pengembangan software gratis, penemuan baru, dll.

  3. Crowdfunding Berbasis Donasi

    Metode pengumpulan dana ini bertujuan untuk mendapatkan uang dengan meminta sejumlah besar orang agar mau menyumbangkan tanpa mengharap imbalan apapun.

    Jenis pendanaan ini dilakukan terutama untuk kegiatan sosial dan tidak ada yang diharapkan sebagai imbalan dari pendanaan ini. Crowdfunding atau crowdsourcing berbasis donasi biasanya digelar untuk membantu bencana alam, amal, pengobatan medis, dan lainnya.

Kelebihan Crowdfunding Adalah

Crowdsourcing atau crowdfunding adalah fenomena baru bagi orang untuk mengumpulkan dana dengan berbagai alasan. Termasuk membiayai dan mengelola keuangan modal usaha atau mengumpulkan donasi kegiatan sosial.

Kelebihan atau manfaat crowdfunding adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan Dana Dengan Mudah

    Kenapa mudah? Karena, cukup sekali sentuhan jari, Anda sudah bisa berdonasi. Terutama melalui aplikasi atau website, donatur cukup menekan tombol nominal rupiah seperti 10.000, 20.000, atau nominal pecahan lainnya. Bila usaha macet karena terbelit hutang jangka pendek, atau muncul risiko likuiditas, maka pelaku UMKM bisa menggalang dana melalui crowdfunding.

  2. Alat Pemasaran Bisnis

    Jangan keliru, crowdsourcing atau crowdfunding adalah alat pemasaran yang hebat. Anda bisa menjangkau ribuan orang secara bersamaan dan mempromosikan tujuan bisnis Anda sambil mengumpulkan uang.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Risiko Lebih Kecil

    Meluncurkan bisnis baru menjadi tugas yang berisiko. Apalagi, kalau Anda harus mengorbankan rekening tabungan pribadi, dengan crowdsourcing atau crowdfunding, Anda bisa membagi risiko karena pendanaan berasal dari banyak orang.

  4. Mendapatkan Pelanggan Loyal

    Kampanye crowdsourcing atau crowdfunding adalah metode untuk menjangkau banyak calon pelanggan dan membuat orang percaya pada keberhasilan proyek atau tujuan bisnis Anda di masa mendatang.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu crowdfunding. Bila berhasil mendapatkan pendanaan untuk modal usaha, kini saatnya mengelola dan mengatur keuangan usaha agar berjalan dengan baik. Seperti manajemen utang – piutang, penjualan, stok, dan lainnya.

Pakai Software akuntansi Harmony untuk mendukung kegiatan manajemen keuangan bisnis Anda. Dengan Software akuntansi Harmony, pengelolaan keuangan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Pelacakan transaksi, penagihan, hingga pembuatan laporan keuangan, semuanya serba real time.

Penasaran secanggih apa fitur-fitur Software akuntansi Harmony? Daftar melalui tautan ini sekarang juga. Atau, follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info lebih lanjut.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK