Di dalam dunia bisnis, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya hak merek atau brand right. Hak merek dapat dikatakan sebagai identitas untuk membedakan bisnis Anda dari pesaing lainnya. Jadi, brand right ini harus dilindungi supaya tidak menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Simak berikut penjelasan apa itu hak merek, contoh hak merek, cara cek merek dan cara mendaftarkan merek dagang.
Table of Contents
Merek secara hukum berarti tanda yang bisa ditampilkan secara grafis terdiri dari huruf, nama, angka, kata, logo, gambar, susunan warna dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, hologram, suara atau kombinasi keduanya. Tujuannya agar dapat membedakan barang atau jasa yang diproduksi oleh badan hukum atau orang untuk kegiatan perdagangan barang atau jasa.
Brand menjadi faktor kunci dalam pemasaran produk baik untuk jasa atau barang, jadi pelanggan lebih mudah dalam cek merek produk yang mereka sukai. Oleh karenanya, penting untuk cek merek agar bisa mendapatkan hak perlindungan hukum yakni instrumen hak merek.
Hak merek adalah hak eksklusif untuk pemilik merek yang sudah terdaftar guna menggunakan merek tersebut untuk usaha dagang sesuai dengan kelas dan jenisnya. Jangan lupa, laporkan SPT badan usaha atau bisnis Anda agar proses administrasi bisnis berjalan lancar. Jika ada kesalahan, Anda bisa melakukan koreksi fiskal sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga, semua pihak mampu memperoleh manfaat perpajakan yang lebih maksimal. Selain lapor SPT pajak, Anda juga bisa melaporkan PBB tempat bisnis sesuai nomor objek pajak yang dimiliki.
Berikut ini ada beberapa cara mendaftarkan merek dagang antara lain:
[elementor-template id="26379"]
Adapun contoh-contohnya brand right yaitu:
Itu tadi penjelasan singkat mengenai hak merek, contoh hak merek, dan bagaimana cara mendaftarkannya. Jika Anda baru memulai usaha sangat disarankan untuk mendaftarkan merek supaya nantinya bisa memberi perlindungan hukum dan manfaat ekonomi.
Untuk membantu proses akuntansi selagi ribet mendaftarkan hak merek, Anda bisa percayakan pada software akuntansi Harmony yang akan membantu proses pengelolaan keuangan dengan baik. Pemantauan stok, rekonsiliasi bank secara otomatis, pembuatan invoice, keuangan usaha dan perhitungan asset semuanya bisa dilakukan dengan Harmony.
Apa itu Harmony? Harmony adalah software accounting berbasis cloud yang dapat membantu membereskan pembukuan bisnis. Memiliki 400+ fitur yang telah kami develop mulai dari rekonsiliasi bank otomatis, inventory, smart invoicing dan masih banyak fitur lainnya, serta ada 20+ laporan keuangan yang kami sediakan secara realtime.Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda di sini dan nikmati Gratis uji coba selama 30 Hari.
Info lengkap mengenai fitur dan modul, follow dan sukai akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.