Harmony » Blog » 

Arti Feedback Pelanggan Menjadi Penting Untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 24, 2021

Pernah mendapat feedback dari pelanggan? Tahukah arti feedback dan jenisnya? Anda bisa mengetahui lebih lengkap dalam pembahasan di bawah ini. Belakangan ini, banyak perusahaan yang sangat memperhatikan arti feedback pelanggan atau umpan balik pelanggan dalam hal komunikasi non verbal maupun komunikasi verbal.

Umpan balik atau feedback adalah gambaran pendapat pelanggan terhadap sebuah kualitas produk yang dihasilkan bisnis.Click to Tweet

Bahkan, tak hanya perusahaan raksasa seperti Google atau Microsoft, strategi pemasaran bisnis UMKM juga sudah seharusnya mulai memanfaatkan arti feedback pelanggan agar bisnisnya bisa terus maju.

Strategi pemasaran produk tertentu juga bisa dirancang dari melihat dan menelaah arti feedback pelanggan. Dengan kata lain, arti feedback adalah pendapat pribadi para pelanggan atas penggunaan atau pemakaian suatu produk, baik barang dan jasa.

Jadi, feedback adalah semacam saran atau kritik yang sangat berharga untuk bahan menerapkan strategi pemasaran. Jangan pernah mengabaikan apa arti feedback dalam bisnis. Sebab, umpan balik pelanggan ini adalah kunci untuk mengembangkan inovasi produk yang lebih baik lagi.

Arti Feedback Adalah

Menurut bahasa, arti feedback adalah memberikan masukan, kritik, saran, pendapat, atau nasihat kembali setelah memakai atau membeli produk.

Dari sini, bisa dipahami arti feedback adalah apa pendapat konsumen tentang produk bisnis Anda, apakah disukai? Atau tidak disukai? Jika tidak disukai, apa yang bisa diperbaiki agar konsumen bisa menyukai produk Anda?

Arti Feedback Adalah

Jadi, feedback adalah salah satu bahan materi pengambilan keputusan dalam membahas kualitas suatu produk. Jika konsumen masih kurang puas, produk bisa diperbaiki dan dikaji ulang kualitasnya. Sedangkan, jika konsumen sudah puas, feedback adalah informasi untuk mempertahankan kualitas tersebut atau bahkan mengembangkannya.

Macam Macam Feedback

Umpan balik atau feedback adalah gambaran pendapat masyarakat terhadap sebuah kualitas produk yang dihasilkan bisnis. Penilaian dari umpan balik pelanggan nantinya bisa menjadi acuan terhadap sejauh mana keberhasilan sebuah produk.

Bahkan, ada perusahaan khusus yang bekerja untuk mendapatkan feedback dan umpan balik konsumen terhadap berbagai jenis produk perusahaan di seluruh dunia.

Lalu, apa saja sih macam-macam feedback atau umpan balik itu? Simak daftar macam macam feedback di bawah, ya.

  1. Institutionalized Feedback

    Umpan balik institusi atau institutionalized feedback adalah informasi atau pendapat yang dilakukan suatu institusi. Tujuan dari institutionalized feedback adalah mendapatkan opini masyarakat terhadap suatu kinerja atau program institusi tersebut.

    Apakah kinerja lembaga itu sudah bagus atau belum? Selanjutnya, dari institutionalized feedback ini akan diperoleh data dan acuan untuk memperbaiki performa dan kinerja lembaga.

  2. External Feedback

    Selanjutnya, ada eksternal feedback. Penjelasan arti eksternal feedback adalah umpan balik atau masukan yang didapatkan dari narasumber eksternal perusahaan yang bersifat netral atau objektif.

    • Umpan Balik LangsungPengertian dari umpan balik langsung yaitu informasi atau opini yang diperoleh dari apa yang dikatakan narasumber secara langsung. Misalnya, anggukan, gelengan kepala, atau mengacungkan jempol. Umpan balik ini sangat mudah dimengerti karena dapat dilihat secara langsung ketika bertatap muka.
    • Umpan Balik TertundaSelain itu, terdapat umpan balik tidak langsung atau umpan balik tertunda. Dikenal sebagai delayed feedback adalah masukan yang diterima setelah jangka waktu tertentu. Misalnya, masukan yang dikirim melalui surat pos, email, dan sebagainya.
  3. Internal Feedback

    Umpan balik ini disebut internal feedback. Sebab, masukan atau opini berasal dari pendapat pribadi internal perusahaan. Sebagai contoh, bagaimana karyawan menilai atau memberi masukan tentang kinerja tim dan kualitas produk yang dihasilkan.

  4. Representative Feedback

    Macam macam feedback selanjutnya adalah representative feedback atau umpan balik perwakilan. Berupa masukan yang diperoleh hanya dengan mengambil opini sebagian orang atau beberapa orang sebagai perwakilan dari masyarakat keseluruhan.

    [elementor-template id="26379"]

  5. Quantitative Feedback

    Kemudian, penjelasan arti feedback kuantitatif atau quantitative feedback adalah masukan kembali atau pendapat mengenai suatu produk atau kinerja bisnis yang tolok ukurnya memakai kuantitas/ jumlah tertentu.

  6. Cumulative Feedback

    Terakhir, ada cumulative feedback atau umpan balik kumulatif. Jadi, cumulative feedback adalah salah satu macam macam feedback yang memakai metode pengumpulan umpan balik dengan cara dikumpulkan terlebih dulu (diakumulasikan), baru nantinya data akan diolah dan dijadikan bahan pengambil keputusan strategi bisnis selanjutnya.

Demikian penjelasan arti feedback dalam kelangsungan bisnis Anda. Selain memperhatikan umpan balik pelanggan, pastikan juga Anda telah memiliki sistem pembukuan canggih selaras dengan perkembangan trend bisnis digital.

Lupakan pembukuan kuno berbasis spreadsheet atau bahkan kertas, sebab kini sudah ada Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony dirancang dengan fitur dan modul akuntansi yang sesuai kebutuhan bisnis di era digital kekinian.

Tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan siap pakai, termasuk pencatatan jual beli, kelola aset, rekonsiliasi bank otomatis, smart invoice dan masih banyak lagi. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang untuk info fitur-fitur selengkapnya.

Yuk, buktikan dan rasakan keunggulan aplikasi Harmony GRATIS 30 hari, dengan daftar melalui tautan ini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram