Akun Kontra : Apa itu, dan Jenis-Jenisnya dalam Akuntansi?
Harmony Blog
Accounting
Akun Kontra : Apa itu, dan Jenis-Jenisnya dalam Akuntansi?
January 19, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Di dalam kajian akuntansi terdapat akumulasi penyusutan (accumulated depreciation) yang berupa biaya perolehan atas aktiva tetap yang dialokasikan ke penyusutan sejak aktiva tersebut diperoleh. Akumulasi penyusutan merupakan salah satu bentuk akun kontra terhadap aktiva tetap.

Akun kontra adalah akun yang letak saldo normalnya berbeda atau akun yang menempati posisi berlawanan dalam debet dan kredit dalam satu golongan akun.

Namun, tahap siklus akuntansi yang begitu banyak menyebabkan akun kontra yang ada bisa berbeda untuk setiap persamaan dasar akuntansi dan laporan keuangan. Intinya, saldo pada posisi penempatan yang berbeda dalam debet dan kredit dari akun yang satu golongan bisa dinyatakan sebagai akun kontra.

Pengertian Akun Kontra

Akun kontra adalah akun-akun yang dapat mengurangi nilai akun terkait. Di dalam laporan keuangan, akun kontra akan berpasangan dengan akun yang dikontrakan. Contoh contra account bisa dilihat dari akun-akun yang bersifat mengurangkan aset dengan saldo kredit. Akun tersebut termasuk kontra akun aset. Selain itu contoh contra account bisa juga dilihat dari akun kontra kewajiban atau akun kontra hutang yang bisa meningkatkan saldo debit.

Baca Juga : 10 Prinsip Akuntansi dan Penjelasannya

Di dalam akuntansi, akun merupakan media yang menjadi tempat untuk mencatat transaksi keuangan. Adanya akun akan mengakibatkan perubahan pada harta, utang, modal (ekuitas), pendapatan, dan biaya beban.

Jadi, akun kontra adalah akun yang letak saldo normalnya berbeda atau akun yang menempati posisi berlawanan dalam debet dan kredit dalam satu golongan akun.

Jenis-Jenis Akun Kontra

Umumnya, akun kontra dapat ditemukan dalam setiap laporan akuntansi atau keuangan. Hanya saja tidak dijelaskan dan diberi tanda khusus sebuah akun dinyatakan sebagai akun kontra. Namun, jika membaca sebuah laporan keuangan, maka akan dilihat beberapa akun memiliki sifat akun kontra.

Jenis dari akun kontra pada dasarnya ada 2, yaitu akun kontra ekuitas dan akun kontra pendapatan. Akun kontra tergolong akun kontra ekuitas jika bersifat mengurangi ekuitas.

Sedangkan, akun kontra akan tergolong akun kontra pendapatan jika bersifat mengurangi pendapatan. Dari kedua jenis akun tersebut tersebut, maka akan ada beberapa bentuk akun kontra lainnya seperti :

• Allowance for Doubtfull Debt (ADD) atau Cadangan Kerugian Piutang yaitu aktiva yang terbentuk setelah adanya penyesuaian atas kerugian piutang.

• Accumulated Depreciation atau Akumulasi Penyusutan sebagai akun yang akan mendampingi harta tetap berwujud dan diletakkan di dalam kredit meskipun tergolong aktiva.

• VAT in atau PPN yang masuk ke Liability menjadi akun kontra yang bersaldo debet karena jumlahnya mengurangi VAT out atau PPN Keluaran.

• Drawing atau Prive, yaitu pengambilan modal pemilik untuk kepentingan pribadinya yang tergolong akun ekuitas atau akun yang masuk ke modal (Jumlah berada di debet, sementara modal selalu berada di kredit).

custom-form-newsletter

• Dividen, yaitu keuntungan dari saham yang berada pada debet dan masuk ke golongan ekuitas.

• Sales Return atau pengembalian penjualan yang masuk ke dalam akun penjualan dan jumlahnya mengurangi penjualan kotor sehingga menghasilkan penjualan bersih.

• Sales Discount atau Potongan Penjualan yang masuk ke kelompok akun penjualan, namun letaknya berada di debet.

• Purchase Return atau pengembalian pembelian yang bisa mengurangi jumlah HPP ditulis pada kredit, sementara HPP berada di posisi debet.

• Purchase Discount atau potongan penjualan yang bisa menyebabkan pembayaran utang yang tepat atau kurang dari tanggal jatuh tempo.

Dari beberapa jenis akun kontra di atas, Anda harus benar-benar teliti saat memasukkannya ke dalam neraca, jurnal, atau laporan keuangan. Akun kontra akan berdampak terhadap kondisi keuangan perusahaan. Salah dalam mencatat, maka akan berdampak terhadap pencatatan laporan keuangan yang tidak akurat. Maka dari itu, pastikan laporan keuangan Anda bisa menyajikan setiap akun kontra dengan benar.

Software akuntansi Harmony adalah pilihan yang tepat bagi Anda untuk menghindari ketidaksesuaian akibat adanya akun kontra dalam neraca saldo dan kredit usaha Anda. Fitur-fitur yang tersedia sangat lengkap sehingga memungkinkan laporan keuangan Anda tidak akan mengalami ketidaksesuaian.

Inilah, saatnya bagi Anda untuk meninggalkan pembukuan manual dan beralih kepada Software akuntansi Harmony yang bisa diintegrasikan. Dengan daftar di sini sekarang, Anda dapat menikmati semua fiturnya GRATIS 30 Hari. Jangan ragu lagi, buktikan semua fungsi fitur-fiturnya untuk menunjang laporan keuangan bisnis Anda. Atau ikuti akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar Anda mendapatkan info terupdate lainnya.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/