Harmony Blog

Cara Menyusun Rencana Bisnis dan Pelajari Manfaatnya

Diposting Sep 16th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

rencana bisnisPin

Dunia bisnis yang dinamis dan bergerak cepat, menuntut rencana bisnis yang tepat. Bagaimana agar bisnis tetap konsisten dan bertahan sesuai ekspektasi? Buatlah rencana bisnis yang layak dan ikuti sebagai salah satu panduan.

Biasanya, rencana bisnis atau bisnis plan adalah berupa dokumen yang merinci bagaimana perusahaan akan mencapai tujuannya.Click to Tweet

Rencana bisnis atau bisnis plan adalah semacam acuan atau referensi untuk mengembangkan perusahaan. Bisnis plan adalah panduan yang akan membantu Anda tetap berada di jalur yang tepat menuju kesuksesan. Kalau bisnis plan Anda cukup menarik, hal ini juga bisa meyakinkan investor menanamkan modalnya.

Bagaimana Cara Menyusun Rencana Bisnis?

Menyusun perencanaan usaha atau bisnis plan adalah langkah awal mengembangkan usaha. Biasanya, rencana bisnis atau bisnis plan adalah berupa dokumen yang merinci bagaimana perusahaan akan mencapai tujuannya.

Bisnis planPin

Sebelum memulai perencanaan usaha, Anda mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana susunannya? Atau “Darimana saya harus memulai rencana bisnis?”

Berikut adalah format rencana usaha secara umum, meliputi:

  • Ringkasan/ Executive summary.
  • Sejarah perusahaan.
  • Keunggulan kompetitif.
  • Visi/ misi.
  • Gambaran keuangan.
  • Tujuan perusahaan.

Namun, ada juga beberapa bisnis plan yang dibuat lebih terperinci. Kuncinya adalah membuat rencana bisnis yang jelas dan singkat, sertakan poin-poin penting.

Contoh rencana bisnis pada umumnya dirancang sebagai panduan dan menginspirasi untuk membuat bisnis plan Anda sendiri. Jadi, Anda bisa mengetahui apa saja poin yang harus disertakan dan bagaimana menyusunnya.

Apa Saja Manfaat Bisnis Plan?

Tujuan memahami contoh rencana bisnis atau bisnis plan adalah membantu menyusun strategi saat memulai atau mengubah bisnis. Pemilik bisnis bisa memiliki gambaran bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.

Perencanaan usaha yang disusun dengan baik bisa memberikan ketenangan dan panduan agar tidak bingung atau kehilangan arah saat berjalannya usaha.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagi usaha yang sudah berjalan, hendaknya rencana bisnis diperbarui setiap tahun. Karena, pertumbuhan dan trend pasar selalu berubah. Misalnya, apakah harus merekrut karyawan baru, membeli perlengkapan atau mesin baru, menyediakan produk dan layanan baru, dll.

Berikut adalah manfaat menyusun bisnis plan:

  • Memberikan gambaran yang jelas

    Bisnis plan dapat memberikan gambaran yang jelas pada proses pengambilan keputusan. Seperti investasi modal, sewa, pengembangan sumber daya manusia, dll.

    Perencanaan usaha yang baik dapat membantu pengusaha mengidentifikasi prioritas dan hal terpenting bisnis sehingga lebih fokus mencapai tujuan perusahaan.

  • Panduan strategi pemasaran

    Pemasaran adalah aspek penting dari bisnis plan. Hal ini dapat membantu untuk menentukan target pasar, target pelanggan, dan bagaimana bisnis akan mempromosikan atau meluncurkan produk/ jasa ke pasar.

  • Dukungan pembiayaan

    Rencana bisnis yang baik, bisa memikat investor untuk menanamkan modalnya ke perusahaan Anda. Bila Anda sedang mencari pinjaman uang ke bank atau investor, rencana bisnis yang akan menjawab berbagai pertanyaan kreditur, terkait profit dan perolehan pendapatan bisnis.

  • Mendapatkan talenta terbaik

    Agar bisnis berhasil, dukungan karyawan dan mitra bertalenta sangat penting. Salah satu tujuan rencana bisnis atau bisnis plan adalah membantu mendatangkan talenta yang tepat, di waktu yang tepat. Karyawan atau staf juga ingin tahu tentang visi, misi, dan bagaimana mereka bisa berkontribusi dalam perannya untuk mencapai tujuan perusahaan.

  • Menyediakan struktur

    Dalam bisnis plan menyediakan struktur dan mendefinisikan tujuan sistem informasi manajemen bisnis. Hal ini bisa menjadi alat referensi atau acuan menjaga bisnis tetap di jalurnya dengan target penjualan serta pencapaian operasional.

    Bila dipakai dengan benar dan dikonsultasikan secara teratur, dapat membantu mengukur dan mengelola area fokus prioritas Anda.

Bagaimana, siap menyusun bisnis plan sesuai tujuan perusahaan Anda? Untuk mendukung rencana bisnis yang lebih lengkap dan akurat, sertakan juga laporan keuangan usaha Anda.

Bila Anda mengalami kendala dalam pembuatan laporan keuangan, pakai Software Akuntansi Harmony yang dilengkapi fitur pembuatan laporan keuangan secara otomatis. Anda bisa mengintegrasikan aplikasi Harmony dengan perencanaan usaha khususnya dalam hal keuangan Anda, sehingga hasil susunan bisnis plan yang Anda buat akan semakin lengkap.

Sebaiknya, tingkatkan sistem pembukuan bisnis Anda sekarang juga bersama Aplikasi Harmony agar bisa membuat perencanaan usaha dengan lancar. Harmony merupakan sistem akuntansi online yang bisa membantu Anda dan telah dipercaya oleh ribuan pebisnis dalam bidang apapun. Ingin mendapatkan laporan keuangan lengkap tanpa repot? Klik di sini untuk FREE Trial 30 hari aplikasi Harmony. Anda juga bisa mengenal kecanggihan fitur Harmony lebih dekat, follow akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook .

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK