Harmony » Blog » 

Apa Itu Deposito, Keuntungan dan Perbedaan Dengan Tabungan?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 23, 2021

Deposito adalah salah satu investasi dengan resiko kecil namun menguntungkan, terbukti dari data PT Bursa Efek Indonesia mencatat rata-rata keuntungan yang relatif stabil dengan persentase 7,21% pada tahun 2015. Lalu apa sebenarnya deposit0 itu?

Istilah lain dari deposito adalah credit union yang artinya uang yang telah dipindahkan ke rekening simpanan oleh investor.Click to Tweet

Mengenal Deposito

Dalam istilah keuangan sistem ekonomi liberal mendefinisikan deposito adalah uang atau dana yang disimpan dalam bank untuk jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan nasabah dan bank terkait. Jangka waktu yang diberikan bank umumnya pada rentang 1 hingga 24 bulan. Semakin lama jangka waktu penyimpanan, makin besar bunga deposit yang dihasilkan.

Istilah lain dari deposito adalah credit union yang artinya uang yang telah dipindahkan ke rekening simpanan oleh investor. Dana yang disimpan maupun disetorkan hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu yang telah disepakati kedua belah pihak. Jika investor mengambil dana simpanan diluar waktu kesepakatan, bank akan memberikan denda pinalti.

Jika ingin memiliki deposit, investor diharuskan mempunyai rekening baru di bank terkait. Setelah mempunyai rekening deposit, nasabah dapat menyetorkan uang sesuai kesepakatan awal. Kenali dulu jenis-jenis deposit berikut sebelum membuka rekening bank.

Jenis-Jenis Deposito

Terdapat tiga jenis deposit yang dibedakan menurut jangka waktu simpanannya, yaitu deposit berjangka, sertifikat, dan deposit on-call.

Jenis Deposito

Deposit berjangka adalah tabungan berjangka yang paling banyak digunakan masyarakat. Contoh deposito berjangka diambil pada waktu tertentu mulai dari 1, 2 hingga 24 bulan. Penerbitan deposit berjangka dilakukan atas nama individu, Lembaga keuangan, maupun perusahaan dagang.

Contoh Deposito Berjangka Individu

Berikut merupakan contoh deposito berjangka individu. Pak bedu akan membuka deposit dengan dana seratus juta rupiah, dalam jangka waktu satu tahun dengan bunga deposit 5% dan pajak 20%. Setelah dua belas bulan, deposit pak bedu menghasilkan keuntungan sekitar Rp3-4 juta.

Contoh deposito berjangka dalam catatan jurnal transaksi diurutkan berdasarkan tanggal. Misalkan setiap tanggal 4 merupakan hari penarikan bunga deposit, sementara bank akan mencatat bunga saat jatuh tempo dan saat penarikan.

Untuk penerbitan sertifikat deposit, tidak mengacu pada individu ataupun perseroan sehingga dapat dijualbelikan dan dipindahtangankan. Kebalikan dari deposit berjangka, deposit on-call memberikan periode simpanan yang singkat, dengan waktu maksimalnya kurang dari satu bulan.

Walaupun prinsipnya menyimpan uang di bank, namun deposit sangat berbeda dengan tabungan. Perbedaan paling mencolok antara tabungan dan deposit adalah jenis produknya. Deposit merupakan produk investasi sementara tabungan merupakan produk penyimpanan uang. Selain itu apalagi perbedaan antara tabungan dan deposit?

[elementor-template id="26379"]

Perbedaan Deposito Dengan Tabungan

Selain perbedaan produk, fleksibilitas deposito dan tabungan juga berbeda. Untuk menabung di bank hanya perlu membawa uang secukupnya dan dapat diambil sewaktu-waktu tanpa memberitahu bank terlebih dahulu. Sementara dana deposit mensyaratkan batas minimum penyetoran dan hanya dapat diambil pada jangka waktu tertentu.

Namun disisi lain bunga deposit lebih besar yang dapat mencapai 7% per tahunnya, dibandingkan bunga pada tabungan yang hanya sebesar 3% per tahunnya. Karena bunga deposit tiap bank berbeda-beda, peran BUMN sebagai stabilisator perekonomian berlaku disini. Kenali karakteristik bank sebelum membuka deposit, bandingkan tingkat bunga serta sistem transaksi yang ditawarkan.

Setelah menerima bilyet deposito, simpan baik-baik dan catatlah dalam jurnal transaksi. Namun dengan pembukuan atau penjurnalan yang secara manual melalui excel ataupun dengan pembukuan lainnya, dapat menimbulkan resiko salah pencatatan serta selisih perhitungan.

Untuk memudahkan Anda menyortir dan menulis laporan keuangan, kini hadir Software Akuntansi Harmony yang modern, cepat, dan akurat dalam menyelesaikan jurnal transaksi hingga pembukuan perusahaan.

Apa sih itu Harmony? Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Dapatkan software Harmony Gratis dan cobalah fitur-fiturnya selama 30 Hari pemakaian di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram