Harmony Â» Blog Â» 

Apa Saja Contoh Kompensasi Yang Biasa Diberikan Perusahaan?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 29, 2021

Apapun jenis perusahaan Anda bekerja, Anda tentu sudah memahami bagaimana bentuk contoh kompensasi bagi karyawannya. Banyak perusahaan di tanah air yang memakai sistem kompensasi berupa materi maupun non materi. Tujuan pemberian kompensasi adalah mendukung manajemen operasi perusahaan dengan menambah loyalitas serta semangat karyawan dalam bekerja.

Kompensasi adalah pemberian imbalan tertentu dari perusahaan kepada karyawan atas kinerjanya.Click to Tweet

Perusahaan bisa melakukan analisis SWOT untuk mengenali kelebihan dan kelemahan karyawan untuk kemudian diberikan jenis-jenis kompensasi yang sesuai. Contoh kompensasi yang umum, seperti pelatihan, pendidikan, atau bahkan berupa uang dan perhiasan.

Pengertian Kompensasi Adalah

Singkatnya, kompensasi adalah pemberian imbalan tertentu dari perusahaan kepada karyawan atas kinerjanya. Sistem kompensasi diberikan sebagai pemberi dorongan semangat agar para karyawan semakin giat dan loyal dalam bekerja.

Contoh kompensasi yang mudah digambarkan, misalnya karyawan showroom mobil berhasil mencapai target menjual 20 unit mobil dalam satu bulan. Maka perusahaan memberikan sebuah sertifikat penghargaan sebagai contoh dalam kompensasi. Di samping sertifikat penghargaan, karyawan juga mendapatkan uang serta arloji emas.

Contoh Kompensasi Dalam Perusahaan

Contoh kompensasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain tentunya berbeda. Berikut adalah contoh untuk kompensasi dalam perusahaan yang umum dijumpai:

Kenali Contoh Kompensasi

  1. Tunjangan

    Tunjangan adalah contoh kompensasi yang paling sering diterapkan perusahaan di Indonesia. Contoh dalam kompensasi yang familiar di telinga adalah THR atau Tunjangan Hari Raya. Selain itu, ada juga contoh kompensasi berupa tunjangan liburan, tunjangan pendidikan, tunjangan asuransi kesehatan, dll.

    Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Perusahaan Yang Ada Indonesia?

  2. Insentif

    Selanjutnya, contoh kompensasi secara langsung adalah insentif. Jadi, insentif adalah gaji tambahan di luar gaji pokok, yang besarannya mengikuti kenaikan profit atau produktivitas perusahaan.

  3. Upah

    Tahukah Anda, upah atau gaji adalah salah satu contoh kompensasi yang diberikan perusahaan atas kerja keras karyawan. Semakin lama waktu karyawan bekerja, sudah sepatutnya ia mendapatkan gaji yang besar. Contoh kompensasi berupa gaji atau upah biasanya dibayarkan per jam, per hari, atau mingguan dan bulanan.

    [elementor-template id="26379"]

Jenis-Jenis Kompensasi

Jenis-jenis kompensasi terbagi menjadi beberapa bentuk. Ketiga jenis-jenis kompensasi adalah kompensasi non finansial, kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung.

  1. Kompensasi Non-Finansial

    Sistem kompensasi non finansial biasanya diberikan berupa non materi. Contoh kompensasi non finansial antara lain: lingkungan kerja nyaman, pelatihan, seminar, promosi jabatan, dll.

  2. Kompensasi Langsung

    Sedangkan, kompensasi langsung yaitu imbalan dari perusahaan kepada karyawan atas kinerja selama ini. Perusahaan memberikan kompensasi ini secara langsung. Contohnya: THR, komisi penjualan, bonus, tunjangan, dll.

  3. Kompensasi Tidak Langsung

    Jenis-jenis kompensasi yang terakhir adalah kompensasi tidak langsung. Sesuai namanya, kompensasi tidak langsung memang imbalan kepada karyawan dari perusahaan yang penyerahan atau wujudnya tidak langsung. Contoh kompensasi tidak langsung misalnya BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan sebagainya.

    Disebut kompensasi tidak langsung karena manfaat atau hasilnya diperoleh karyawan secara tidak langsung. Melainkan, dipakai ketika membutuhkan saja. Misalnya, pada saat sakit, melahirkan, atau ketika pensiun. Selain contoh kompensasi di atas, kompensasi tidak langsung juga bisa berwujud pemberian kartu keanggotaan club golf atau mobil dinas.

Dari pembahasan tentang contoh kompensasi di atas, pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan inspirasi untuk semakin meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan dengan jenis-jenis kompensasi yang ideal. Otomasikan perhitungan biaya pengeluaran atau kompensasi karyawan dengan sistem pembukuan modern dari Software Akuntansi Harmony.

Dengan Software Akuntansi Harmony, tim keuangan Anda semakin cepat dan mudah menyelesaikan berbagai tugas pembukuan secara real-time dan akurat, tanpa menyita banyak waktu dan tenaga.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Aplikasi Harmony dilengkapi fitur rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan transaksi, hingga pengelolaan anggaran perusahaan dan laporan keuangan instan siap pakai. Tidak ada lagi waktu terbuang karena input manual satu per satu. Kontak kami sekarang atau coba Gratis 30 hari dengan klik tautan ini.

Cek detail fitur-fitur aplikasi Harmony dan aktivitas update lainnya di akun media sosial, Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram