Bagaimana Cara Melakukan Penetapan Harga Untuk Produk Anda?
Harmony Blog
Business
Bagaimana Cara Melakukan Penetapan Harga Untuk Produk Anda?
November 10, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Ada kalanya Anda akan menemui kesulitan saat menerapkan strategi penetapan harga. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab hal ini memang sering terjadi baik di kalangan pemula bahkan pengusaha yang sudah berkembang.

Tentu tidak bisa dipungkiri lagi bahwa harga adalah salah satu aspek terpenting pada suatu produk. Harga adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak pembeli untuk bisa memiliki produk Anda.

Penetapan harga memang sangatlah penting, dengan menerapkan harga yang sesuai dan pas, tentunya akan lebih memudahkan sebuah perusahaan dalam melakukan persaingan dengan kompetitor lainnya.

Dalam dunia bisnis, harga menjadi salah satu pertimbangan utama ketika konsumen akan membeli suatu produk. Dalam menentukan harga jual juga harus bisa sesuai dengan nilai yang diberikan dan dapat diterima oleh kalangan konsumen.

Sebab jika harga yang Anda berikan terlalu tinggi dari pada nilai yang diterima oleh konsumen, maka perusahaan kemungkinan akan kehilangan konsumen.

Sedangkan jika harga yang Anda tetapkan terlalu rendah dari pada nilai yang diterima, maka perusahaan Anda kemungkinan tidak akan berhasil dalam mendapatkan laba.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar melakukan penetapan harga yang tepat bagi produk Anda, yang tentunya juga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Apa Saja Tujuan Penetapan Harga?

• Dapat Memaksimalkan Keuntungan atau Laba

Tujuan utama penetapan harga produk atau jasa adalah memaksimalkan keuntungan atau laba yang ingin diraih oleh sebuah perusahaan.

Namun untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal, maka perusahaan harus menetapkan range yang cukup besar dari harga beli dan harga produksi suatu barang. Semakin besar range, semakin besar pula keuntungannya.

• Meraih Daya Tarik dan Mendapatkan Pasar

Dalam persaingan usaha pelaku UKM yang sukses haruslah memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Dengan meraih daya tarik pelanggan dan mendapatkan pasar juga menjadi salah satu tujuan sebuah perusahaan dalam menetapkan biaya yang akan dilepas. Perusahaan harus bisa memetakan target dan daya beli pasar.

Meskipun tujuan Anda untuk mendapatkan keuntungan, tetapi perusahaan juga harus melihat kemampuan pasar untuk membeli produk Anda sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan. Maka dengan begitu perusahaan dapat menarik perhatian pasar.

• Melakukan Stabilitas Harga

Tujuan dari penetapan harga jual suatu produk adalah agar dapat melakukan stabilitas harga. Dampak dari stabilitas harga tidak hanya pada satu perusahaan saja tetapi juga pada perusahaan lainnya yang bergerak pada industri yang sama.

Stabilitas harga juga sangat penting untuk mencegah perang harga yang kapan saja bisa terjadi. Namun selain itu dengan stabilitas harga juga dapat mempertahankan keutuhan sebuah perusahaan dan memunculkan persaingan yang sehat.

• Meningkatkan Perkembangan Usaha

Apabila perusahaan sudah mendapatkan pangsa pasar yang luas, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasarnya. Maka untuk itu kebijaksanaan dalam penetapan harga sangat penting untuk Anda lakukan dan jangan sampai merugikan bisnis Anda.

Metode Penetapan Harga

Selain tujuan yang terdapat dalam penetapan harga, adapun berikut ini beberapa metode dalam penetapan harga yaitu:

a. Metode Berbasis Biaya

Perusahaan selalu memperhitungkan dan menetapkan biaya produksi, operasional dan biaya pemasaran serta tingkat laba yang diharapkan.

Jenis pada metode yang berbasis biaya lebih mengutamakan aspek penawaran daripada aspek permintaan. Tentu saja fungsi utamanya adalah sebagai langkah untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya.

b. Metode Berbasis Permintaan

Dalam metode berbasis permintaan ini lebih mengutamakan perilaku konsumen akan aspek permintaan, atau situasi pasar, dari aspek yang umum dipakai yaitu biaya.

Namun adapun beberapa hal yang menjadi alasan penggunaan metode ini adalah, daya beli, jenis segmen yang dilayani, posisi produk di pasar, manfaat atau benefit produk, serta tingkat potensial pasar.

c. Penetapan Harga Berbasis Persaingan

Tentu saja tidak hanya berpedoman dari lingkup personal, dalam menetapkan harga jual, bisa juga dengan berpedoman atau menetapkannya dengan harga dari pesaing. Dengan adanya kompetitor tentu saja dapat memepertimbangkan untuk memberikan harga dibawah harga pasar, tujuan utamanya adalah untuk mendapat pangsa pasar.

Yang perlu diperhatikan juga adalah jangan terlalu menetapkan harga yang paling rendah, karena dampaknya bisa merusak harga pasar, dan juga dapat membuat perusahaan atau produsen terkait malah mendapat kerugian. Hal tersebut bisa saja terjadi jika terlalu mengedepankan untuk mendapat banyak konsumen atau pelanggan.

Baca Juga : Perbedaan Harga Pokok Penjualan dan Harga Pokok Produksi

Lalu, Bagaimana Cara Melakukan Penetapan Harga?

• Skimming Price

Cara ini meliputi penetapan harga tinggi ketika suatu produk baru diperkenalkan (launching), dan kemudian secara bertahap menurunkan harga setelah banyak pesaing memasuki pasar. Dalam jenis strategi ini sangat cocok diterapkan untuk bisnis yang baru memasuki pasar negara berkembang.

Strategi ini menciptakan peluang untuk memanfaatkan pengadopsi awal sekaligus mengurangi pesaing masa depan saat bergabung dengan pasar yang sudah berkembang

• Market Penetration Pricing (Penetrasi Harga Pasar)

Penetapan harga dalam strategi ini justru kebalikan dari skimming price. Jika dalam skimming price memulai dengan harga tinggi, maka dalam strategi market penetration pricing memulai dengan harga rendah. Tujuan dari strategi ini ialah untuk membangun pijakkan yang kuat di pasar.

Apabila Anda sudah berhasil mengambil perhatian pelanggan di pasar, maka Anda dapat menaikkan harga produk Anda. Terdapat beberapa faktor yang menentukan keberhasilan strategi ini, salah satunya ialah kemampuan bisnis untuk menanggung proyeksi kerugian di muka.

Dalam melakukan strategi pada produk yang telah beredar di masyarakat umumnya tidak lepas dari posisi produk dalam siklus produk. Berikut 3 tingkatan dalam tahapan siklus, diantaranya:

• Tahap Pertumbuhan

Dalam tahap ini, penjualan serta juga laba akan meningkat dengan sangat cepat. disebabkan permintaan sudah sangat meningkat serta juga masyarakat sekitar sudah mengetahui produk tersebut, maka usaha promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan tersebut tidak seagresif tahap sebelumnya.

Di dalam tahap ini lahan pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga terdapat persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk dapat memperluas serta juga meningkatkan distribusinya adalah dengan cara menurunkan harga jualnya.

custom-form-newsletter

• Tahap Kematangan

Di tahap kematangan ini juga memiliki ciri seperti penyesuaian terhadap harga. sehingga hal ini dapat menjadi tahap yang efektif untuk menentukan penetapan harga.

Pada dasarnya hal ini juga menjadi kwajiban bagi setiap perusahaan untuk menjadi perilaku yang cepat untuk menanggapi situasi pasar, konsumen, bahkan pesaing.

• Tahap Penurunan

Dalam tahapan yang satu ini, pasti setiap siklus hidup produk akan memiliki tahapan dimana produk yang dipasarkan mengalami penurunan agresivitas, dan mengalami penurunan jumlah permintaan konsumen terhadap produk.

Maka untuk melakukan daur hidup produk yang mungkin sudah sedikit diminati oleh para konsumen, Anda dapat memberikan diskon atau pemotongan harga pada produk yang Anda miliki.

Selain itu setiap produsen juga harus memiliki strategi baru yang tentu saja wajib diberikan dalam mengembangkan produk baru yang diminati oleh masyarakat.

Selain itu, Anda juga membutuhkan strategi pemasaran dan pencitraan merek untuk menarik pelanggan. Umumnya diterapkan pada kondisi pasar yang tidak terfragmentasi ke dalam aspek berbeda produk dan itu tidak memiliki nilai simbolis yang tinggi.

Setelah mengetahui secara detail tentang cara menetapkan harga jual produk tersebut, diharapkan Anda dapat memperhitungkan harga pokok dan keuntungan yang didapatkan dalam bisnis yang sedang Anda buat.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya sekedar mencatat saja, namun sistem tersebut mampu secara fleksibel digunakan dan cocok pada bisnis. Sistem pencatatan keuangan tersebut Harmony Smart Accounting Solution.

Untuk menggunakan software akuntansi Harmony, segera lakukan registrasi disini. Anda akan segera menggunakan software ini secara free trial selama 30 hari.

Untuk Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus pembukuan perusahaan, Anda memerlukan jasa pembukuan seperti Harmony Accounting Service.

Jasa pembukuan Harmony akan membantu Anda untuk merapikan pembukuan bisnis Anda, sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/