Bagaimana Cara Menggunakan Anggaran Secara Ekonomis dan Efisien?
Harmony Blog
Finance
Bagaimana Cara Menggunakan Anggaran Secara Ekonomis dan Efisien?
September 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sebuah kesuksesan bisnis bisa diukur dari kemampuan seorang pebisnis dalam mengelola setiap kinerja keuangan sebuah perusahaan. Seluruh sektor dalam bisnis sangat bergantung pada sektor keuangan. Apabila keuangan bagus, arus perjalanan bisnis pun akan bagus karena setiap sektor mendapat pendanaan yang cukup ekonomis untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan.

Menyusun anggaran secara ekonomis merupakan proses merencanakan biaya sebagai upaya untuk mengendalikan dan mengawasi keuangan di masa depan. Menggunakan anggaran secara ekonomis dan efisien sangatlah diperlukan dalam sebuah bisnis.

Anggaran sangat penting dan diperlukan oleh sebuah perusahaan guna untuk memantau laju pertumbuhan ekonomi dalam sebuah perusahaan itu sendiri.

Anggaran merupakan sebuah proses untuk merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan. Penyusunan anggaran perusahaan juga mengacu pada kemampuan finansialnya.

Anggaran juga menjadi salah satu bentuk ilmu ekonomi yang perlu Anda pelajari dalam mencapai goals bersama. Perlu dilakukan secara ekonomis dalam sebuah anggaran, misalnya dengan menganalisis, mengukur atau bahkan mempertimbangkan audit keuangan sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi tujuan dalam satu periode mendatang.

Tidak peduli ukuran bisnis Anda, penyusunan anggaran penting dilakukan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan bisnis sekaligus mengarahkan perkembangan bisnis Anda ke arah yang tepat.

Baca Juga : Pengertian Perantara Keuangan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat Anggaran Secara Ekonomis

Ada banyak manfaat dari anggaran itu sendiri, salah satunya mendorong para manajer untuk mengembangkan bisnis secara menyeluruh dan dapat mengantisipasi masalah serta kebijakan di masa yang akan datang dengan mengutamakan ekonomis dan efisiensi.

Adanya anggaran juga dapat membantu komunikasi dan koordinasi terhadap penggunaan operasional perusahaan. Secara teori, anggaran mengomunikasikan rencana Menurut Mardiasmo (2009:63), terdapat beberapa manfaat anggaran, yaitu:

1. Anggaran sebagai alat perencanaan (Planning Tool).

Anggaran sektor publik dibuat untuk merencanakan tindakan apa yang akan dilakukan oleh sektor publik dari belanja perusahaan tersebut.

2. Anggaran sebagai alat pengendalian (Control Tool).

Anggaran sebagai instrumen pengendalian digunakan untuk menghindari adanya pengeluaran yang terlalu besar atau adanya penggunaan dana yang tidak semestinya dalam pengalokasian anggaran pada bidang lain yang bukan merupakan prioritas.

3. Anggaran sebagai alat kebijakan fiskal (Fiscal Tool).

Anggaran sebagai alat kebijakan fiskal pemerintah digunakan untuk menstabilkan ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Melalui anggaran publik tersebut dapat diketahui arah kebijakan fiskal pemerintah, sehingga dapat dilakukan prediksi-prediksi dan estimasi ekonomi.

4. Anggaran Sebagai Alat Koordinasi dan Komunikasi (Coordination and Communication Tool).

 Anggaran publik merupakan alat koordinasi antar bagian dalam pemerintah. Anggaran publik yang disusun dengan baik akan mampu mendeteksi terjadinya inkonsistensi suatu unit kerja dalam pencapaian tujuan organisasi. Anggaran harus dikomunikasikan ke seluruh bagian organisasi untuk dilaksanakan.

5. Anggaran Sebagai alat penilaian kinerja (performance Measurement Tool).

Anggaran merupakan wujud komitmen dari budget holder (eksekutif) kepada pemberi wewenang (legislatif), kinerja eksekutif akan dinilai berdasarkan pencapaian target anggaran dan efisiensi pelaksanaan anggaran. Kinerja manajer publik dinilai berdasarkan berapa yang berhasil dicapai dikaitkan dengan anggaran yang telah ditetapkan. Anggaran merupakan alat yang efektif untuk pengendalian dan penilaian kinerja.

6. Anggaran Sebagai Alat Motivasi (Motivation Tool).

Anggaran dapat digunakan sebagai alat untuk memotivasi manajer dan stafnya secara ekonomis, efektif, dan efisien dalam mencapai target dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Cara Menghitung Pendapatan Nasional yang Mudah Dipahami

custom-form-newsletter

Cara Menggunakan Anggaran Secara Ekonomis dan Efisien

Berikut akan di bahas bagaimana cara dalam menggunakan anggaran secara ekonomis dan efisien :

• Memanfaatkan Sumber Daya Manusia

Dalam sebuah perusahaan Anda juga perlu mengatur sumber daya manusia yang dapat membantu usaha Anda agar dapat berjalan dengan baik dan mencapai sebuah keberhasilan.

Pilihlah pekerja terbaik, jika ada yang tidak memiliki kualitas baik Anda dapat mengeluarkannya karena dengan  mempertahankannya biaya gaji akan terbuang sia-sia.

• Memanfaatkan Penggunaan Teknologi

Dalam sebuah perkembangan teknologi juga dapat Anda manfaatkan dalam menggunakan anggaran secara ekonomis dan efisien. Sebab dengan menggunakan bantuan teknologi, komunikasi akan menjadi sangat mudah dan murah. Berikut beberapa manfaat yang tedapat dalam bantuan teknologi yaitu:

a. Dengan bantuan teknologi Anda dapat melakukan rapat dan koordinasi di mana saja dan kapan saja dengan mudah dan cepat. Tanpa harus mengeluarkan biaya anggaran dalam menentukan sebuah tempat atau lokasi. Hal ini merupakan salah satu cara agar anggaran Anda dapat hemat dan efisien.

b. Mengurangi penggunaan kertas, dengan teknologi Anda juga dapat menghemat kertas dalam anggaran bisnis Anda. Bahkan dengan mencatat semua hal dalam teknologi maka data akan selalu tersimpan dan Anda tidak perlu takut kehilangan.

c. Menghemat biaya perjalanan / transportasi, jika Anda mendapatkan tugas perjalanan dinas gunakan kelas ekonomi dan apabila memungkinkan Anda dapat menggunakan aplikasi video call.

• Hindari Pemborosan Listrik

Apabila tagihan listrik untuk perusahaan tidak dikendalikan dan digunakan dengan baik maka biaya penggunaan listrik akan menjadi mahal dan perusahaan harus mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit jumlahnya. Pemborosan energi listrik umumnya disebabkan penggunaan yang tidak perlu, yang disebabkan oleh kelalaian atau ketidakpedulian karyawan, seperti lampu, komputer, atau air conditioner yang dibiarkan menyala 24 jam.

Maka agar anggaran ekonomis dan efisien Anda dapat menghemat listrik dengan mematikan lampu dan perangkat elektronik di ruangan  saat tidak digunakan atau setelah jam pulang kantor. Jika perlu, lengkapi dengan sensor gerak, sehingga lampu otomatis mati jika tidak ada orang di dalam ruangan. Batasi penggunaan pendingin ruangan, dan ganti dengan ventilasi udara agar sirkulasi udara di ruangan lebih lancar.

• Mengendalikan Biaya Sewa Gedung

Biaya sewa gedung atau ruangan merupakan salah satu biaya operasional yang tergolong besar. Belum lagi dapat dipastikan bahwa biaya ini termasuk biaya yang kenaikannya tinggi setiap tahunnya. Apabila perusahaan anda memiliki modal yang cukup, ada baiknya untuk mulai membeli atau membangun kantor sendiri.

 Apabila mungkin Anda sudah memiliki gedung sendiri namun masih menyewa beberapa ruangan di gedung lain untuk keperluan meeting atau lainnya, maka ada baiknya seluruh kegiatan tersebut dipindahkan ke gedung milik sendiri. Dengan semakin efisiennya penggunaan gedung atau ruangan milik sendiri, maka biaya sewa yang terus naik itu dapat dikendalikan dengan efisien.

Melakukan anggaran secara ekonomis dan efisien tidak dapat Anda lakukan sendirian. Mintalah bantuan dan kesadaran dari semua karyawan yang terlibat dalam kegiatan perusahaan.  Apabila Anda telah menetapkan kebijakan-kebijakan untuk menurunkan biaya operasional, tugas selanjutnya adalah membuat karyawan menyadari pentingnya melakukan penghematan dan merasakan manfaat dari penurunan biaya operasional.

Berbagai cara menggunakan anggaran keuangan diatas dapat membantu bisnis Anda untuk mengontrol finansial bisnis. Dengan begini, resiko kehabisan biaya atau hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir sejak awal. Agar Anda dapat memantau keuangan perusahaan Anda secara cepat dan tepat, Anda memerlukan sebuah software akuntansi Harmony.

Harmony membantu Anda membereskan pembukuan dimana Anda hanya perlu memasukan transaksi yang terjadi sehingga semua laporan keuangan akan tersajikan secara real time.

Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapih secara real time dimanapun dan kapanpun. Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service. Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/