Harmony » Blog » 

Akun Nominal dan Akun riil, Apa Saja Bedanya Dalam Akuntansi

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 18, 2021

Akun riil dan akun nominal menjadi salah satu bagian penting dalam siklus akuntansi. Selama pencatatan laporan keuangan, akun riil dan akun nominal akan terus disimpan hingga setahun masa periode fiskal. Tak hanya itu, pada  persamaan dasar akuntansi, akun riil dan akun nominal sering disebutkan. Terutama, dalam kaitannya dengan kewajiban, ekuitas, dan aset.

Nominal account atau akun nominal adalah suatu akun yang transaksinya disimpan dalam satu tahun periode fiskal akuntansi.Click to Tweet

Ketika mencatat dalam laporan neraca, akun riil dan akun nominal juga diseimbangkan di sisi debit dan kredit. Debit biasanya ada di sebelah kiri buku besar, sementara kredit ada di sebelah kanan.

Akun Nominal Adalah

Nominal account adalah suatu akun yang transaksinya disimpan dalam satu tahun periode fiskal akuntansi. Ketika tutup buku atau akhir periode fiskal, nantinya jumlah saldo yang ada dalam akun-akun tersebut dipindahkan ke akun secara permanen.

Dengan perpindahan ini, maka saldo nominal account adalah nol. Setelah itu, dapat dipersiapkan kembali untuk menerima sejumlah transaksi-transaksi baru pada periode tahun fiskal selanjutnya.

Akun Nominal Adalah

Nominal account atau akun nominal adalah unsur penting dalam siklus akuntansi yang dipakai untuk mengumpulkan informasi terkait transaksi akuntansi. Agar bisa ditampilkan pada laporan laba rugi. Termasuk berapa besaran pendapatan, pengeluaran, keuntungan, kerugian, dll.

Sedangkan, contoh nominal account atau akun nominal adalah pendapatan dari penjualan barang atau jasa, harga pokok penjualan, serta kerugian penjualan aset. Kesemua transaksi tersebut adalah contoh nominal account yang dicatat dalam neraca keuangan.

Saat saldo dalam nominal account dihapus pada periode akhir tahun fiskal, saldo bisa dipindahkan langsung ke akun laba ditahan.

Baca juga : Neraca Saldo : Pengertian Lengkap, Jenis Dan Contoh Praktisnya

Klasifikasi Akun Dalam Akuntansi

Ada banyak transaksi yang terjadi selama operasional bidang usaha berjalan. Untuk mempermudah pembukuan keuangan, masing-masing transaksi keuangan dicatat sesuai klasifikasinya.

Sebagai contoh, ketika ada pengeluaran atau penerimaan yang masuk, maka uang dicatat dalam lembaran akun kas. Account atau akun adalah tempat pencatatan transaksi keuangan yang bisa mengubah aset, kewajiban, modal, beban, dll. Maka itu akun perlu dikelompokkan atau diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Akun Nominal

    Seperti yang sudah dijelaskan, nominal account adalah akun sementara yang dicatat pada laporan laba rugi. Berisi laporan pendapatan dan beban. Secara sederhana, nominal account atau akun nominal adalah akun yang meliputi keuntungan, pendapatan, kerugian, serta pengeluaran usaha.

  • Akun Riil (Tetap)

    Sedangkan, akun riil adalah akun yang bersifat tetap. Berisi tentang catatan transaksi dalam neraca keuangan. Saldo yang tercatat pada akun riil akan tetap ditulis pada tiap periode fiskal. Ada 3 kelompok akun riil, antara lain: modal, kewajiban, dan harta.

    [elementor-template id="26379"]

Apa Bedanya Akun Riil Dan Akun Nominal?

Untuk membuat perbedaan antara akun riil dan nominal account, ada sejumlah parameter yang perlu diketahui, berikut di antaranya:

  1. Seperti yang diketahui, nominal account atau akun nominal adalah selalu dimulai dengan saldo nol dan diakhir dengan saldo nol. Sementara, saldo dalam akun riil tidak kembali ke nol pada akhir tahun fiskal. Dan saldo akun riil tahun lalu dapat diteruskan ke tahun fiskal selanjutnya.
  2. Perbedaan akun riil dan nominal account berikutnya adalah pencatatan akun. Kalau nominal account atau akun nominal dimasukkan dalam akun laporan laba rugi. Yaitu akun untuk mencatat pengeluaran, laba, pendapatan, dan kerugian. Sebaliknya, akun riil terkait dengan akun neraca. Yaitu akun untuk mencatat kewajiban, ekuitas pemilik, dan aset.
  3. Pada setiap akhir tahun anggaran, saldo dalam rekening nominal account atau akun nominal (rekening sementara) dipindahkan ke rekening akun riil untuk perubahan bersih selama tahun buku. Dalam kata lain, aturan akun nominal atau nominal account disetel ulang ke nol, dan saldo diteruskan ke akun riil.
  4. Pencatatan entry dalam akun nominal atau nominal account sesuai dengan entri jurnal tentang waktu dan tanggal.

Semoga pembahasan tentang akun riil dan nominal account serta perbedaannya di atas bisa mudah dipahami, ya. Di zaman sekarang, sudah bukan saatnya, melakukan pembukuan berbasis kertas atau mengetik satu per satu yang riskan kesalahan manual.

Tingkatkan pembukuan bisnis Anda menjadi lebih cepat, akurat, dan modern, bersama Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony mendukung aktivitas akunting seperti pembuatan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan stok barang, smart invoicing, dan masih banyak lagi. Siap untuk transformasi pembukuan bisnis yang lebih rapi, sistematis, dan otomatis? Pakai Aplikasi Harmony secara GRATIS selama 30 hari, klik tautan ini.

Fitur-fitur detail lainnya bisa lihat dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram