Harmony Blog

Apa yang Dimaksud Dengan Ringkasan Akun dalam Pembukuan?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

ringkasan akunPin

Di dalam memahami akuntansi dasar, seorang pebisnis harus memiliki pengetahuan yang matang mengenai apa itu kas dalam akuntansi bisnis. Selain itu, perlu untuk mengetahui konsep dasar akuntansi dan pengertian lengkapnya. Terlepas dari semua itu, tentu sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki ringkasan akun berupa kumpulan data dan bukti-bukti valid untuk pengelolaan keuangan perusahaan.

Di dalam ringkasan akun tersebut nantinya akan ada daftar nama akun dalam akuntansi yang berfungsi dalam penggolongan akun dalam akuntansi itu sendiri.

Sebelum menyusun ringkasan akun, seorang akuntan perlu mengumpulkan bukti-bukti transaksi yang valid serta bukan direkayasa.

Bukti transaksi yang terverifikasi dan valid menjadi sumber utama dalam pencatatan akuntansi. Namun, bukti transaksi saja tidak cukup jika belum dilakukan pengelompokan akun dalam akuntansi. Akun yang belum dikelompokkan pasti akan sangat menyulitkan dalam penyusunan laporan keuangan dan ringkasan akun.

Pada tahap pencatatan, kelompok akun dalam akuntansi merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan. Jika salah dalam mengelompokkan, maka sudah pasti dalam tahap-tahap selanjutnya akan mengalami kesalahan juga. Dengan demikian, seorang akuntan harus memahami cara mengelompokkan bukti-bukti transaksi ke dalam akun-akun dengan tepat.

Pengertian Ringkasan Akun

Ringkasan akun merupakan laporan keuangan yang berguna untuk menyelidiki dan menentukan penampilan judul serta total pada laporan keuangan. Setiap ringkasan akun memiliki nama, deskripsi, dan kedalaman, yang disajikan untuk mengidentifikasi posisi akun dalam bagan akun atau chart of account dan jenis-jenisnya dalam perusahaan.

Pengelompokan Akun dalam Akuntansi

Memahami akuntansi dasar, maka harus diketahui dulu apa sih sebenarnya akun dalam akuntansi itu? Akun dalam akuntansi adalah sebuah tempat untuk mencatat transaksi keuangan yang memengaruhi keseimbangan harta, utang, dan modal. Pengelompokan Akun dapat dibedakan menjadi dua, yaitu akun riil dan akun nominal. Penggolongan ini disesuaikan dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Akun riil merupakan akun yang dicatat pada neraca yang terdiri dari harta/aktiva (asset), utang/kewajiban (liabilities), dan modal (capital). Sedangkan, akun nominal merupakan yang dicatat pada laba/rugi dan terdiri dari pendapatan (revenue) dan beban (expenses). Biasanya, dalam setiap akun pengkodean tertentu untuk memudahkan dalam perincian akun.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Membuat Ringkasan Akun

Secara khusus, ringkasan akun berguna sebagai laporan yang menampilkan ringkasan bisnis dari laporan keuangan standar seperti neraca, laba rugi, arus kas, serta wawasannya. Keakuratan angka bergantung dengan kelengkapan data yang dimasukkan ke dalam jurnal atau buku besar.

Cara membuatnya bisa Anda lakukan dengan mengumpulkan data-data berupa ringkasan laba rugi, negara, arus kas, dan wawasan. Berbeda dengan laporan akuntansi berisi debit dan kredit pada umumnya. Data-data tersebut diolah dalam bagan atau tabel. Wawasan biasanya terdiri atas:

• Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin)

• Margin Laba Operasional (Operating Profit Margin)

• Margin Keuntungan Bersih (Net Profit Margin)

• Rasio lancar (Current ratio)

• Rasio Hutang Terhadap Ekuitas (Debt to Equity Ratio)

• Tingkat Pengembalian Aset (Return on Assets)

• Tingkat Pengembalian Ekuitas (Return on Equity)

• Rata-rata Lama Konversi Piutang (Average Debtors Days)

• Rata-rata Lama Konversi Hutang (Average Creditors Days).

Namun, setiap data tersebut tidak harus ada keseluruhannya, disesuaikan dengan keadaan akun sebenarnya dalam perusahaan. Setelah data-data tersebut disiapkan, maka Anda sudah bisa membuatnya dalam pembukuan bisnis Anda.

Contoh Ringkasan Akun

PT. ANGKASA RAYA MEMUJI

RINGKASAN AKUN

31/12/2019

ImagePin Image 1Pin

Demikianlah pembahasan mengenai ringkasan akun dalam pembukuan. Saat ini, Anda tidak perlu lagi melakukan pengelolaan keuangan secara manual. Mari sederhanakan dan permudah aktivitas akunting di perusahaan Anda dengan Software Akuntansi Harmony.

Segala jenis akun akan tercatat dan tersimpan dengan aman sehingga Anda tidak akan khawatir terjadi ketidaksesuaian dalam laporan keuangan Anda. Yuk segera manfaatkan software akuntansi Harmony, caranya cukup daftarkan akun dan menikmati promo gratis 30 hari di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony