Harmony Blog

Capital Budgeting: Apa Itu, Manfaat serta Metode Penerapannya

Diposting Apr 20th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

Capital BudgetingPin

Apakah Anda sudah memahami istilah capital budgeting? Secara garis besar capital budgeting adalah rencana modal yang dilakukan pebisnis dalam manajemen proyek dan analisa lebih lanjut terkait proyek.

Menganalisis kelayakan proyek juga bisa menggunakan beberapa metode capital budgeting. Di mana teknik capital budgeting diantaranya net present value (NPV), internal rate of return (IRR), profitability index (PI), dan payback period (PP).

Di samping itu tujuan capital budgeting adalah untuk mengambil suatu keputusan manajemen perusahaan, dalam menentukan layak atau tidak layaknya pada suatu investasi aktiva tetap. Sehingga di masa mendatang perusahaan dapat memperoleh keuntungan.

Capital budgeting adalah sebuah proses yang menentukan manakah investasi yang layak untuk mendapatkan alokasi dana dari perusahaan.Click to Tweet

Apa Itu Capital Budgeting?

Secara umum capital budgeting adalah proses yang menentukan proyek atau menganalisa proyek tersebut sebagai suatu anggaran modal, sehingga proses ini dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan mengenai pengeluaran dana serta pengembalian dana selama periode tertentu.

Apa itu capital budgetingPin

Dana yang dikeluarkan ini juga disebut sebagai biaya atas pembelian aset tetap yaitu diantaranya bangunan, mesin, tanah dan peralatan lainnya. Selain itu pengeluaran atas biaya iklan, penelitian dan pengembangan produk juga bagian dari investasi atau modal perusahaan.

Salah satu cara agar pengeluaran tersebut bisa efektif yaitu perusahaan membutuhkan metode capital budgeting, yang berguna untuk menganalisa serta menyeleksi beberapa alternatif investasi.

Adanya kesulitan atas keputusan investasi ini memang memerlukan berbagai asumsi, dari faktor internal maupun eksternal yang bertujuan untuk menilai situasi di masa mendatang.

Sehingga dengan adanya menilai investasi ini dapat dihitung melalui aliran kas perusahaan serta keputusan yang tepat oleh manajemen sebagai pemakai informasi akuntansi. Sehingga Anda juga bisa menghindari berbagai risiko kerugian atas nilai investasi tersebut.

Sering kali perusahaan akan melakukan berbagai cara alternatif supaya investasi tersebut tetap berjalan hingga dalam jangka waktu panjang, misalnya dengan pembelian tanah atau penambahan aset. Maka dari itu aset inilah yang akan memiliki potensi sumber pendapatan dan bisa diketahui oleh perusahaan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menyusun Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung Dalam Bisnis?

Mengetahui Manfaat Capital Budgeting

Paling utama dari manfaat capital budgeting adalah supaya Anda bisa mengetahui keperluan dana secara detail, karena pengeluaran dana tersebut memiliki jangka waktu yang lebih dari setahun. Bahkan dengan adanya anggaran ini dapat meminimalisir over investment ataupun under investment.

Di sisi lain capital budgeting juga bermanfaat supaya Anda dapat mencegah terjadinya kesalahan dalam mengambil suatu keputusan, yang biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin atau team manajemen perusahaan.

Baca Juga: Disposable Income : Apa Itu Dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Apa Saja Analisis Metode Capital Budgeting?

Sebagai pebisnis untuk menguji dan membuat keputusan atas kelayakan suatu investasi tersebut, yaitu dengan metode capital budgeting yang meliputi:

Analisis capital budgetingPin

  • Net Present Value (NPV)

    Secara definisi NPV adalah salah satu teknik capital budgeting yang berguna untuk mengukur nilai profitabilitas serta rencana investasi, dimana menggunakan faktor penilaian waktu dan uang.

    Sehingga secara pemahamannya NPV merupakan selisih dari nilai investasi aset yang ditanamkan saat ini dengan penerimaan arus kas di masa mendatang. Oleh karena itu dalam menerima investasi ini aturan dasar NPV adalah di atas angka nol.

    Di samping itu para ahli berpendapat bahwa ada kelemahan atau kelebihan dalam menggunakan metode capital budgeting seperti NPV, namun penggunaan NPV ini tidak hanya sederhana tetapi juga berkaitan dengan nilai uang sebagai sistem pembayaran serta arus kas yang didapat dari masa depan.

    Melalui kesimpulannya NPV memiliki suatu gambaran yang sangat jelas mengenai profitabilitas proyek secara rill bahkan terbatas, serta memiliki kekuatan atas evaluasi proyek di mana menggunakan suku bunga kredit oleh investor dalam membiayai proyeknya.

  • Profitability Index (PI)

    Pada profitabilty index atau PI adalah rasio dari present value dan cash flow yang dilakukan atas kegiatan investasi awal tahun ke 0, dengan jumlah investasinya juga awal tahun ke 0. Selain itu apabila PI lebih kecil dari 1 maka proyek yang dilakukan tersebut harus ditolak.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Internal Rate of Return (IRR)

    Menurut pakar bahwa IRR merupakan salah satu teknik capital bugdeting yang dapat mengevaluasi profitabilitas serta rencana investasi, melalui cara perhitungan nilai waktu dan uang.

    Secara umum IRR adalah kata lain dari discount rate atau yang disebut sebagai faktor diskonto yang bertujuan untuk mendiskonto seluruh cash inflow dan salvage value. Di mana faktor ini menghasilkan banyak jumlah present value yang sama dengan jumlah investasi yang ada.

    Dengan demikian IRR juga mampu menunjukkan persentase keuntungan secara real, untuk mendapatkan investasi atas barang maupun modal proyek yang sudah pernah direncanakan sebelumnya. Dalam rumusnya IRR sama saja dengan rumus NPV.

    Ada beberapa keuntungan dari IRR ini yaitu investasi dapat dilihat secara lebih jelas untuk suatu perhitungan, mulai dari perhitungan arus kas masuk sampai menghitung time value of money. Bahkan bisa mengetahui resiko investasi di masa mendatang.

  • Payback Period (PP)

    Analisis payback period merupakan waktu yang memerlukan proyek investasi tersebut untuk bisa mengembalikan seluruh dana yang telah di investasi. Namun cara ini adalah salah satu teknik capital budgeting yang sederhana untuk melakukan evaluasi, pantas atau tidaknya proyek tersebut untuk dilakukan.

    Selain itu perhitungan ini juga sangat cepat karena berdasarkan intuisi yang umum digunakan dalam dunia bisnis, sehingga perusahaan yang memiliki proyek dengan nilai PP kecil atau besar kemungkinan akan dipilih untuk bisa dijalankan. Karena semakin kecil nilai PP maka akan semakin kecil juga risiko yang dihadapi pada kondisi proyek yang tidak menentu di masa mendatang.

Seperti itulah pembahasan mengenai capital budgeting dalam bisnis Anda, yang pada dasarnya merupakan sebuah proses pertimbangan dan pengujian lengkap untuk menganalisa proyek dan menentukan proyek tersebut layak atau tidak terhadap suatu anggaran modal.

Dalam menghitung anggaran juga pastinya Anda memerlukan laporan keuangan yang akurat serta valid, maka dari itu Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi yang dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis. Dimana Harmony menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis secara praktis dan mudah digunakan walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Cobalah GRATIS selama 30 hari Software Harmony di sini sekarang juga.

Jangan lewatkan, info terupdate kami lainnya lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony