Harmony Blog

Apa Itu Diskriminasi Harga, Jenis, Kelebihan dan Penerapannya

Diposting Jul 9th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Diskriminasi HargaPin

Bukan cuma dalam lingkup sosial, diskriminasi juga bisa terjadi dalam kegiatan ekonomi. Dalam hal ini, adalah diskriminasi harga. Pengertian diskriminasi harga adalah istilah price discrimination yaitu suatu strategi penjualan yang membebankan harga berbeda-beda untuk produk atau jasa yang sama.

Pengertian diskriminasi harga terjadi ketika barang dan jasa yang sama, dijual dengan harga berbeda oleh produsen yang sama.Click to Tweet

Tetapi, kenapa suatu produk atau jasa dikenakan harga yang berbeda? Bukankah, dalam sistem ekonomi pancasila kegiatan ekonomi dilakukan secara adil dan merata?

Inilah strategi penjual untuk memperoleh keuntungan berdasarkan daya beli atau elastisitas pendapatan dari konsumen tertentu. Pengertian diskriminasi harga murni, penjual membebankan harga maksimum kepada setiap pelanggan yang akan membayar.

Pengertian Diskriminasi Harga

Dalam pasar yang kompetitif, pengertian diskriminasi harga terjadi ketika barang dan jasa yang sama, dijual dengan harga berbeda oleh produsen yang sama.

Sementara, pengertian diskriminasi harga murni, penjual akan mengenakan harga maksimum mutlak kepada pembeli yang rela membayar. Perusahaan menggunakan strategi diskriminasi harga untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dari setiap pelanggan.

Jenis diskriminasi hargaPin

Misalnya, di bidang ekonomi kreatif, terkadang ada seniman yang menjual lukisan dengan harga fantastis kepada siapapun yang bersedia membayar harga tertinggi.

Hal ini memungkinkan produsen untuk menangkap lebih banyak dari total surplus dengan menjual kepada konsumen dengan harga maksimum yang sesuai daya beli pelanggan.

Jenis-Jenis Diskriminasi Harga

Terdapat beberapa jenis price discrimination yang perlu diketahui. Antara lain:

  • Diskriminasi Tingkat Pertama

    Satu produsen menjual barang atau jasa dengan harga tertinggi yang bersedia dibayar oleh setiap konsumennya. Hal ini memungkinkan penjual untuk memperoleh pendapatan setinggi mungkin.

  • Diskriminasi Tingkat Kedua

    Harga barang atau jasa bervariasi tergantung pada kuantitas barang yang dibeli. Jadi, konsumen yang membeli dalam jumlah besar, biasanya akan mendapatkan diskon atau harga lebih murah.

  • Diskriminasi Tingkat Ketiga

    Harga bervariasi berdasarkan karakteristik konsumen. Seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan status ekonomi.

Apa Saja Kelebihan Diskriminasi Harga?

Setiap pelaku usaha tentu ingin mendapatkan keuntungan setinggi mungkin. Nah, salah satunya dengan price discrimination. Berikut adalah kelebihan dari strategi ini:

  1. Omset Bertambah

    Perusahaan yang menerapkan strategi ini harus memahami dulu situasi dan kondisi pasar, termasuk daya beli pelanggannya. Dengan begitu, ia bisa menggunakan harga tertinggi yang bersedia dibayar pelanggan dan meningkatkan omset.

  2. Dukungan Pelanggan Meningkat

    Menerapkan harga yang tinggi, harus dibarengi dengan pelayanan prima dan dukungan pelanggan sebaik-baiknya. Hal ini penting, agar konsumen merasa puas dan senang membeli produk/ jasa Anda.

  3. Menyediakan Kebutuhan Konsumen

    Perusahaan dapat menyesuaikan produk atau jasa, berdasarkan kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, dalam bisnis penerbangan, harga tiket akan berubah-ubah sesuai dengan tingkat lonjakan pengunjung dan pada event tertentu sesuai kebutuhan penumpang. Seperti Natal, Lebaran, atau Tahun Baru.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Penerapan Dilakukan?

Agar lebih jelasnya, mari kita simak penerapan contoh price discrimination di beberapa bidang berikut:

  • Retail

    Dalam industri retail, konsumen yang membeli dalam jumlah besar, akan memperoleh harga lebih murah, ketimbang konsumen yang mungkin hanya membeli 1 produk saja. Ini adalah contoh diskriminasi harga di bidang retail yang paling umum ditemui.

  • Transportasi

    Hampir setiap perusahaan transportasi mendulang untung dari penerapan strategi harga ini. Contoh diskriminasi harga ini misalnya, dalam penerbangan. Rute yang sama, akan memiliki tarif berbeda-beda, tergantung kelas, jam berangkat, dan usia.

  • Teknologi

    Berbagai industri yang menawarkan layanan jasa kepada klien juga menerapkan contoh diskriminasi harga tingkat pertama. Di mana, perusahaan akan membebankan harga berbeda untuk produk atau jasa yang sama.

Ketika layanan ditawarkan ke klien, harganya akan berbeda antara satu klien dengan yang lain. Nilai harga ini bergantung pada kesepakatan dan kemampuan si klien untuk membayar harga tertinggi.

Contoh diskriminasi harga di bidang teknologi, misalnya konsultan IT profesional diminta untuk melatih karyawan di perusahaan ternama dengan ribuan karyawan. Tentunya, ia akan meminta bayaran yang lebih tinggi, ketimbang ketika ia melatih karyawan di perusahaan kecil. Jenis strategi harga ini, dikenal juga sebagai diskriminasi harga sempurna.

Sebelum menetapkan strategi harga ini, tentunya Anda juga perlu meneliti dan menganalisis laporan keuangan perusahaan. Sebab, dari nilai keuntungan dan profit, bisa ditentukan apa langkah dan strategi pemasaran berikutnya. Termasuk, menentukan harga.

Untuk mempermudah manajemen laporan keuangan yang rapi dan akurat, percayakan pada Software Akuntansi Harmony. Tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan yang siap pakai, semudah beberapa detik.

Pembukuan bebas ribet, cepat, dan otomatis bersama Software akuntansi Harmony. Buktikan sendiri keunggulan aplikasi Harmony dengan klik di sini FREE trial 30 hari. Temukan info fitur selengkapnya, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony