Harmony Blog

Apa Itu Pengeluaran Kas dalam Akuntansi? Simak Selengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

pengeluaran kasPin

Seperti halnya penerimaan uang, prosedur pengeluaran kas perlu dirancang secara detail. Perlu dipastikan apakah pengeluaran kas telah disetujui dan betul-betul untuk kegiatan operasional yang tercatat dalam jurnal akuntansi atau pembukuan perusahaan.

Bukti-bukti pengeluaran kas perusahaan yang telah diidentifikasi kemudian dicatat di dalam suatu jurnal akuntansi dan sudah di catat dalam pos-pos akun atau chart of account. Jurnal tersebut merupakan media atau buku yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi berdasarkan urutan waktu atau kronologis transaksi.

Jurnal merupakan catatan pertama setelah adanya bukti transaksi sebelum dilakukan pencatatan dalam buku besar sehingga jurnal sering dikatakan sebagai catatan kas (book of original entry).

Pengertian Pengeluaran Kas

Pengertian pengeluaran kas menurut para ahli merujuk pada tujuan yang sama. Misalnya menurut Mujilan (2012) menerangkan bahwa pengeluaran kas adalah kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang atau jasa ke entitas-entitas lain, dan pengumpulan pembayaran-pembayaran.

Selanjutnya menurut Romney (2016), merupakan serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait secara terus menerus, yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa.

Pengeluaran kas dalam akuntansi bisnis meliputi empat aktivitas dasar, yaitu memesan, menerima, menyetujui faktur pemasok, dan pengeluaran kas. Pemesan dan penerimaan berkaitan dengan bahan baku, perlengkapan, mupun jasa.

Mulyadi (200) secara khusus menyebutkan bahwa pengeluaran ini ditujukan untuk membiayai operasi perusahaan dan membayar hutang yang timbul dari pembelian barang dan jasa.

Prosedur Pengeluaran Kas

Untuk memahami akuntansi dasar, maka perlu bagi setiap pebisnis mengetahui prosedur pengeluaran kas. Dalam konsep dasar akuntansi, hal ini dapat dilakukan dengan dua metode yakni dengan cek dan dana kas kecil.

Pengeluaran kas dalam perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan cek untuk menjamin diterimanya pembayaran tersebut oleh perusahaan yang berhak menerima dan memungkinkan dilibatkannya pihak luar seperti bank untuk turut serta mengawasi kas perusahaan.

Sedangkan dana kas kecil merupakan pengeluaran yang wajib dilakukan dengan cepat dan dapat dilakukan dari dana kas kecil.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Prosedur ini sendiri dapat dilakukan dengan beberapa tahapan berikut ini:

• Kasir menerima kwitansi dari pemasok yang dicocokkan dengan invoice mengenai jumlah dan jatuh tempo pembayarannya.

• Kasir menyiapkan Bukti Bank Keluar (BBK) dalam rangkap dua dan cek/giro dan menyampaikan kepada bidang keuangan bersama dengan kuitansi dan invoice..

• Bidang Keuangan meneliti kebenaran kuitansi dari pemasok dan membandingkannya invoice, kemudian menandatangani cek/giro dan BBK.

• Bidang keuangan memberi cap lunas pada berkas pembelian kemudian mendistribusikan cek/ giro kepada pemasok, BBK lembar kesatu dengan invoice ke bagian akuntansi, dan BBK lembar kedua dan kwitansi ke bagian kasir.

• Bagian Akuntansi akan membandingkan BBK dengan invoice dan faktur penjualan. Bila cocok, maka menyiapkan bukti jurnal bank keluar.

• Bagian akuntansi akan mencatat transaksi pengeluaran uang di buku bank keluar dan kartu utang.

• Kasir menggabungkan dan mencatat BBK dan kuitansi dalam daftar kas.

Dengan melaksanakan langkah-langkah prosedur tersebut maka akan terjamin pelaksanaannya. Pembayaran dapat dilaksanakan tepat waktu, jumlah yang dikeluarkan benar, dan ditujukan kepada pihak yang berhak.

Pembukuan atas transaksi harus dilaksanakan dengan benar. Maka dari itu, Anda membutuhkan bantuan aplikasi yang terintegrasi. Rekomendasi software akuntansi terbaik untuk Anda adalah software akuntansi Harmony.

Segala laporan keuangan perusahaan Anda akan terkontrol dengan baik, cepat, dan mudah. Selain itu, software ini sangat user friendly karena bisa digunakan oleh setiap kalangan tanpa harus menguasai bidang akuntansi dan programming terlebih dahulu. Untuk itu,  jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan uji coba gratis 30 hari, dengan melakukan pendaftaran di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK