Harmony Blog

Apa Saja Jenis e-Money Yang Berlaku dan Kelebihannya Untuk Bisnis?

Diposting Apr 20th, 2021
110

SHARES

PEMBACA

E-MoneyPin

Uang elektronik atau e-money adalah salah satu barang wajib dibawa berpergian kemana saja dalam beberapa tahun belakangan ini. E-money dibuat sebagai pengganti uang tunai dengan konsep yang lebih modern dan praktis.

e-money adalah uang yang digunakan untuk transaksi elektronik dan disimpan dalam sistem perbankan.Click to Tweet

Saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan uang elektronik ini, karena kemudahan dan bentuknya tidak memakan banyak tempat. Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang e-money, contoh dan kelebihannya.

Apa Itu e-Money?

Dilansir dari Investopedia, e-money adalah uang yang digunakan untuk transaksi elektronik dan disimpan dalam sistem perbankan. Biasanya, uang elektronik ini dilengkapi dengan chip yang tertanam di dalamnya dan dikeluarkan langsung oleh lembaga institusi perbankan.

Contoh e-money yang ada di Indonesia seperti BRI dengan Brizzi, BCA dengan Flazz, BNI dengan TapCash dan lainnya.

Meskipun nominalnya sama dengan uang kartal, tapi nominal uang ada di kartu tidak dapat diuangkan lagi. Hal ini berdasarkan tujuan diterbitkannya kartu e-money ini, yakni hanya untuk kepentingan transaksi elektronik saja.

Lalu apakah e-money sama dengan e-wallet? Jawabannya berbeda, karena perbedaan keduanya dilihat bentuk yang digunakan. Yang pasti uang eletronik ini masih bisa digunakan secara offline, sedangkan e-wallet membutuhkan koneksi internet untuk melakukan transaksi.

Apa Saja Jenisnya yang Berlaku di Indonesia?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, e-money adalah jenis uang elektronik yang diterbitkan oleh beberapa perbankan. Untuk itu, tetap diperlukan izin resmi dari Bank Indonesia (BI) supaya tetap aman digunakan.

E-moneyPin

Dilansir dari situs resmi Bank Indonesia, contoh e-money yang sudah mendapat izin resmi, berlaku dan bisa digunakan untuk transaksi elektronik, antara lain:

  • BCA (Bank Central Asia) dengan Flazz
  • BRI (Bank Rakyat Indonesia) dengan Brizzi
  • Bank Mandiri dengan Mandiri e-money
  • Bank Nationalnobu dengan Nobu e-money
  • Bank DKI dengan JakCard
  • Bank BNI (Bank Negara Indonesia) dengan TapCash
  • Bank Mega dengan Mega Cash
  • Telkomsel dengan Tap-izy
  • PT Mass Rapid Transit (MRT) dengan MTT
  • PT Kereta Commuter Indonesia (KRL) dengan KMT

Dari sekian contoh uang elektronik, ada yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi elektronik, ada juga yang hanya bisa untuk 1 keperluan saja, seperti kartu MTT untuk sistem pembayaran layanan transportasi MRT saja.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan Uang Elektronik

  • Praktis

    Hal yang paling menonjol dari e-money adalah kepraktisan. Hanya dengan kartu uang elektronik ini, Anda sudah dapat membawa uang hingga kurang lebih Rp 1 juta tanpa harus membuat dompet Anda tebal dan berat.

    Kartu ini juga tidak perlu PIN (Personal Identification Number) atau tanda tangan Anda, jadi Anda tinggal perlu menempelkan kartu uang elektronik ini pada mesin pembaca saja.

  • Mempermudah Transaksi Terutama di Perjalanan

    Kemudahan yang ada di kartu uang elektronik ini tidak hanya untuk kegiatan sehari-hari saja, Anda bisa gunakan uang elektronik ini untuk kemudahan Anda ketika berpergian apalagi yang harus lewat tol. Tentunya lebih mudah bukan jika bayar tol hanya dengan sekali tempel saja, tanpa perlu ribet mengeluarkan uang besar untuk pecahan.

    Jadi, e-money adalah solusi tepat bagi Anda yang sedang melakukan pembayaran gerbang tol dengan lebih mudah dan cepat.

Semoga penjelasan mengenai uang elektronik di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda, ya. Uang elektronik saat ini, sangat memudahkan dan bisa menjadi valuta asing yang prospektif. Namun, Anda juga perlu menggunakan uang elektronik ini secara bijak untuk menjaga kondisi keuangan Anda, terutama dalam pengelolaan budget bisnis.

Untuk mempermudah membuat laporan keuangan, Anda bisa percayakan pada Software Aplikasi Harmony yang bisa diandalkan dalam pembukuan modern dan sistematis.  Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Membuat laporan keuangan, pencatatan transaksi jual beli, penyusutuan aset perhitungan unsur pajak, hingga rekonsiliasi bank otomatis, bisa dilakukan cukup dalam satu aplikasi Harmony. Silakan coba GRATIS Aplikasi Harmony selama 30 Hari daftar di sini. Info lebih lanjut, follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar tak ketinggalan update info menarik lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK