Akuntansi Sektor Publik : Kenali Pengertian, Tujuan dan Karakteristiknya
Harmony Blog
Accounting
Akuntansi Sektor Publik : Kenali Pengertian, Tujuan dan Karakteristiknya
January 18, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mengenal akuntansi sektor publik tentu sangat penting bagi pihak-pihak yang terlibat dalam akuntansi, keuangan, dan perpajakan, khususnya bagi yang bekerja di instansi pemerintah. Bidang akuntansi merupakan kajian yang sangat luas dan kompleks. Bukan hanya mengenalkan prinsip akuntansi dan persamaan dasar akuntansi saja.

Tetapi, ada banyak kajian yang sangat penting yang harus diaplikasikan dalam berbagai bidang. Misalnya akuntansi sektor publik dan akuntansi keuangan publik. Adanya akuntansi sektor publik akan membantu manajemen keuangan untuk melakukan kontrol dan pelaksanaan pertanggungjawaban untuk masing-masing divisi.

Akuntansi sektor publik bertugas untuk mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasi, menganalisis, dan membuat laporan keuangan bagi pihak yang membutuhkan.

Setiap jenjang dalam instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tentu membutuhkan alat untuk pertanggungjawaban lembaga publik atau kemasyarakatan. Akuntansi sektor publik dapat dipakai sehingga pengelolaan keuangan setiap instansi menjadi lebih transparan.

Pengertian Akuntansi Sektor Publik

Pengertian akuntansi sektor publik dapat dipahami sebagai suatu proses untuk mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasi, menganalisis, dan membuat laporan keuangan bagi perusahaan dalam menyajikan informasi keuangan kepada pihak yang memerlukan.

Dari pengertian tersebut, maka bisa diketahui salah satu tujuan akuntansi sektor publik adalah untuk memberikan transparansi kepada publik agar hak-hak publik dapat terpenuhi.

Akuntansi sektor publik sangat menekankan pemeriksaaan serta sistem akuntansi yang sangat terstruktur. Standar sistem akuntansi negara atau lembaga pemerintah membuat akuntansi sektor publik yang disesuaikan dengan standar akuntansi setiap lembaga. Misalnya lembaga pemerintah daerah, lembaga pemerintah pusat, lembata kesehatan daerah, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Tahapan dalam Siklus Akuntansi Yang Wajib Diketahui

Ukuran dan penilaian terhadap kinerja sektor publik menjadi titik berat dalam pengembangan akuntansi. Tekanan tersebut bisa terjadi pada efektivitas manajemen serta efisiensi keuangan yang menjadi titik fokus utama.

Akuntansi sektor publik juga harus memiliki standar yang tepat, sehingga bisa terjadi kontrak kesepakatan antara penyusun, pemakai, dan pemeriksa informasi tersebut.

Beberapa ahli memiliki pendapat yang sedikit berbeda mengenai pengertian akuntansi sektor publik. Misalnya Dwi Ratmono (2015) yang memberikan pemahaman bahwa pengertian akuntansi sektor publik adalah proses dalam mengidentifikasikan, mengukur, mencatat, dan melaporkan transaksi keuangan yang terjadi di dalam entitas pemerintah daerah. Tujuan akuntansi sektor publik tersebut adalah untuk pengambilan keputusan ekonomi yang diperlukan oleh pihak eksternal.

Sementara itu, Erlina (2015) memberikan pemahaman yang berbeda. Akuntansi sektor publik diartikan sebagai akuntansi yang digunakan untuk mencatat peristiwa ekonomi pada organisasi non profit atau nirlaba. Akuntansi sektor publik banyak dipakai oleh organisasi sektor publik, seperti partai politik, masjid, puskesmas, rumah sakit, sekolah, universitas, LSM, dan pemerintah pusat.

Jika merujuk dari pengertian kedua pendapat tersebut, akuntansi sektor publik hanya berlaku untuk entitas yang melibatkan pertanggungjawaban terhadap kemasyarakatan yang cukup luas.

Tujuan Akuntansi Sektor Publik

Jika merujuk pada American Accounting Association (1970), ada 2 tujuan akuntansi sektor publik yang paling diutamakan, yaitu sebagai kontrol manajemen dan akuntabilitas. Tujuan Kontrol manajemen berarti untuk memberi informasi yang sesuai dengan kebutuhan dalam pengelolaan suatu organisasi yang cepat, efisien, tepat, dan ekonomis.

Dasar untuk melakukan tujuan tersebut adalah operasional dan menggunakan sumber daya yang dialokasikan dalam suatu organisasi.

custom-form-newsletter

Sementara itu, akuntabilitas berarti tujuan menyajikan informasi yang bermanfaat untuk manajer sektor publik agar dapat digunakan dalam pelaporan pelaksanaan tanggung jawab divisi yang berada di bawah wewenang manajemen tertentu. Tujuan akuntansi sektor publik dari segi akuntabilitas bisa juga untuk pelaporan aktivitas terhadap publik atas operasional pemerintah dalam menggunakan dana atau anggaran publik.

Apa Saja Karakteristiknya?

Jika dilihat dari penggunaannya, akuntansi sektor publik lebih sering diaplikasikan oleh lembaga pemerintah daerah, lembaga pemerintah pusat, dan lembaga-lembaga yang bernaung di bawahnya. Dengan demikian, dapat diketahui beberapa karakteristik akuntansi sektor publik, yaitu:

• Berfokus pada sifat lembaga atau organisasi non profit yang tidak bertujuan untuk menghasilkan laba.

• Berfokus pada tujuan lembaga yang hanya menyajikan informasi pelayanan kepada publik untuk kesejahteraan bersama.

• Bergerak pada lingkungan yang turbulence serta kompleks.

Akuntansi sektor publik berkenaan dengan kondisi dan pelaporan keuangan untuk setiap lembaga atau instansi yang bersifat kemasyarakatan. Dalam praktiknya, setiap instansi tetap melibatkan pembukuan dan laporan keuangan. Maka itu, ketika Anda terlibat dalam organisasi atau instansi publik, sangat penting untuk menyajikan laporan keuangan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menggunakan software akuntansi Harmony. Laporan keuangan yang dibuat lebih akurat, mudah dimengerti, serta efisien ketika perusahaan membutuhkan laporan keuangan. Daftar di sini sekarang, dan nikmati keunggulan Harmony Accounting Software GRATIS 30 hari. Info terupdate lainnya, pastikan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/