Harmony Blog

Apa Itu Hak Merek dan Bagaimana Cara Mendaftarkannya?

Diposting Apr 29th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Hak MerekPin

Di dalam dunia bisnis, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya hak merek atau brand right. Hak merek dapat dikatakan sebagai identitas untuk membedakan bisnis Anda dari pesaing lainnya. Jadi, brand right ini harus dilindungi supaya tidak menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Simak berikut penjelasan apa itu hak merek, contoh hak merek, cara cek merek dan cara mendaftarkan merek dagang.

Hak merek adalah hak eksklusif untuk pemilik merek yang sudah terdaftar guna menggunakan merek tersebut untuk usaha dagang sesuai dengan kelas dan jenisnya.Click to Tweet

Pengertian Hak Merek

Merek secara hukum berarti tanda yang bisa ditampilkan secara grafis terdiri dari huruf, nama, angka, kata, logo, gambar, susunan warna dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, hologram, suara atau kombinasi keduanya. Tujuannya agar dapat membedakan barang atau jasa yang diproduksi oleh badan hukum atau orang untuk kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Brand menjadi faktor kunci dalam pemasaran produk baik untuk jasa atau barang, jadi pelanggan lebih mudah dalam cek merek produk yang mereka sukai. Oleh karenanya, penting untuk cek merek agar bisa mendapatkan hak perlindungan hukum yakni instrumen hak merek.

Hak merek adalah hak eksklusif untuk pemilik merek yang sudah terdaftar guna menggunakan merek tersebut untuk usaha dagang sesuai dengan kelas dan jenisnya. Jangan lupa, laporkan SPT badan usaha atau bisnis Anda agar proses administrasi bisnis berjalan lancar. Jika ada kesalahan, Anda bisa melakukan koreksi fiskal sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga, semua pihak mampu memperoleh manfaat perpajakan yang lebih maksimal. Selain lapor SPT pajak, Anda juga bisa melaporkan PBB tempat bisnis sesuai nomor objek pajak yang dimiliki.

Persyaratan Mengajukan Hak Merek Melalui Formulir

  • Tanggal, bulan, tahun permohonan
  • Nama lengkap, kewarganegaraan, alamat pemohon
  • Nama lengkap, surat kuasa apabila permohonan diajukan melalui kuasa
  • Berwarna-warni apabila merek yang didaftarkan memiliki unsur warna
  • Nama negara, tanggal permintaan pendaftaran merek pertama kali untuk mendapatkan hak.

Mendaftarkan hak merekPin

Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Berikut ini ada beberapa cara mendaftarkan merek dagang antara lain:

  1. Mengajukan permohonan ke Ditjen KI dan melengkapi persyaratan yang diminta.
  2. Persyaratan akan diperiksa dan jika belum lengkap, pemohon harus segera melengkapi.
  3. Dalam kurun waktu 30 hari sejak menerima kelengkapan persyaratan, persyaratan akan dilakukan pemeriksaan substantif selama kurang lebih 9 bulan.
  4. Pemohon dapat menyampaikan tanggapannya dan menyebut alasan.
  5. Jika pemohon menyampaikan keberatan dan pemeriksa mengatakan tanggapan telah diterima, maka permohonan akan diumumkan dalam berita resmi merek.
  6. Untuk permohonan yang diterima Ditjen KI akan menerbitkan sertifikat merek kepada pemohon dalam kurun waktu 30 hari.
  7. Dapat mengajukan banding jika permintaan pendaftaran merek ditolak Ditjen KI
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Contoh Hak Merek

Adapun contoh-contohnya brand right yaitu:

  • Agar-Agar Swallow Globe Brand dan Cap Bola Dunia.
  • Larutan Penyegar Cap Badak dan Cap Kaki Tiga.
  • Sepatu Converse All Star & Ball Star Classic.
  • Joystick PlayStation SQMY dan Joystick PlayStation SONY.
  • Supermi Sedaaap dan Mie Sedaap Wings Food.
  • Perangkat Games Playstation dan Polystation.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai hak merek, contoh hak merek, dan bagaimana cara mendaftarkannya. Jika Anda baru memulai usaha sangat disarankan untuk mendaftarkan merek supaya nantinya bisa memberi perlindungan hukum dan manfaat ekonomi.

Untuk membantu proses akuntansi selagi ribet mendaftarkan hak merek, Anda bisa percayakan pada software akuntansi Harmony yang akan membantu proses pengelolaan keuangan dengan baik. Pemantauan stok, rekonsiliasi bank secara otomatis, pembuatan invoice, keuangan usaha dan perhitungan asset semuanya bisa dilakukan dengan Harmony.

Apa itu Harmony? Harmony adalah software accounting berbasis cloud yang dapat membantu membereskan pembukuan bisnis. Memiliki 400+ fitur yang telah kami develop mulai dari rekonsiliasi bank otomatis, inventory, smart invoicing dan masih banyak fitur lainnya, serta ada 20+ laporan keuangan yang kami sediakan secara realtime.Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda di sini dan nikmati Gratis uji coba selama 30 Hari.

Info lengkap mengenai fitur dan modul, follow dan sukai akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony