Harmony Blog

Apa itu SKBDN dan Bagaimana Mekanismenya dalam Bisnis?

Diposting Jun 25th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

SKBDNPin

Mungkin Anda baru kali ini mendengar istilah SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri). Apa itu SKBDN? SKBDN memang biasa digunakan dalam transaksi perdagangan dalam negeri yang melibatkan valuta rupiah, seperti uang kartal.

SKBDN adalah Letter of Credit yang digunakan dalam negeri dengan valuta rupiah.Click to Tweet

SKBDN melibatkan bank pembuka, bank pembayar, dan pembeli dan penjual sebagai pihak ketiga. Mekanisme cara kerja SKBDN melibatkan payback period dari bank dan pihak ketiga dalam melakukan transaksi perdagangan.

SKBDN ini memang cocok untuk digunakan dalam perdagangan dalam negeri untuk menghindari risiko keuangan. Namun, tahukah Anda apa itu SKBDN, fungsi SKBDN, dan mekanisme cara kerja SKBDN? Untuk mengetahuinya simak pada pembahasan kali ini.

Apa itu SKBDN?

Dalam perdagangan luar negeri, kita telah mengenal istilah Letter of Credit (L/C) yang berlaku bagi seluruh dunia untuk melakukan perdagangan dengan menggunakan valuta asing. Dalam penerapan dan mekanisme kerjanya, SKBDN sama dengan Letter of Credit.

Apa itu skbdnPin

Lalu apa itu SKBDN? Pada prinsipnya cara kerja SKBDN sama dengan Letter of Credit yang digunakan dalam perdagangan luar negeri.

Namun, perbedaannya hanya terletak pada wilayah pabean dan jenis valuta yang digunakan. Dari pernyataan ini bisakah Anda menyimpulkan apa itu SKBDN?

Ya. SKBDN adalah Letter of Credit yang digunakan dalam negeri dengan valuta rupiah. Sekarang Anda telah mengetahui apa itu SKBDN kan?. Namun, agar pemahaman Anda tentang SKBDN lebih dalam lagi, berikut pengertian apa itu SKBDN secara lengkapnya.

SKBDN adalah kependekan dari Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri. SKBDN biasa disebut juga Letter of Credit (L/C) dalam negeri. SKBDN adalah setiap janji tertulis yang didasarkan pada setiap permintaan tertulis pemohon (applicant) yang mengikat bank pembuka (issuing bank).

Bank pembuka merupakan bank yang menerbitkan SKBDN berdasarkan permohonan tertulis applicant. Bagaimana, sekarang Anda sudah lebih paham tentang apa itu SKBDN, kan? Namun, tahukah Anda apa fungsi SKBDN?

Apa Saja Fungsi SKBDN?

Selain mengetahui apa itu SKBDN, Anda juga perlu mengetahui fungsi SKBDN. Pada dasarnya, fungsi SKBDN adalah mengikat bank pembuka untuk melakukan kewajiban-kewajibannya terkait transaksi perdagangan dengan pihak ketiga. Diantaranya fungsi SKBDN adalah untuk:

Melakukan pembayaran kepada penerima atau membuat aksep dan membayar wesel yang ditarik penerima.

Memberikan kuasa kepada bank lain untuk melakukan pembayaran kepada penerima atau membuat aksep dan membayar wesel yang ditarik penerima.

Memberikan kuasa kepada bank lain untuk melakukan negosiasi wesel yang ditarik penerima karena penyerahan dokumen selama persyaratan dan kondisi SKBDN terpenuhi.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa bank bertindak sebagai lembaga perantara yang mengikatkan diri dalam perjanjian SKBDN untuk melakukan kewajiban-kewajibannya terkait dengan transaksi perdagangan pihak ketiga.

Dalam hal ini bank pembuka memiliki kewajiban untuk membayar, mengaksep, ataupun bisa memberikan kuasa kepada bank lain untuk mengaksep atau menegosiasi wesel.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Mekanisme Cara Kerja SKBDN?

Mekanisme cara kerja SKBDN dimulai dari terjadinya kontrak pembelian/penjualan barang antara pembeli dan penjual dengan syarat pembayaran menggunakan SKBDN.

Setelah itu, pembeli membuka SKBDN di bank pembuka (issuing bank) sesuai dengan besar nilai kontrak. Bank pembuka akan memberitahukan kepada bank pembayar bahwa SKBDN atas nama pemohon (applicant) telah dibuka.

Selanjutnya, bank pembayar akan meneruskannya kepada penjual bahwa SKBDN telah dibuka. Setelah itu, pihak penjual akan mengirimkan barang yang dijanjikan melalui perusahaan pengangkutan.

Bukti penerimaan akan memberitahukan kepada pihak bank dan pembeli. Sedangkan, bukti penerbit akan memberitahukan kepada bank pembayar, yang menyatakan bahwa barang telah diterima sesuai dengan perjanjian yang tertulis di SKBDN.

Setelah itu, bank pembayar akan meneruskannya kepada penjual dan melakukan negosiasi pembayaran. Selanjutnya, penjual akan menandatangani wesel yang diterbitkan bank pembayar untuk kemudian diserahkan kepada bank penerbit SKBDN agar segera dipenuhi.

Dalam hal ini, bank pembayar membebankan applicant agar memenuhi semua setoran jaminan. Setelah itu, bank penerbit akan mengkonfirmasi bahwa seluruh dana SKBDN telah efektif untuk kemudian bank pembayar melakukan pembayaran kepada penjual.

Mudah-mudahan pembahasan tentang apa itu SKBDN beserta mekanismenya di atas, bisa dipahami dengan baik, ya. Bila Anda ingin bertransaksi dengan SKBDN agar menambah profit bisnis, sertakan juga Software Akuntansi Harmony yang mendukung pembukuan usaha Anda.

Software Akuntansi Harmony menjadi solusi pengelolaan keuangan dan pencatatan transaksi secara cepat, praktis, dan rapi. Tak perlu repot mencatat di buku besar secara manual yang rentan kesalahan.

Kinerja tim finance juga bisa lebih efisien dan produktif agar lebih fokus mengembangkan perusahaan, ketimbang repot menangani urusan administrasi yang berulang. Serahkan penanganan pembukuan dan tugas akunting hanya pada Aplikasi Harmony. Silakan pakai GRATIS selama 30 hari, klik tautan ini. Kunjungi juga akun sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK