Harmony Blog

Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Komponennya

Diupdate Feb 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Laporan-Arus-Kas-Metode-Langsung-HarmonyPin

Laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung merupakan komponen yang penting, dalam mengetahui kesehatan perusahaan. Sehingga perusahaan juga dapat mengelola keuangannya melalui proses standar akuntansi.

Pembuatan laporan arus kas metode langsung juga perlu memiliki karakteristik laporan keuangan yaitu disusun rapi dan relevan, agar nantinya sebagai pebisnis maupun investor dapat memahami laporan arus kas tersebut.

Laporan arus kas metode langsung digunakan untuk pelaku usaha agar mudah mengerti arus kas keluar dan masuk dari perusahaan tersebut.

Bahkan sebagai fungsinya cashflow memberikan gambaran sebagai informasi data jumlah total pengeluaran kas, atau penerimaan kas selama periode berjalan.

Dengan demikian laporan arus kas metode langsung berguna, untuk menganalisa kegiatan keuangan perusahaan dalam waktu tertentu. Serta penyusunan contoh laporan arus kas harus terdiri dari investasi, pembayaran gaji, hutang, dan sebagainya.

Memahami Apa Itu Laporan Arus Kas (Cash flow)?

Pada dasarnya laporan arus kas (cash flow) memiliki tiga bagian kegiatan keuangan yaitu operasi, investasi serta pembiayaan.

Namun pada bagian operasi memiliki metode laporan arus kas metode tidak langsung maupun langsung, ini berguna untuk membandingkan aktivitas operasi dengan laporan laba rugi yang berdasarkan waktu serta pendapatan kas.

Secara spesifik metode laporan arus kas dibagi menjadi dua, yaitu laporan arus kas metode langsung vs tidak langsung. Di mana laporan arus kas metode langsung adalah laporan arus kas pada bagian operasi yang timbul akibat pengumpulan piutang pelanggan, serta pembayaran uang dari karyawan atau pemasok.

Metode ini juga berguna untuk melihat kas dalan membayar pajak penghasilan maupun bunga. Sedangkan laporan arus kas metode tidak langsung perlu menyesuaikan pendapatan bersih serta laba bersih menjadi basis kas. Sehingga Anda juga perlu menambah bagian pengeluaran non tunai seperti amortisasi, depresiasi, piutang dagang, segala kerugian serta penjualan aset tetap.

Baca Juga : Cara Membuat Buku Besar Bentuk T dan Contohnya

Apa Saja Komponen Penyusunan Laporan Arus Kas Metode Langsung?

Adapun beberapa komponen dalam menyusun laporan arus kas metode langsung sebagai berikut :

1. Memperoleh Data Informasi Secara Jelas

Dalam menyusun laporan arus kas metode langsug harus berdasarkan data informasi secara jelas, misalnya informasi tersebut didapat dari data buku kas kecil atau kas bank.

Selanjutnya dalam membuat laporan keuangan arus kas juga harus memiliki rekening koran serta struk yang dimiliki, sehingga data informasi tersebut harus memiliki seluruh data mengenai pemasukan serta pengeluaran keuangan perusahaan.

Untuk membantu menyajikan laporan keuangan arus kas yang berkaitan dengan biaya masuk dan keluar Anda, maka sekarang Anda bisa menggunakan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat.

Dengan cara manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

2. Menyusun Data Aktivitas Operasional

Dalam penyusunan laporan keuangan arus kas ini seperti pembahasan di atas bahwa yang membedakan laporan arus kas metode tidak langsung, dan langsung adalah bagian aktivitas operasional.

Laporan arus kas ini berawal dari data aktivitas operasional di mana bagiannya terdiri dari pemasukan, pengeluaran, serta penjualan produk.

Contohnya bukti pengeluaran atas biaya kendaraan operasional atau pembelian produk dalam mendukung kegiatan operasi perusahaan.

3. Menyusun Data Aktivitas Investasi

Selain itu dalam menyusun data aktivitas investasi adalah bagian penting atas pengeluaran, pemasukan dana, serta pembelian aset dalam waktu jangka panjang. Bagian ini juga diperoleh dari penjualan aset serta serta simpanan jangka panjang, kemudian juga didapat dari pengalihan aset lain serta mempengaruhi periode jangka panjang tersebut.

4. Menyusun Data Aktivitas Pendanaan

Selanjutnya dalam menyusun laporan keuangan arus kas yaitu adanya data aktivitas pendanaan, yang terdiri dari transaksi tunai. Sehingga transaksi ini mempengaruhi akun liabilitas jangka panjang serta ekuitas, seperti contoh pembelian saham atau pengambilan pinjaman.

5. Menyajikan Hasil Laporan Arus Kas Metode Langsung (Cash Flow) Perusahaan

Dalam menyajikan laporan arus kas perusahaan dengan metode langsung. Untuk itu dalam menyusun arus kas tersebut didapat informasi dari aktivitas operasi, investasi serta pendanaan menjadi pertanggung jawaban perusahaan. Sehingga nantinya fungsi dari penggunaan metode ini seluruh komponen di atas tidak bisa dihilangkan atau bahkan dipangkas.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung?

Untuk lebih jelas bagaimana dengan mudah menyusun laporan arus kas metode langsung, maka berikut ini contoh laporan arus kas PT Sukses Kemilau periode Desember 2020 sebagai berikut. Seperti pembahasan komponen diatas bahwa laporan keuangan arus kas terdiri dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.

Dengan mengumpulkan laporan setiap transaksi PT Sukses Kemilau selama Desember 2020, yaitu :

a. Laporan Arus Kas Metode Langsung – Aktivitas Operasi

Laporan aktivitas operasi ini adalah bagian dari penerimaan maupun pengeluaran kas. Bahkan mempengaruhi bagian komponen neraca, seperti aset dan kewajiban.

Arus kas metode langsung - aktivitas operasiPin

b. Laporan Arus Kas Metode Langsung – Aktivitas Investasi

Laporan aktivitas ini berdasarkan atas transaksi kas seperti bukti dari pembelian, penjualan aset tetap. Contohnya gedung, tanah, fasilitas pabrik, dan lainnya.

Laporan arus kas aktivitas investasi 1Pin

c. Laporan Arus Kas Metode Langsung – Aktivitas Pendanaan atau Pembiayaan

Laporan yang berasal dari aktivitas pendanaan merupakan bagian dari kewajiban dalam neraca, serta mempengaruhi pengurangan modal perusahaan.

Laporan arus kas aktivitas pendanaan 1Pin

d. Penyajian Hasil Laporan Arus Kas Metode Langsung

Setelah seluruh komponen aktivitas telah diperoleh, langkah berikutnya penyajian laporan arus kas metode langsung seperti berikut ini.

Laporan arus kas metode langsungPin

Membuat laporan arus kas metode langsung merupakan hal penting pada laporan keuangan. Sehingga hal ini mempengaruhi penerimaan, dan pengeluaran kas terhadap kesehatan keuangan perusahaan periode tertentu. Laporan arus kas, sangat berguna bagi perusahaan supaya dapat mengetahui keputusan dan kinerja perusahaan sehingga dapat melihat berapa banyak pengeluaran atau pemasukan kas yang diperoleh.

Sehingga jika Anda memiliki kesulitan dalam menyajikan data keuangan seperti laporan arus kas, laba rugi, dan laporan posisi keuangan lainnya. Bahkan ingin selalu terupdate atas setiap transaksi maupun secara real time. Sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
  • Weekly
  • Monthly
  • All-Time

Memahami Tahapan Siklus Bisnis dan PenerapannyaMemahami Tahapan Siklus Bisnis dan Penerapannya Siklus bisnis tentu sangat berpengaruh pada fase naik dan turun output ekonomi secara berkala namun tidak teratur. Dalam fase nya dapat dilacak melalui indikator aktivitas…Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis AndaPentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya…Bukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-BupotBukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-Bupot Dalam sebuah perpajakan bukti potong PPh 23 adalah suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan bagi pengusaha kena pajak. PPh pasal 23 ini merupakan pajak penghasilan…10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut…Penghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan LengkapnyaPenghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan Lengkapnya Yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak adalah penghasilan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan Pasal 23 dan juga Pasal 25. Untuk penghasilan kena pajak ini…

Memahami Tahapan Siklus Bisnis dan PenerapannyaMemahami Tahapan Siklus Bisnis dan Penerapannya Siklus bisnis tentu sangat berpengaruh pada fase naik dan turun output ekonomi secara berkala namun tidak teratur. Dalam fase nya dapat dilacak melalui indikator aktivitas…Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis AndaPentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya…Bukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-BupotBukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-Bupot Dalam sebuah perpajakan bukti potong PPh 23 adalah suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan bagi pengusaha kena pajak. PPh pasal 23 ini merupakan pajak penghasilan…10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut…Penghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan LengkapnyaPenghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan Lengkapnya Yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak adalah penghasilan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan Pasal 23 dan juga Pasal 25. Untuk penghasilan kena pajak ini…

Memahami Tahapan Siklus Bisnis dan PenerapannyaMemahami Tahapan Siklus Bisnis dan Penerapannya Siklus bisnis tentu sangat berpengaruh pada fase naik dan turun output ekonomi secara berkala namun tidak teratur. Dalam fase nya dapat dilacak melalui indikator aktivitas…Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis AndaPentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya…Bukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-BupotBukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-Bupot Dalam sebuah perpajakan bukti potong PPh 23 adalah suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan bagi pengusaha kena pajak. PPh pasal 23 ini merupakan pajak penghasilan…10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut…Penghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan LengkapnyaPenghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan Lengkapnya Yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak adalah penghasilan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan Pasal 23 dan juga Pasal 25. Untuk penghasilan kena pajak ini…

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Contact Harmony