Harmony Blog

Apa itu Bank Digital dan Bagaimana Regulasinya? Simak Lebih Lanjut

Diposting Mei 5th, 2021
25

SHARES

PEMBACA

Bank DigitalPin

Seiring perkembangan teknologi, kini muncul layanan perbankan secara online yang dikenal sebagai bank digital. Digitalisasi perbankan sebenarnya bukan hal yang mengejutkan. Sebab, masyarakat modern sangat membutuhkan layanan bank digital yang serba praktis dan cepat.

Dengan layanan bank digital, nasabah bisa mengakses berbagai fitur dan transaksi perbankan cukup menggunakan perangkat digital.Click to Tweet

Tak bisa dipungkiri, peran BUMN khususnya perbankan terhadap perekonomian negara sangat besar. Banyak masyarakat yang mengandalkan bank pemerintah maupun swasta untuk mengelola finansial secara lebih aman. 

Terlebih lagi, dalam sistem ekonomi liberal yang menjunjung kepemilikan pribadi, lembaga keuangan seperti bank dianggap masih menjadi solusi terbaik untuk mengamankan dana dan manajemen investasi.

Akan tetapi, apa sih bank digital itu? Informasi selengkapnya tentang bank digital dan regulasinya akan kita ungkap di artikel berikut. Simak yuk..

Apa Itu Bank Digital dan Bagaimana Regulasinya?

Sebenarnya, bank digital adalah sama seperti bank konvensional pada umumnya. Secara pengertiannya, bank digital adalah segala aktivitas perbankan yang dijalankan berbasis teknologi internet. 

Dengan layanan digitalisasi perbankan, nasabah bisa mengakses berbagai fitur dan transaksi perbankan cukup menggunakan perangkat digital. Baik itu, laptop, komputer, smartphone, tablet, dll.

Hampir semua layanan yang ditawarkan bank digital adalah berada dalam jaringan internet. Termasuk, menabung, mentransfer uang, deposito, investasi, dan lain-lain.

Dari segi regulasi, digitalisasi perbankan telah diatur oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Tepatnya, dalam peraturan No 12/POJK.03 Tahun 2018 mengenai penyelenggaraan layanan digitalisasi perbankan oleh bank umum.

Dengan eksistensi digitalisasi perbankan, harapannya masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan layanan digitalisasi perbankan secara cepat, mandiri, dan kapan saja atau di mana saja.

Tidak mustahil apabila masa depan digitalisasi perbankan di tanah air dan seluruh dunia akan semakin melejit.

Hal ini selaras dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat terhadap digitalisasi perbankan yang ingin pengelolaan keuangan secara instan dan cepat, tanpa harus repot mengantri atau datang langsung ke kantor bank secara fisik.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Bank Digital

Di Indonesia ada beberapa contoh bank digital yang bisa dipertimbangkan sebagai pilihan antara lain:

Contoh bank digitalPin

  1. Jenius by BTPN

    Contoh bank digital yang mungkin sudah sangat familiar di tanah air adalah Jenius dari BTPN. Sejak 2016, nama digitalisasi perbankan ini semakin melejit dengan menyasar kalangan anak muda milenial.

  2. PermataME by Bank Permata

    Bank Permata juga turut memeriahkan digitalisasi perbankan nusantara dengan menghadirkan PermataME. Banyak promo seperti cashback dan voucher diskon menarik yang ditawarkan ke nasabah jika menggunakan layanan perbankan ini.

  3. TMRW by UOB

    Contoh bank digital selanjutnya adalah TMRW dari Bank UOB. Dirilis pada Januari 2020 menghadirkan keunikan berupa simpanan uang yang fleksibel dan kekinian. Sebab, selain memberi bunga yang cukup tinggi, aplikasi digitalisasi perbankan ini juga memiliki antarmuka seperti game yang seru.

  4. D-Save Danamon

    Tak mau ketinggalan, Bank Danamon merilis D-Save sebagai salah satu contoh bank digital yang ideal bagi masyarakat. Calon nasabah bisa membuka rekening secara online dan langsung aktif. Bunga yang ditawarkan juga cukup tinggi. Keunggulan D-Save adalah memiliki fitur multiple sub account yang memungkinkan nasabah memiliki rekening tambahan hingga beberapa akun sekaligus.

  5. Digibank by DB

    Terakhir tapi tidak kalah dari contoh bank digital lainnya. Yaitu Digibank dari Bank DBS. Digitalisasi perbankan ini dirilis pada 2016 silam. Sama seperti digitalisasi perbankan lainnya, Digibank bisa membuka rekening baru secara online, verifikasi nasabah dengan video call, serta bunga yang relatif tinggi.

Wow, sangat luar biasa kan, keunggulan digitalisasi perbankan? Selain menawarkan bunga tinggi dan kemudahan layanan digitalisasi perbankan, digitalisasi perbankan juga memberikan keamanan dan layanan operasional 24 jam penuh.

Selain memanfaatkan digitalisasi perbankan untuk berinvestasi dan mengelola keuangan, sebagai pebisnis Anda juga membutuhkan aplikasi pembukuan yang modern di era digital ini. Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan secara akurat, tepat, dan rapi.

Semua fiturnya sangat mendukung kinerja tim keuangan untuk menyelesaikan tugas akuntansi dan pembukuan secara instan, cepat, dan modern. 

Yuk, nikmati kemudahan Software Akuntansi Harmony secara GRATIS dalam 30 Hari, klik tautan di sini. Kepoin juga aktivitas kami setiap hari, melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. 

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony