Harmony Blog

Bagaimana Kinerja Akuntan saat Work From Home?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

akuntan work from homePin

Bagaimana keadaan Anda sekarang disaat Work From Home Berlangsung? Apakah sudah mulai jenuh melakukan segala rutinitas pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor sekarang Anda harus mengerjakannya di rumah. Tetaplah bersemangat melewati kondisi saat ini hingga pandemi COVID-19 ini berakhir. Anda bisa lakukan beberapa tips apabila Anda ingin melakukan work from home yang lebih menyenangkan, khususnya bagi Anda seorang akuntan yang sedang work from home.

Apakah Seorang Akuntan Dapat Bekerja Dari Rumah?

Bagi seorang akuntan yang sedang  work from home, mungkin akan sedikit sulit untuk menjalaninya, mengingat ada beberapa hal yang biasanya berurusan dengan banyak dokumen yang harus dilakukan di kantor kini pekerjaan tersebut Anda lakukan di rumah. Apalagi beberapa perusahaan ada yang tidak memperbolehkan membawa pekerjaan seorang akuntan tersebut ke rumah mengingat ada beberapa data-data perusahaan yang bersifat pribadi dan rahasia, yang ditakutkan oleh perusahaan data tersebut akan bocor ke siapapun.

Namun ada beberapa jenis profesi akuntansi yang bisa melakukan pekerjaannya di rumah atau biasa yang disebut akuntan work from home. Lalu seperti apa profesi akuntan tersebut melakukan work from home mereka? Apakah ada kesulitan melakukannya? Semuanya tersebut akan lengkap dibahas dibawah ini.

Seorang akuntan yang sedang work from home dapat melakukan tanggung jawabnya meskipun tanpa harus di kantor ataupun berinteraksi dengan orang lain, dengan cara menggunakan sistem akuntansi.

Profesi Akuntan dan Cara Melakukan Work From Home

Dengan kemudahan teknologi dan perkembangan dunia industri, semakin banyak pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja termasuk seorang akuntan yang melakukan pekerjaannya di rumah / akuntan work from home. Dan Jenis-jenis profesi akuntan ini bisa melakukannya tanpa ada kesulitannya, dan beberapa diantaranya adalah :

1. Auditor

Ditinjau dari manfaat, jenis dan cara melakukan audit, pengertian auditor adalah seseorang yang menyatakan pendapat atas kewajaran dalam semua hal yang material, posisi keuangan hasil usaha dan arus kas yang sesuai dengan prinsip akuntansi berlaku umum di Indonesia. Seorang auditor bisa melakukan tugas-tugas dan tanggung jawabnya walaupun profesi akuntan ini melakukan work from home. Dan beberapa tanggung jawabnya adalah : Melakukan Perencanaan, Pengendalian Dan Pencatatan, membuat dan menggunakan Sistem Akuntansi yang tepat, memperoleh bukti audit yang relevan dan reliable, melakukan pengendalian Intern, dan juga meninjau ulang laporan keuangan yang relevan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

2. Bookkeeper

Pengertian bookkeeper merupakan kegiatan pencatatan transaksi keuangan yang meliputi pembelian, penjualan, pendapatan dan pengeluaran melalui perseorangan maupun perusahaan. Sekilas bookkeeper ini mirip dengan tugas dan tanggung jawab seoarang akuntan. Namun terdapat beberapa perbedaan diantaranya. Jika pada bookkeeper lebih berkonsentrasi kepada pencatatan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan saja, sedangkan akuntan selain melakukan pencatatan transaksi-transaksi, profesi akuntan ini juga turut serta melakukan analisa untuk kemudian mengambil keputusan. Bookkeeper juga bisa dilakukan melalui kegiatan work from home, karena mereka akan mendapatkan semua histori transaksi cukup dengan menerima bukti-bukti transaksi berupa faktur maupun invoice penjulan dan pembukuannya.

3. Accountant

Seperti yang dijelaskan diatas, akuntan sedikit mirip namun berbeda dengan bookkeeper, seorang akuntan bertugas untuk membuat laporan keuangan non-transaksional seperti anggaran, laba rugi dan juga arus kas. Seorang akuntan juga berkewajiban untuk melaporkan laporan keuangan kepada pemangku kepentingan untuk memutuskan arah kebijakan organisasi atau perusahaan. Akuntan ini bisa melakukan pekerjaannya sebagai akuntan work from home. Dengan menggunakan sistem akuntansi yang mumpuni, dapat mempermudah pekerjaannya meskipun dilakukan di rumah.

4. Analis Keuangan

Tugas dan tanggung jawab seorang analis keuangan adalah menganalisis, melakukan asesmen, mengulas, dan memberikan keputusan terhadap kebijakan bisnis organisasi atau perusahaan terhadap investasi seperti surat berharga dan obligasi. Profesi akuntan ini sangat bisa melakukan pekerjaannya dari rumah tanpa harus melakukan interaksi dengan orang lain.

5. Akuntan Publik

Seorang akuntan publik biasanya melakukan tugas membuat dan mengulas laporan keuangan dan surat pemberitahuan pajak tahunan perusahaan, yang mana melakukannya harus berinteraksi dengan orang lain dan melakukannya di luar rumah. Namun di masa sulit yang mengharuskan melakukan pekerjaannya di rumah, bukanlah hal yang sulit bagi seorang akuntan publik.

Bagi sebuah perusahaan yang menggunakan jasa akuntan publik bisa mengirimkan data-data keuangannya tanpa harus melakukan interaksi dengan para akuntan publik tersebut, cukup dengan mengirimkannya melalui email atau media lainnya. Namun yang harus diperhatikan bagi sebuah perusahaan, penting untuk menggunakan jasa akuntan publik yang kredibel, dapat dipercaya dan sudah terbiasa menggunakan jasanya, untuk tetap menjaga kerahasiaan data perusahaan tersebut.

Solusi Akuntan yang Sedang Work From Home

Dengan meningkatnya perkembangan teknologi dalam dunia akuntansi, seluruh profesi akuntansi diatas tersebut sekarang bisa melakukan seluruh pekerjaan mereka mesikipun mereka bekerja dari rumah. Karena mereka akan terbantu dengan adanya sistem akuntansi yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka. Namun memilih sistem akuntansi yang cocok dengan karakteristik perusahaan terkadang akan menyulitkan para profesi akuntansi ini.

Harmony Smart Accounting Solution hadir sebagai solusi bagi Anda dalam memilih sistem akuntansi yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Dengan fitur layanan dan manfaat yang ditawarkan Harmony sanggup menemani Anda sebagai profesi akuntansi yang membuat laporan keuangan secara realtime. Dan Anda bisa menyaksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis dan profesi akuntansi lainnya untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair. Daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang, dan jadilah salah satu pebisnis dan profesi akuntansi yang revolusioner dalam kemajuan teknologi pembukuan keuangan masa kini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK