Harmony Blog

Annual Report (Laporan Tahunan) : Pengertian, Fungsi dan Tahapan Dalam Membuatnya

Diupdate Feb 25th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Perusahaan yang menyajikan annual report setiap tahunnya bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak eksternal. Secara tidak langsung semua kegiatan operasional selama satu tahun atau periode mempengaruhi laporan tahunan yang akan diterbitkan.

Dengan demikian annual report ini juga berguna untuk dapat membantu investor dan kreditor untuk memahami kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Adanya annual report adalah sebuah laporan keuangan secara ringkasan mengenai aktivitas perusahaan dalam setahun, sehingga penyajian annual report disiapkan di akhir tahun dan berguna sebagai analisis manajemen keuangan serta memberikan rencana keuangan di masa mendatang.

Annual report adalah laporan yang sering dijadikan acuan utama informasi kondisi keuangan bagi pihak eksternal maupun internal.

Untuk itu manfaat annual report ditujukan kepada pihak eksternal, bahwa laporan ini bisa dijadikan sebagai alat pemasaran atau publik di mana perusahaan tersebut memiliki citra yang baik.

Manfaat lainnya yaitu pihak eksternal bisa mengetahui informasi rasio keuangan, analisis laporan keuangan, menilai manajemen perusahaan, serta mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan.

Mengenal Apa Itu Annual Report (Laporan Tahunan)?

Annual report adalah sebuah laporan tahunan perusahaan yang berisikan informasi mengenai perkembangan, dan pencapaian yang diterima oleh perusahaan dalam satu periode. Untuk itu dalam menyusun laporan tahunan perusahaan dibutuhkan data, atau informasi yang akurat agar dapat dipertanggungjawabkan

Annual report juga memberikan ringkasan informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada publik seperti investor, kreditor, dan pihak kepentingan lainnya. Selanjutnya laporan tahunan perusahaan ini merupakan hasil dari informasi laporan keuangan, dengan menunjukkan prestasi yang dicapai oleh perusahaan serta prospek di masa mendatang.

Apa Saja Fungsi Annual Report?

Berikut ini ada beberapa fungsi yang dimiliki pada annual report perusahaan yaitu :

1. Menyajikan data yang lengkap atas laporan neraca, serta laba rugi perusahaan

2. Menunjukkan informasi pencapaian perusahaan untuk satu tahun atau periode.

3. Memberikan daya tarik perusahaan di mata konsumen

4. Sebagai media pemasaran melalui integritas tulisan serta desain laporan.

5. Memberikan informasi deskripsi pekerjaan maupun fungsi setiap bidang kerja perusahaan.

Baca Juga : 4 Karakteristik Laporan Keuangan yang Harus Anda Tahu

Ketentuan Untuk Menyusun Annual Report

Menyusun annual report bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan secara cepat, biasanya orang profesional yang dapat menyusun laporan tahunan perusahaan. Tentu dalam menyajikan annual report bukanlah hal mudah, karena laporan tersebut juga berkaitan dengan laporan keuangan.

Oleh karena itu sebagai pebisnis mungkin membutuhkan seorang yang kompeten dalam menyusun semua transaksi menjadi laporan keuangan. Tidak perlu khawatir, kini Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembukuan dengan harga terjangkau dan dikerjakan oleh profesional berpengalaman di bidang akuntansi.

Dengan menyajikan laporan tahunan, Anda juga harus memperhatikan beberapa poin ketentuan susunan laporan yaitu :

1. Menyajikan laporan tahunan untuk ditujukan kepada calon investor, pemerintah, analis keuangan, karyawan, serta media massa.

2. Untuk memberikan informasi kepada publik atas prestasi atau kondisi keuangan yang diperoleh perusahaan dari tahun ke tahun.

3. Memberikan informasi penilaian yang melalui gambar grafik, foto dengan desain yang kreatif serta menarik.

4. Menyajikan pernyataan standar audit terhadap laporan keuangan, komentar pimpinan perusahaan, yang bertujuan agar manajemen dapat memenuhi visi dan misi perusahaan.

5. Laporan keuangan harus dikelompokkan berdasarkan laporan neraca, laba rugi, ekuitas pemegang saham, arus kas, catatan atas laporan keuangan, ringkasan keuangan, perkembangan perusahaan, surat kepada investor, hingga informasi mengenai karyawan dan direksi perusahaan.

Mengetahui Tahap Dalam Membuat Annual Report

Bagi setiap perusahaan yang tercatat dalam pasar saham akan mewajibkan annual report. Namun ada pula perusahaan yang tidak terlalu memahami tahap pembuatan annual reportnya, berikut ini beberapa tahap dalam membuat annual report yaitu :

1. Penjelasan Profil Perusahaan Serta Tambahan Ide Kreatif

Tahap awal membuat annual report ini merupakan keinginan perusahaan yang menyampaikan profil perusahaan yang berisikan informasi tujuan serta sasaran bisnis.

Selanjutnya yaitu menambah ide kreatif perusahaan dengan menambahkan tema pada bagian annual report serta tambahan data laporan kegiatan lainnya.

2. Memperbaharui Desain, Teknis Penulisan dan Tampilan

Teknik penulisan serta memperbaharui desain annual report merupakan format yang harus sesuai dengan konten tersebut sehingga tujuannya tersampaikan. Maka dari itu sebaiknya perusahaan dapat mengambil beberapa ide yang ditawarkan oleh ahli desain, seperti penentuan huruf, tampilan data angka, tabel dan infografis.

Namun jika kegiatan serta data perusahaan lebih banyak maka lebih baik di tampilkan dalam bentuk infografis, tetapi jika kegiatannya sedikit biasanya annual reportnya disertakan dengan bentuk tulisan yang panjang.

3. Copywriting, Penerjemahan Serta Jaminan Mutu Penulisan

Copywriting dengan penerjemahan merupakan pembuatan laporan yang saling berkaitan termasuk data yang dibentuk ke dalam tulisan sehingga mudah dibaca oleh publik.

Jika copywriting sudah dibuat maka tahap selanjutnya yaitu mengecek jaminan mutu penulisan apakah tulisan tersebut sudah layak dan tidak ada kesalahan informasi atau belum, sehingga pengecekan tersebut dapat dirubah sebelum annual report dicetak.

4. Memproduksi Contoh Report dan Memproses Pencetakan Akhir

Sebelum mencetak biasanya desain dan warna sudah ditetapkan dan dicetak dalam jumlah yang banyak, sehingga perusahaan ingin mengkonfirmasi contoh cetakan tersebut yang biasa disebut dummy.

Setelah contoh annual report tersebut sesuai, maka langkah selanjutnya yaitu memproses pencetakan akhir terhadap isi annual report perusahaan yang telah dikonfirmasi.

5. Penjaminan Mutu Cetakan dan Pengiriman

Dalam tahap akhir dari proses cetakan yaitu mengecek mutu dari kualitas dummy, dengan konfirmasi akhir cetakan annual report perusahaan. Sehingga ketika kesalahan pencetakan yang tidak sesuai dengan contoh tersebut masih tanggungjawab percetakan.

Selanjutnya pengiriman tersebut tidak dikirim hanya ke satu lokasi, akan tetapi ke banyak lokasi yang dikirim. Sehingga memerlukan waktu dalam mengemas annual report tersebut agar tidak terjadi kerusakan.

Baca Juga : Inilah Pengertian Laporan Keuangan Sesuai PSAK, Fungsi dan Contoh Praktisnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Contoh Annual Report (Laporan Tahunan)

Pada contoh annual report yang bisa diketahui melalui perusahaan tercatat yaitu, dengan memperhatikan studi kasus perusahaan Astra Agro Lestari yang merupakan isi annual report industri perkebunan secara singkat sebagai berikut ini :

1. Contoh Annual Report Laporan Posisi Keuangan

Contoh annual report lap. Posisi keuangan harmonyPin

2. Contoh Annual Report Laporan Laba Rugi Dan Penghasilan

Contoh annual report lap. Laba rugi harmonyPin

3. Contoh Annual Report Laporan Arus Kas Konsolidasian

Contoh annual report lap. Arus kas harmonyPin

Untuk mengetahui contoh annual report (laporan tahunan) secara lengkap bisa Anda peroleh melalui website Bursa Efek Indonesia, dengan mengklik pilihan laporan keuangan dan tahunan.

Setelah annual report dapat tersajikan seperti pembahasan diatas, maka perusahaan akan mudah untuk memberikan informasi kepada pihak eksternal atas setiap kegiatan operasional perusahaannya.

Hingga kini laporan ini berguna bagi pihak internal maupun eksternal dalam mengetahui kondisi keuangan serta kinerja perusahaan, di mana annual report bisa meyakinkan berbagai pihak untuk menguntungkan perusahaan di masa mendatang.

Dalam membuat annual report juga membutuhkan data laporan keuangan yang lengkap serta terperinci, untuk itu tentu Anda membutuhkan software akuntansi dalam membantu menghasilkan laporan keuangan secara akurat. Salah satu software akuntansi yang bisa menjadi opsi bagi bisnis Anda adalah Harmony.

Harmony adalah software pembukuan online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi lengkap dan mudah untuk digunakan. Melalui Harmony, laporan keuangan dapat diolah secara otomatis, real-time, hingga penyusunannya bisa kapanpun dan dimanapun. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK