Harmony Blog

Contoh Kwitansi Pembayaran yang Sering Digunakan oleh Pebisnis

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

contoh kwitansi pembayaranPin

Dalam bisnis yang melibatkan transaksi jual beli, adanya kwitansi pembayaran sangat penting untuk bukti dan dokumentasi pembayaran. Jenis dan contoh kwitansi pembayaran bisa berbeda, bahkan perusahaan ada yang memiliki desain format kwitansi tersendiri. Tapi ada juga yang masih menggunakan kwitansi pembayaran standar.

Contoh kwitansi pembayaran ini mudah ditemukan karena banyak dijual di toko ATK hingga minimarket. Contoh kwitansi pembayaran dengan format kwitansi khusus bisa ditemukan oleh perusahaan tertentu, misalnya agen pertamina dan perusahaan yang memproduksi kendaraan.

Di dalam kwitansi tertera nominal harga jual sebuah produk yang nantinya akan dimasukkan ke dalam neraca dan laporan keuangan lainnya.

Pada intinya, ketika seseorang melakukan transaksi jual beli dan menerima sebuah bukti fisik, bisa dipastikan bahwa bukti tersebut salah satu contoh kwitansi pembayaran atau contoh kwitansi pembelian. Bagi beberapa orang, adanya kwitansi mungkin tidak dianggap penting.

Namun, bagi perusahaan, adanya kwitansi adalah bukti fisik yang akan mempengaruhi siklus akuntansi usaha. Di dalam kwitansi tertera nominal harga jual sebuah produk yang nantinya akan dimasukkan ke dalam neraca dan laporan keuangan lainnya. Adanya kwitansi juga bisa menjadi sebuah informasi yang penting untuk membandingkan harga pokok penjualan dan harga jual produk untuk periode bisnis mendatang.

Kwitansi Sebagai Salah Satu Bukti Pembayaran

Kwitansi adalah salah satu bukti pembayaran yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis dalam melakukan transaksi. Selain kwitansi, masih ada banyak bukti pembayaran yang lain, misalnya nota kontan, cek, faktur (Invoice), debet, bilyet giro, dan lain sebagainya. Namun, kwitansi pembayaran menjadi yang paling populer dibandingkan jenis lainnya karena sifatnya mudah dibuat, mudah dibaca, dan memberikan informasi yang singkat dan jelas.

Kwitansi pembayaran bukan hanya berkenaan dengan produk berupa barang saja. Ketika seseorang menggunakan jasa, misalnya mengirimkan paket melalui perusahaan ekspedisi, maka akan menerima resi pengiriman. Resi pengiriman ini adalah salah satu contoh kwitansi pembayaran. Hanya saja fungsinya lebih luas karena berguna juga untuk mengetahui status paket yang dikirimkan.

Baca Juga : Pembahasan dan Penjelasan Mengenai Prinsip Etika Bisnis

Membuat Contoh Kwitansi Pembayaran

Kwitansi pembayaran akan sangat penting bagi perusahaan, baik yang baru dibangun maupun yang sudah mapan. Dengan kwitansi, perusahaan akan tampak profesional di mata pelanggan. Namun, sebaiknya kwitansi dibuat berbeda dari kwitansi standar. Perusahaan bisa membuat sendiri dengan desain yang lebih unik agar tampak lebih profesional.

Ada banyak contoh kwitansi pembayaran unik yang dibuat oleh para pelaku bisnis. Bahkan, contoh kwitansi pembayaran bisa dengan mudah ditemukan di internet. Tidak ada aturan baku untuk desain dan format kwitansi pembayaran. Namun, dalam membuatnya harus melibatkan unsur-unsur utama dari kwitansi pembayaran. Unsur-unsur kwitansi pembayaran antara lain:

• Nomor kwitansi, yaitu unsur yang berguna untuk membedakan antara satu kwitansi dengan kwitansi dari perusahaan yang sama.

• Nama penerima kwitansi pembayaran.

• Jenis Produk yang dibeli juga harus tertera

• Jumlah atau total harga yang harus dibayarkan oleh pihak pembeli

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

• Tempat dan tanggal diterbitkannya kwitansi

• Jumlah atau total harga yang harus dibayarkan oleh pihak pembeli.

Beberapa contoh kwitansi pembayaran memungkinkan untuk diberi materai sebagai salah satu aspek yang mengesahkan sebuah kwitansi tersebut. Kwitansi ini biasanya melibatkan transaksi dengan harga yang tinggi atau ketika pembeli harus membayar secara kredit.

Untuk membuat kwitansi, bisa dilakukan dengan mudah melalui microsoft word atau microsoft excel. Namun, teknik ini sangat berbahaya karena kemungkinan ada pihak yang membuat kwitansi kosong. Biasanya, beberapa oknum nakal memanfaatkan kwitansi kosong untuk mengambil keuntungan pribadi.

Kwitansi kosong biasanya belum tertera nominal uang atau harga produk, namun sudah ditandatangani oleh pihak yang mengesahkan kwitansi. Pengguna kwitansi bisa dengan bebas mengisi nominal harga, sehingga bisa sangat merugikan perusahaan. Untungnya, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, sudah banyak inovasi mengenai aplikasi dan software yang bisa digunakan untuk membantu kegiatan penjualan dan juga pembayaran dari customer.

Beberapa contoh kwitansi pembayaran bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Namun, sebaiknya hindari penggunaan kwitansi kosong. Untuk mendukung kegiatan penjualan mulai dari penawaran, invoicing dan juga pengeluaran uang, Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony.

Dengan fitur-fitur berbasis cloud, setiap transaksi yang melibatkan keuangan perusahaan Anda akan tercatat dengan benar tanpa ada celah bagi pihak nakal yang ingin mengambil keuntungan sepihak. Gunakan software akuntansi Harmony dengan daftar akun di sini sekarang. Nikmati fitur lengkap Harmony GRATIS 30 hari. Jangan lupa, follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk update informasi menarik tiap hari. 

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony