Harmony Blog

Apa Saja Contoh Kompensasi Yang Biasa Diberikan Perusahaan?

Diupdate Mei 31st, 2021
284

SHARES

PEMBACA

Contoh KompensasiPin

Apapun jenis perusahaan Anda bekerja, Anda tentu sudah memahami bagaimana bentuk contoh kompensasi bagi karyawannya. Banyak perusahaan di tanah air yang memakai sistem kompensasi berupa materi maupun non materi. Tujuan pemberian kompensasi adalah mendukung manajemen operasi perusahaan dengan menambah loyalitas serta semangat karyawan dalam bekerja.

Kompensasi adalah pemberian imbalan tertentu dari perusahaan kepada karyawan atas kinerjanya.Click to Tweet

Perusahaan bisa melakukan analisis SWOT untuk mengenali kelebihan dan kelemahan karyawan untuk kemudian diberikan jenis-jenis kompensasi yang sesuai. Contoh kompensasi yang umum, seperti pelatihan, pendidikan, atau bahkan berupa uang dan perhiasan.

Pengertian Kompensasi Adalah

Singkatnya, kompensasi adalah pemberian imbalan tertentu dari perusahaan kepada karyawan atas kinerjanya. Sistem kompensasi diberikan sebagai pemberi dorongan semangat agar para karyawan semakin giat dan loyal dalam bekerja.

Contoh kompensasi yang mudah digambarkan, misalnya karyawan showroom mobil berhasil mencapai target menjual 20 unit mobil dalam satu bulan. Maka perusahaan memberikan sebuah sertifikat penghargaan sebagai contoh dalam kompensasi. Di samping sertifikat penghargaan, karyawan juga mendapatkan uang serta arloji emas.

Contoh Kompensasi Dalam Perusahaan

Contoh kompensasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain tentunya berbeda. Berikut adalah contoh untuk kompensasi dalam perusahaan yang umum dijumpai:

Kenali contoh kompensasiPin

  1. Tunjangan

    Tunjangan adalah contoh kompensasi yang paling sering diterapkan perusahaan di Indonesia. Contoh dalam kompensasi yang familiar di telinga adalah THR atau Tunjangan Hari Raya. Selain itu, ada juga contoh kompensasi berupa tunjangan liburan, tunjangan pendidikan, tunjangan asuransi kesehatan, dll.

    Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Perusahaan Yang Ada Indonesia?

  2. Insentif

    Selanjutnya, contoh kompensasi secara langsung adalah insentif. Jadi, insentif adalah gaji tambahan di luar gaji pokok, yang besarannya mengikuti kenaikan profit atau produktivitas perusahaan.

  3. Upah

    Tahukah Anda, upah atau gaji adalah salah satu contoh kompensasi yang diberikan perusahaan atas kerja keras karyawan. Semakin lama waktu karyawan bekerja, sudah sepatutnya ia mendapatkan gaji yang besar. Contoh kompensasi berupa gaji atau upah biasanya dibayarkan per jam, per hari, atau mingguan dan bulanan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis-Jenis Kompensasi

Jenis-jenis kompensasi terbagi menjadi beberapa bentuk. Ketiga jenis-jenis kompensasi adalah kompensasi non finansial, kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung.

  1. Kompensasi Non-Finansial

    Sistem kompensasi non finansial biasanya diberikan berupa non materi. Contoh kompensasi non finansial antara lain: lingkungan kerja nyaman, pelatihan, seminar, promosi jabatan, dll.

  2. Kompensasi Langsung

    Sedangkan, kompensasi langsung yaitu imbalan dari perusahaan kepada karyawan atas kinerja selama ini. Perusahaan memberikan kompensasi ini secara langsung. Contohnya: THR, komisi penjualan, bonus, tunjangan, dll.

  3. Kompensasi Tidak Langsung

    Jenis-jenis kompensasi yang terakhir adalah kompensasi tidak langsung. Sesuai namanya, kompensasi tidak langsung memang imbalan kepada karyawan dari perusahaan yang penyerahan atau wujudnya tidak langsung. Contoh kompensasi tidak langsung misalnya BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan sebagainya.

    Disebut kompensasi tidak langsung karena manfaat atau hasilnya diperoleh karyawan secara tidak langsung. Melainkan, dipakai ketika membutuhkan saja. Misalnya, pada saat sakit, melahirkan, atau ketika pensiun. Selain contoh kompensasi di atas, kompensasi tidak langsung juga bisa berwujud pemberian kartu keanggotaan club golf atau mobil dinas.

Dari pembahasan tentang contoh kompensasi di atas, pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan inspirasi untuk semakin meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan dengan jenis-jenis kompensasi yang ideal. Otomasikan perhitungan biaya pengeluaran atau kompensasi karyawan dengan sistem pembukuan modern dari Software Akuntansi Harmony.

Dengan Software Akuntansi Harmony, tim keuangan Anda semakin cepat dan mudah menyelesaikan berbagai tugas pembukuan secara real-time dan akurat, tanpa menyita banyak waktu dan tenaga.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Aplikasi Harmony dilengkapi fitur rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan transaksi, hingga pengelolaan anggaran perusahaan dan laporan keuangan instan siap pakai. Tidak ada lagi waktu terbuang karena input manual satu per satu. Kontak kami sekarang atau coba Gratis 30 hari dengan klik tautan ini.

Cek detail fitur-fitur aplikasi Harmony dan aktivitas update lainnya di akun media sosial, Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony