Harmony Blog

Contoh Laporan Keuangan Lengkap Bagi Perusahaan, Ketahui Cara Praktis Membuatnya

Diposting Jul 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Contoh laporan keuangan lengkapPin

Tahukah Anda bagaimana contoh laporan keuangan lengkap bagi perusahaan? Tidak perlu khawatir, Anda akan mendapatkan penjelasannya di bawah ini. Memang salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan pebisnis atau akuntan yaitu menyajikan laporan keuangan.

Di mana berdasarkan artinya laporan keuangan adalah pencatatan informasi keuangan selama satu periode atau lebih yang digunakan sebagai gambaran kinerja perusahaan.

Contoh laporan keuangan lengkap terdiri dari neraca, laba rugi, arus kas, perubahan modal, dan catatan atas laporan keuangan.Click to Tweet

Selain itu karakteristik laporan keuangan juga harus dapat dipahami, relevan, dan bisa dibandingkan sebagai bahan evaluasi. Namun untuk menyajikan laporan keuangan tersebut, Anda juga harus mengenali dahulu bagaimana contoh laporan keuangan lengkap.

Karena biasanya beberapa pebisnis juga masih minim pengetahuan dan menyepelekan fungsi laporan keuangan. Nyatanya perlu diketahui betapa pentingnya membuat contoh laporan keuangan lengkap dalam perusahaan.

Apa Itu Laporan Keuangan dan Tujuan Dasarnya?

Berdasarkan pengertian laporan keuangan adalah informasi laporan bisnis yang berisi pencatatan transaksi dan nominal yang telah terjadi dalam sebuah bisnis.

Apa itu laporan keuanganPin

Selain itu laporan ini biasanya dibuat dalam periode tertentu, biasanya dalam satu tahun sekali atau setiap bulan tergantung ketentuan serta kebijakan perusahaan Anda.

Di sisi lain tujuan laporan keuangan ini juga berguna untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh pada periode tertentu.

Oleh karena itu adanya laporan ini juga digunakan oleh stakeholder atau pihak kepentingan yang ada pada laporan tersebut. Bertujuan untuk mengevaluasi dan mencegah kondisi keuangan yang sedang merugi atau bermasalah.

Baca Juga: Neraca Saldo : Pengertian Lengkap, Jenis Dan Contoh Praktisnya

Apa Saja Manfaat Laporan Keuangan Pada Perusahaan?

Untuk mengetahui manfaat laporan keuangan dalam bisnis, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui yaitu:

  • Digunakan Sebagai Evaluasi Kondisi Dan Perkembangan Bisnis

    Menilai bisnis dan perkembangan bisnis, tentunya harus ada data referensi. Data ini bisa Anda gunakan sebagai laporan yang berisi informasi keuangan perusahaan.

    Melalui data informasi keuangan selama periode waktu tertentu, Anda dapat melihat keadaan perusahaan yang sebenarnya. Contohnya pada laba rugi Anda akan melihat apakah status perusahaan itu untung atau rugi.

  • Sebagai Bentuk Laporan Pertanggungjawaban

    Laporan yang berkaitan dengan informasi keuangan perusahaan sering digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai pemangku kepentingan.

    Contohnya, apabila perusahaan Anda adalah perusahaan terbuka, maka investor dan pemegang saham akan menggunakan laporan ini untuk melihat kondisi suatu perusahaan.

    Oleh karena itu, laporan merupakan tanggung jawab perusahaan untuk memberikan informasi kepada pemangku kepentingan tentang status perusahaan.

  • Menilai Apakah Dana Tambahan Diperlukan Untuk Kondisi Bisnis

    Setelah Anda mengetahui bahwa perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan, Anda dapat memutuskan apakah perlu menambah modal untuk perusahaan atau tidak.

    Contohnya, dengan memahami bisnis atau status bisnis dari laporan keuangan, Anda dapat memutuskan apakah akan memberikan dana tambahan untuk ekspansi bisnis. Sehingga dana tambahan tersebut untuk menutupi kerugian.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Menyiapkan Pencatatan Transaksi Laporan Keuangan

Dalam memulai pembuatan contoh laporan keuangan lengkap, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa hal yang penting. Adapun beberapa catatan yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan dalam membuat laporan keuangan adalah:

  • Pencatatan transaksi pembelian barang
  • Pencatatan transaksi penjualan barang
  • Pencatatan biaya-biaya Lainnya
  • Pencatatan hutang
  • Pencatatan piutang
  • Pencatatan transaksi kas usaha

Beberapa pencatatan di atas merupakan panduan dasar ketika Anda ingin membuat laporan keuangan. Apabila sudah menyiapkan seluruh pencatatan transaksi untuk membuat contoh laporan keuangan lengkap, maka Anda bisa membuat laporan neraca.

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Bentuk T Dan Contohnya

Bagaimana Contoh Laporan Keuangan Lengkap Dalam Bisnis?

Sesudah membahas apa itu laporan keuangan dan manfaat dalam laporan keuangan, selanjutnya Anda akan membuat contoh laporan keuangan lengkap yaitu seperti:

  1. Balance Sheet (Laporan Neraca)

    Laporan neraca atau balance sheet yang berarti adalah salah satu jenis laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan. Dimana informasinya berisi modal, kewajiban, dan aset secara lengkap hingga harus seimbang.

    Karena bagian aset ditampilkan pada sisi aktiva, sedangkan kewajiban dan modal untuk bagian pasiva. Dengan demikian untuk membuat neraca maka Anda harus memahami persamaan dasar akuntansi yaitu Aset = Kewajiban + Modal

    Adapun contoh laporan neraca dalam perusahaan yaitu sebagai berikut:

    Laporan neracaPin

  2. Profit & Loss (Laporan Laba Rugi Perusahaan)

    Pada laporan laba rugi ini berguna untuk menilai kinerja keuangan, yangan diketahui sebagai apakah bisnis tersebut mengalami kerugian atau keuntungan dalam satu periode.

    Selain itu laporan ini juga memberikan informasi mengenai pajak perusahaan, serta sebagai bahan evaluasi divisi manajemen untuk membantu mengambil suatu keputusan. Adapun dua contoh laporan laba rugi yaitu:

    • Laporan Laba Rugi Multiple Step – Secara definisinya contoh laporan laba rugi multiple step ini lebih kompleks, dimana Anda harus memisahkan transaksi operasional dengan non operasional.
    • Laporan Laba Rugi Single Step – Dibandingkan dengan multiple step, ternyata single step ini lebih sederhana. Karena format ini pendapatan dan keuntungan bisa ditempatkan pada bagian awal laporan. Berikut ini contoh laporan laba rugi single step adalah:Laporan laba rugiPin
  3. Capital Statement (Laporan Perubahan Modal)

    Pada laporan perubahan modal ini merupakan informasi data yang menyajikan berubahnya aktiva bersih yang berupa peningkatan atau penurunan selama periode tersebut.

    Di mana saat pendirian usaha, Anda akan menyetorkan modalnya sebagai pemilik bisnis. Sehingga selama masa kinerja usaha maka modal awal kan berubah.

    Beberapa informasi yang diperlukan dalam membuat laporan juga terdiri dari prive, modal awal, dan total laba atau rugi. Adapun contoh laporan perubahan modal yaitu:

    Laporan perubahan modalPin

  4. Cash Flow Statement (Laporan Arus Kas)

    Untuk contoh laporan keuangan lengkap selanjutnya yaitu laporan arus kas atau cash flow statement. Di mana laporan ini berguna memberikan data mengenai aliran kas masuk dan keluar.

    Selain itu laporan ini juga berguna sebagai prediksi arus kas dimasa yang akan datang, dan juga sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban. Berikut tiga aktivitas laporan arus kas yaitu:

    • Operating Activities (Arus Kas Kegiatan Operasi)
    • Investing Activities (Arus Kas Kegiatan Investasi)
    • Financing Activities (Arus Kas Kegiatan Pendanaan)

    Laporan arus kasPin

  5. Notes of Financial Statements (Catatan Atas Laporan Keuangan)

    Pada catatan atas laporan keuangan ini disingkat sebagai CALK yang dikenal sebagai salah satu laporan keuangan, akan tetapi catatan ini bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan.

    Maka dari itu biasanya CALK dibutuhkan untuk perusahaan yang besar atau go public, dengan tujuan untuk memberikan informasi serta penjelasan keuangan perusahaan secara rinci.

    Sehingga biasanya CALK ini diletakkan pada bagian belakang, karena isinya sangat mendetail, oleh karena itu data informasinya juga tebal dan juga memiliki banyak halaman.

Miliki Laporan Keuangan Lengkap Melalui Pembukuan Harmony

Perlu Anda ketahui bahwa Harmony memiliki fitur terkait laporan keuangan yang mudah digunakan atau di download serta bisa dimanfaatkan sebagai memonitor perkembangan bisnis Anda. Cobalah ikuti langkah berikut:

  • Lakukan Daftar Akun Gratis Selama 30 Hari

    Masuk ke aplikasi Harmony.co.id, Apabila Anda belum punya? Miliki akun Gratis 30 Hari klik di sini.

    Daftar harmonyPin

  • Mengecek dan Mendownload Laporan Laba Rugi, Perubahan Modal, Neraca dan Arus Kas

    Di halaman menu laporan, kemudian pilih laporan yang ingin dicek, lalu isi periode yang dipilih dan klik tampilkan.

    Apabila Anda ingin mengekspor atau mendownload Anda bisa klik format yang Anda inginkan “PDF/Excel”.Mengecek laporan keuanganPin

    Download laporan keuanganPin

  • Memantau Kondisi Keuangan Secara Cepat

    Di halaman menu dashboard, Anda bisa memantau informasi data keuangan secara cepat dengan melalui periode yang Anda inginkan secara mudah.

    Memantau laporan keuangan secara cepatPin

Setiap usaha yang sudah mulai dijalankan perlu untuk mempertimbangkan pembuatan contoh laporan keuangan lengkap.

Nyatanya tanpa laporan keuangan, keuangan usaha Anda menjadi tidak akan terkontrol dan cenderung terjadi berbagai masalah keuangan nantinya.

Bisa saja keuangan Anda terjadi penggelapan dana yang tentunya akan sangat merugikan Anda. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk membuat kelima laporan tersebut.

Anda tidak perlu bingung untuk membuat satu per satu, karena adanya software akuntansi Harmony memungkinkan Anda membuat laporan keuangan tersebut menggunakan satu software yang terintegrasi.

Fitur-fitur yang disediakan memungkinkan untuk digunakan oleh berbagai kalangan bisnis, tanpa perlu keahlian khusus sebagai seorang akuntan. Untuk membuktikan kemudahannya, Anda bisa segera melakukan pendaftaran disini dan menikmati layanan gratis atau trial selama 30 hari.

Mau update info menarik dan penawaran terbaik kami selanjutnya? Ayo, follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony