Harmony » Blog » 

Cara Menyusun Rencana Bisnis dan Pelajari Manfaatnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 16, 2021

Dunia bisnis yang dinamis dan bergerak cepat, menuntut rencana bisnis yang tepat. Bagaimana agar bisnis tetap konsisten dan bertahan sesuai ekspektasi? Buatlah rencana bisnis yang layak dan ikuti sebagai salah satu panduan.

Biasanya, rencana bisnis atau bisnis plan adalah berupa dokumen yang merinci bagaimana perusahaan akan mencapai tujuannya.Click to Tweet

Rencana bisnis atau bisnis plan adalah semacam acuan atau referensi untuk mengembangkan perusahaan. Bisnis plan adalah panduan yang akan membantu Anda tetap berada di jalur yang tepat menuju kesuksesan. Kalau bisnis plan Anda cukup menarik, hal ini juga bisa meyakinkan investor menanamkan modalnya.

Bagaimana Cara Menyusun Rencana Bisnis?

Menyusun perencanaan usaha atau bisnis plan adalah langkah awal mengembangkan usaha. Biasanya, rencana bisnis atau bisnis plan adalah berupa dokumen yang merinci bagaimana perusahaan akan mencapai tujuannya.

bisnis plan

Sebelum memulai perencanaan usaha, Anda mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana susunannya? Atau “Darimana saya harus memulai rencana bisnis?”

Berikut adalah format rencana usaha secara umum, meliputi:

  • Ringkasan/ Executive summary.
  • Sejarah perusahaan.
  • Keunggulan kompetitif.
  • Visi/ misi.
  • Gambaran keuangan.
  • Tujuan perusahaan.

Namun, ada juga beberapa bisnis plan yang dibuat lebih terperinci. Kuncinya adalah membuat rencana bisnis yang jelas dan singkat, sertakan poin-poin penting.

Contoh rencana bisnis pada umumnya dirancang sebagai panduan dan menginspirasi untuk membuat bisnis plan Anda sendiri. Jadi, Anda bisa mengetahui apa saja poin yang harus disertakan dan bagaimana menyusunnya.

Apa Saja Manfaat Bisnis Plan?

Tujuan memahami contoh rencana bisnis atau bisnis plan adalah membantu menyusun strategi saat memulai atau mengubah bisnis. Pemilik bisnis bisa memiliki gambaran bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya.

Perencanaan usaha yang disusun dengan baik bisa memberikan ketenangan dan panduan agar tidak bingung atau kehilangan arah saat berjalannya usaha.

[elementor-template id="26379"]

Bagi usaha yang sudah berjalan, hendaknya rencana bisnis diperbarui setiap tahun. Karena, pertumbuhan dan trend pasar selalu berubah. Misalnya, apakah harus merekrut karyawan baru, membeli perlengkapan atau mesin baru, menyediakan produk dan layanan baru, dll.

Berikut adalah manfaat menyusun bisnis plan:

  • Memberikan gambaran yang jelas

    Bisnis plan dapat memberikan gambaran yang jelas pada proses pengambilan keputusan. Seperti investasi modal, sewa, pengembangan sumber daya manusia, dll.

    Perencanaan usaha yang baik dapat membantu pengusaha mengidentifikasi prioritas dan hal terpenting bisnis sehingga lebih fokus mencapai tujuan perusahaan.

  • Panduan strategi pemasaran

    Pemasaran adalah aspek penting dari bisnis plan. Hal ini dapat membantu untuk menentukan target pasar, target pelanggan, dan bagaimana bisnis akan mempromosikan atau meluncurkan produk/ jasa ke pasar.

  • Dukungan pembiayaan

    Rencana bisnis yang baik, bisa memikat investor untuk menanamkan modalnya ke perusahaan Anda. Bila Anda sedang mencari pinjaman uang ke bank atau investor, rencana bisnis yang akan menjawab berbagai pertanyaan kreditur, terkait profit dan perolehan pendapatan bisnis.

  • Mendapatkan talenta terbaik

    Agar bisnis berhasil, dukungan karyawan dan mitra bertalenta sangat penting. Salah satu tujuan rencana bisnis atau bisnis plan adalah membantu mendatangkan talenta yang tepat, di waktu yang tepat. Karyawan atau staf juga ingin tahu tentang visi, misi, dan bagaimana mereka bisa berkontribusi dalam perannya untuk mencapai tujuan perusahaan.

  • Menyediakan struktur

    Dalam bisnis plan menyediakan struktur dan mendefinisikan tujuan sistem informasi manajemen bisnis. Hal ini bisa menjadi alat referensi atau acuan menjaga bisnis tetap di jalurnya dengan target penjualan serta pencapaian operasional.

    Bila dipakai dengan benar dan dikonsultasikan secara teratur, dapat membantu mengukur dan mengelola area fokus prioritas Anda.

Bagaimana, siap menyusun bisnis plan sesuai tujuan perusahaan Anda? Untuk mendukung rencana bisnis yang lebih lengkap dan akurat, sertakan juga laporan keuangan usaha Anda.

Bila Anda mengalami kendala dalam pembuatan laporan keuangan, pakai Software Akuntansi Harmony yang dilengkapi fitur pembuatan laporan keuangan secara otomatis. Anda bisa mengintegrasikan aplikasi Harmony dengan perencanaan usaha khususnya dalam hal keuangan Anda, sehingga hasil susunan bisnis plan yang Anda buat akan semakin lengkap.

Sebaiknya, tingkatkan sistem pembukuan bisnis Anda sekarang juga bersama Aplikasi Harmony agar bisa membuat perencanaan usaha dengan lancar. Harmony merupakan sistem akuntansi online yang bisa membantu Anda dan telah dipercaya oleh ribuan pebisnis dalam bidang apapun. Ingin mendapatkan laporan keuangan lengkap tanpa repot? Klik di sini untuk FREE Trial 30 hari aplikasi Harmony. Anda juga bisa mengenal kecanggihan fitur Harmony lebih dekat, follow akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook .

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram