Harmony Blog

Apa Itu Permintaan Absolut, Contoh dan Faktor Pengaruhnya

Diposting Jun 16th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Permintaan AbsolutPin

Dalam sistem ekonomi kapitalis memang memiliki peranan penting salah satunya yaitu permintaan absolut, yang juga dapat mempengaruhi hukum permintaan dan penawaran. Kali ini, artikel ini akan membahas mengenai salah satu jenis permintaan yaitu permintaan absolut (absolute demand).

Permintaan absolut merupakan suatu permintaan konsumen terhadap suatu barang dan jasa yang tidak disertai dengan adanya daya beli.Click to Tweet

Akan tetapi, sebelum memasuki permintaan absolut, mari kita bahas mengenai permintaan dan hukum permintaan secara umum.

Definisi Permintaan

Permintaan atau demand adalah sejumlah barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen di waktu dan harga tertentu. Contoh, apabila orang kota X membutuhkan beras sebanyak 5.000 ton untuk konsumsi di bulan Juni 2021, maka permintaan beras di kota X adalah sebesar 5000 ton.

Mengenal Permintaan Absolut

Apa sih artinya? Permintaan absolut adalah permintaan konsumen atas suatu barang tetapi tidak diiringi kemampuan konsumen untuk membeli atau memperoleh barang tersebut.

Contoh permintaan absolut adalah ketika:

  • Anda ingin membeli mobil tetapi saat ini pendapatan Anda masih belum cukup.
  • Lia ingin sekolah ke luar negeri, tetapi saat ini dia masih belum memiliki biaya atau beasiswa.
  • Devan ingin mempunyai sepasang sepatu roda tetapi dia harus menunggu hingga lebaran tahun depan.

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi jumlah permintaan seseorang terhadap sebuah barang:

Definisi permintaan absolutPin

  1. Jumlah Pendapatan

    Jumlah distribusi pendapatan seorang konsumen dapat mempengaruhi jumlah permintaan konsumen tersebut atas sebuah barang. Untuk barang normal (normal goods), seiring dengan peningkatan jumlah pendapatan konsumen, maka jumlah permintaan konsumen terhadap barang tersebut akan naik.

    Contoh, apabila Ana memiliki pendapatan 100.000 sebulan Anda bisa membeli beras sebanyak 10 Kg. Namun, jika pendapatan Anda meningkat menjadi 200.000 sebulan Anda bisa membeli beras sebanyak 20 Kg. Perubahan jumlah permintaan konsumen atas suatu barang yang terjadi karena perubahan pendapatan seperti contoh di atas disebut sebagai elastisitas pendapatan.

  2. Harga

    Umumnya, semakin tinggi harga sebuah barang, maka semakin rendah pula tingkat permintaan atas barang tersebut. Hal ini bisa jadi tidak berlaku untuk barang-barang mewah seperti lukisan atau jam tangan swiss dan tidak berlaku untuk barang pokok seperti beras atau telur ayam.

  3. Harga Barang Substitusi

    Barang substitusi adalah barang yang bisa menggantikan barang lain dengan cukup sempurna. Contoh permintaan absolut dari barang substitusi adalah jagung untuk beras dan teh untuk kopi.

    Ketika harga beras semakin tinggi sementara harga jagung tetap maka tidak menutup kemungkinan masyarakat akan membeli jagung sebagai pengganti beras. Artinya, jika harga barang x semakin tinggi, maka permintaan barang y yang merupakan pengganti barang x akan meningkat.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Harga Barang Komplementer

    Barang komplementer adalah barang yang melengkapi fungsi barang lain. Contoh barang komplementer adalah bensin yang melengkapi fungsi sepeda motor atau mobil. Dalam hal ini, permintaan absolut ketika harga bensin naik maka kemungkinan besar permintaan mobil dan motor akan menurun.

  5. Selera

    Anda tentu tidak akan makan jagung apabila Anda menyukai beras lebih dari apapun atau, walaupun harga bensin naik, Anda tetap membeli dan menggunakan sepeda motor. Di sinilah peran faktor selera terhadap permintaan sebuah barang.

Seperti pembahasan di atas contoh permintaan absolut adalah sebuah contoh yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi penghasilan, jumlah permintaan cenderung naik.

Akan tetapi, bagi seorang pebisnis atau pelaku UMKM, sangat direkomendasikan untuk mengelola anggaran keuangan dengan baik. Demikian pula, ketika mendapatkan banyak keuntungan dan profit bisnis.

Manfaatkan Software Akuntansi Online dari Harmony, untuk mengelola keuangan dan pembukuan bisnis secara lebih rapi, akurat, dan cepat. Anda bisa menyelesaikan dengan mudah tugas-tugas akunting berulang seperti pencatatan transaksi, piutang-utang, rekonsiliasi bank, laporan keuangan dll.  Coba GRATIS aplikasi Harmony selama 30 hari, daftar sekarang melalui tautan ini.

Lewatkan hari-hari merepotkan karena harus mencatat satu per satu transaksi di buku besar berbasis kertas atau spreadsheet yang menyita waktu dan tenaga. Dengan aplikasi Harmony, Anda bisa memudahkan tim finance menangani urusan akunting tanpa ribet.

Like dan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info selengkapnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony