Bukan cuma dalam lingkup sosial, diskriminasi juga bisa terjadi dalam kegiatan ekonomi. Dalam hal ini, adalah diskriminasi harga. Pengertian diskriminasi harga adalah istilah price discrimination yaitu suatu strategi penjualan yang membebankan harga berbeda-beda untuk produk atau jasa yang sama.
Tetapi, kenapa suatu produk atau jasa dikenakan harga yang berbeda? Bukankah, dalam sistem ekonomi pancasila kegiatan ekonomi dilakukan secara adil dan merata?
Inilah strategi penjual untuk memperoleh keuntungan berdasarkan daya beli atau elastisitas pendapatan dari konsumen tertentu. Pengertian diskriminasi harga murni, penjual membebankan harga maksimum kepada setiap pelanggan yang akan membayar.
Table of Contents
Dalam pasar yang kompetitif, pengertian diskriminasi harga terjadi ketika barang dan jasa yang sama, dijual dengan harga berbeda oleh produsen yang sama.
Sementara, pengertian diskriminasi harga murni, penjual akan mengenakan harga maksimum mutlak kepada pembeli yang rela membayar. Perusahaan menggunakan strategi diskriminasi harga untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dari setiap pelanggan.
Misalnya, di bidang ekonomi kreatif, terkadang ada seniman yang menjual lukisan dengan harga fantastis kepada siapapun yang bersedia membayar harga tertinggi.
Hal ini memungkinkan produsen untuk menangkap lebih banyak dari total surplus dengan menjual kepada konsumen dengan harga maksimum yang sesuai daya beli pelanggan.
Terdapat beberapa jenis price discrimination yang perlu diketahui. Antara lain:
Satu produsen menjual barang atau jasa dengan harga tertinggi yang bersedia dibayar oleh setiap konsumennya. Hal ini memungkinkan penjual untuk memperoleh pendapatan setinggi mungkin.
Harga barang atau jasa bervariasi tergantung pada kuantitas barang yang dibeli. Jadi, konsumen yang membeli dalam jumlah besar, biasanya akan mendapatkan diskon atau harga lebih murah.
Harga bervariasi berdasarkan karakteristik konsumen. Seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan status ekonomi.
Setiap pelaku usaha tentu ingin mendapatkan keuntungan setinggi mungkin. Nah, salah satunya dengan price discrimination. Berikut adalah kelebihan dari strategi ini:
Perusahaan yang menerapkan strategi ini harus memahami dulu situasi dan kondisi pasar, termasuk daya beli pelanggannya. Dengan begitu, ia bisa menggunakan harga tertinggi yang bersedia dibayar pelanggan dan meningkatkan omset.
Menerapkan harga yang tinggi, harus dibarengi dengan pelayanan prima dan dukungan pelanggan sebaik-baiknya. Hal ini penting, agar konsumen merasa puas dan senang membeli produk/ jasa Anda.
Perusahaan dapat menyesuaikan produk atau jasa, berdasarkan kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, dalam bisnis penerbangan, harga tiket akan berubah-ubah sesuai dengan tingkat lonjakan pengunjung dan pada event tertentu sesuai kebutuhan penumpang. Seperti Natal, Lebaran, atau Tahun Baru.
[elementor-template id="26379"]
Agar lebih jelasnya, mari kita simak penerapan contoh price discrimination di beberapa bidang berikut:
Dalam industri retail, konsumen yang membeli dalam jumlah besar, akan memperoleh harga lebih murah, ketimbang konsumen yang mungkin hanya membeli 1 produk saja. Ini adalah contoh diskriminasi harga di bidang retail yang paling umum ditemui.
Hampir setiap perusahaan transportasi mendulang untung dari penerapan strategi harga ini. Contoh diskriminasi harga ini misalnya, dalam penerbangan. Rute yang sama, akan memiliki tarif berbeda-beda, tergantung kelas, jam berangkat, dan usia.
Berbagai industri yang menawarkan layanan jasa kepada klien juga menerapkan contoh diskriminasi harga tingkat pertama. Di mana, perusahaan akan membebankan harga berbeda untuk produk atau jasa yang sama.
Ketika layanan ditawarkan ke klien, harganya akan berbeda antara satu klien dengan yang lain. Nilai harga ini bergantung pada kesepakatan dan kemampuan si klien untuk membayar harga tertinggi.
Contoh diskriminasi harga di bidang teknologi, misalnya konsultan IT profesional diminta untuk melatih karyawan di perusahaan ternama dengan ribuan karyawan. Tentunya, ia akan meminta bayaran yang lebih tinggi, ketimbang ketika ia melatih karyawan di perusahaan kecil. Jenis strategi harga ini, dikenal juga sebagai diskriminasi harga sempurna.
Sebelum menetapkan strategi harga ini, tentunya Anda juga perlu meneliti dan menganalisis laporan keuangan perusahaan. Sebab, dari nilai keuntungan dan profit, bisa ditentukan apa langkah dan strategi pemasaran berikutnya. Termasuk, menentukan harga.
Untuk mempermudah manajemen laporan keuangan yang rapi dan akurat, percayakan pada Software Akuntansi Harmony. Tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan yang siap pakai, semudah beberapa detik.
Pembukuan bebas ribet, cepat, dan otomatis bersama Software akuntansi Harmony. Buktikan sendiri keunggulan aplikasi Harmony dengan klik di sini FREE trial 30 hari. Temukan info fitur selengkapnya, follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony.