Harmony Â» Blog Â» 

Terapkan Analisis Perbandingan Pada Pembukuan Bisnis Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 7, 2021

Masih merasa kesulitan dalam menganalisa keuangan bisnis Anda? Wajar, jika ada hal tersebut. Mungkin pembahasan mengenai analisis perbandingan ini bisa berguna sebagai bahan pertimbangan penyusunan kebijakan perusahaan terutama dalam peran akuntansi.

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan akuntansi atau keuangan, pastinya tidaklah asing dengan pembahasan ini karena memang dipelajari di jurusan secara intensif.

Analisis perbandingan adalah salah satu dari metode yang digunakan pada proses analisis laporan keuangan, yang pelaksanaannya lekat dengan kegiatan akuntansi keuangan.Click to Tweet

Namun, bagaimana jika belum mengetahui detail? Nah, semoga artikel di bawah ini bisa membantu Anda dalam mengenal lebih jauh analisis perbandingan yang berkaitan dengan akuntansi keuangan dan analisis laporan keuangan.

Definisi Analisis Perbandingan

Analisis perbandingan adalah salah satu dari metode yang digunakan pada proses analisis laporan keuangan, yang pelaksanaannya erat dengan kegiatan akuntansi keuangan.

Ada 2 cara perbandingan yang digunakan untuk menganalisis laporan keuangan yakni analisis vertikal dan analisis horizontal.

Definisi Analisis Perbandingan

Objek dari analisis perbandingan laporan keuangan ini bisa menggunakan laporan keuangan dari tahun ke tahun, laporan keuangan dari perusahaan yang memiliki performa terbaik, laporan keuangan perusahaan sejenis, rasio rata-rata di industri dan lainnya.

Contoh analisis horizontal adalah membandingkan laporan keuangan pada 2 periode atau lebih. Analisis horizontal ini bersifat dinamis, di mana hasil analisis laporan keuangan ini memperlihatkan tendensi perubahan yang dialami perusahaan, bagaimana prospek ke depannya dan performa perusahaan pada periode sebelumnya.

Sedangkan contoh analisis vertikal yakni membandingkan antara 1 pos dengan pos lainnya pada laporan keuangan. Analisis vertical ini bersifat statis, yakni hasil yang diperoleh hanya menunjukkan performa 1 periode tertentu tanpa diketahui perkembangannya selama ini.

Manfaat Analisis Perbandingan Bagi Pebisnis

Hasil analisis perbandingan laporan keuangan bisa menjadi pertimbangan saat ada investor yang akan menginvestasikan dananya pada perusahaan Anda. Sebelum melakukan investasi, biasanya calon investor akan mempertimbangkan dan memperhitungkan prospek ke depannya dengan matang.

Jika Anda sebagai pemilik perusahaan, melalui hasil analisis perbandingan laporan keuangan, Anda bisa mengetahui data valid tentang perubahan yang terjadi pada pos laporan keuangan, apakah terjadi penurunan atau kenaikan, apakah perubahan tersebut merugikan atau menguntungkan untuk perusahaan.

Dengan mengacu pada hasil analisis perbandingan, maka pebisnis dapat membuat perencanaan yang lebih baik untuk diterapkan pada periode selanjutnya. Dari hasil ini juga dapat menjadi dasar perumusan kebijakan-kebijakan yang ada di perusahaan.

[elementor-template id="26379"]

Mengelola Pembukuan Bisnis Dengan Aplikasi Harmony

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan melakukan analisis perbandingan akan memberikan manfaat yang besar bagi pelaku usaha dan perusahaan. Tak heran jika topik ini menjadi bahasan utama pada mata kuliah manajemen akuntansi keuangan karena memang sangat penting untuk dipahami.

Melalui metode analisis perbandingan dapat diketahui adanya perubahan aktiva atau aktiva baru, laba rugi yang bersifat insidentil atau operasional, perubahan nilai modal baik itu berkurang atau bertambah dan status utang piutang sebuah perusahaan. Dimana sebagai pengusaha Anda perlu mempersiapkan dan menyajikan laporan keuangan bulanan atau tahunan secara benar untuk kepentingan perusahaan.

Jika Anda membutuhkan software akuntansi yang memiliki fitur lengkap namun mudah digunakan, maka Anda dapat mencoba menggunakan Harmony.

Harmony adalah software akuntansi yang telah digunakan ribuan pengguna dari berbagai jenis bisnis. Harmony merupakan sistem cloud yang akan membantu proses pembukuan dalam bisnis Anda dengan lebih cepat dan efisien. Harmony mudah diakses kapanpun dan di manapun Anda berada.

Harmony juga dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari di sini.

Mau update info menarik dan penawaran terbaik kami selanjutnya? Ayo, follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini ya.

Tertarik mencoba? Segera gabung dengan Harmony dan nikmati gratis 30 hari untuk pembukuan lebih mudah, daftar di tautan ini. Jangan lupa follow Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk informasi yang lebih detail.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram