Harmony Blog

Acid Test Ratio, Apa itu dan Bagaimana Menghitungnya Dalam Pembukuan?

Diposting Apr 19th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Acid Test RatioPin

Untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek diperlukan rasio perhitungan yang tepat. Dalam hal ini, perusahaan biasanya memperhitungkan rasio lancar, debt to assets ratio, quick ratio, maupun acid test ratio. Setiap rasio keuangan memiliki cara perhitungannya masing-masing dalam menilai kemampuan suatu perusahaan.

Acid test ratio adalah rasio keuangan yang dihitung dengan mempertimbangkan aset cepat yang dimiliki perusahaan.Click to Tweet

Apa Itu Acid Test Ratio?

Acid test ratio adalah salah satu rasio atau indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar liabilitas lancarnya. Liabilitas lancar yaitu utang-utang ataupun kewajiban perusahaan yang harus segera dilunasi menggunakan aktiva lancar dalam jangka waktu pendek, yakni kurang dari satu tahun.

Acid test ratio adalah rasio keuangan yang dihitung dengan mempertimbangkan aset cepat yang dimiliki perusahaan. Hal ini karena acid test ratio adalah rasio keuangan untuk menentukan kemampuan perusahaan dalam melunasi semua kewajiban jangka pendeknya menggunakan aset cepat. Aset cepat ini merupakan aset perusahaan yang sangat mudah dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu yang singkat, contohnya seperti berbagai macam surat berharga yang dimiliki perusahaan.

Dengan adanya acid test pihak investor akan mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kemampuan jangka pendeknya. Acid test dihitung dengan menjumlahkan total kas dan setara kas, investasi jangka pendek, dan piutang usaha kemudian membagi hasilnya dengan liabilitas lancar (kewajiban lancar) perusahaan. Semakin tinggi rasio, maka akan semakin baik tingkat likuiditas suatu perusahaan.

Bagaimana Cara Menghitung Acid Test Ratio?

Rumus menghitung acid test ratio adalah dengan menjumlahkan kas dan setara kas ditambah investasi jangka pendek seperti surat berharga (marketable securities) maupun aset lancar yang likuid ditambah piutang usaha (accounts receivable).

Setelah itu, hasil perhitungannya dibagi dengan liabilitas lancar (kewajiban lancar). Berikut penulisannya secara matematis.

Acid Test Ratio = (Kas dan Setara Kas + Surat Berharga + Piutang Usaha) / Liabilitas Lancar

Menghitung acid test ratioPin

Contoh Perhitungan

Secara sederhana dapat kita misalkan suatu perusahaan memiliki saldo kas dan setara kas sebesar Rp200.000, surat berharga sebesar Rp500.000, piutang usaha sebesar Rp800.000. Sedangkan liabilitas lancar perusahaan adalah Rp1.000.000. Maka berapa acid test perusahaan tersebut?

Jawab:

Kas dan setara kas = Rp200.000

Surat berharga = Rp500.000

Piutang usaha = Rp800.000

Liabilitas lancar = Rp1.000.000

Maka,

Acid Test Ratio = (Kas dan Setara Kas + Surat Berharga + Piutang Usaha) / Liabilitas Lancar

Acid Test Ratio = (Rp200.000 + Rp500.000 + Rp800.000) / Rp1.000.000

Acid Test Ratio = Rp1.500.000 / Rp1.000.000 = 1,5

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Arti Angka Acid Test Ratio?

Angka acid test ratio yang tinggi (lebih dari 1,0) menunjukkan bahwa perusahaan memiliki tingkat likuiditas yang semakin baik. Hal ini berarti perusahaan tersebut mampu membayar liabilitas lancarnya dalam jangka pendek atau selama satu tahun. Perusahaan dengan acid test yang tinggi membuktikan perusahaan tersebut memiliki kecepatan dan ketepatan dalam memutar persediaan dan konversi kas serta penagihan piutang yang efektif.

Sebaliknya, jika angka acid test ratio kurang dari 1, maka hal ini menunjukkan  bahwa aset likuid yang dimiliki perusahaan tidak cukup untuk membayar kewajiban lancarnya. Hal ini berarti perusahaan sangat bergantung kepada persediaan untuk dapat memenuhi kewajiban lancarnya. Dalam hal ini perusahaan terkendala masalah likuiditas.

Sama halnya acid test yang bisa menjadi indikator likuiditas perusahaan. Proses pembukuan keuangan yang rapi, sistematis, dan modern, juga menunjukkan profesionalisme serta kehandalan perusahaan.

Software Akuntansi Harmony membantu menyederhanakan tugas tim keuangan dalam mengelola pembukuan agar lebih efisien dan efektif. Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Bukan hanya itu 20+ laporan keuangan secara realtime bisa Anda dapatkan. Contohnya Executive Summary Report, di mana Anda bisa menggunakan laporan ini untuk analisa keuangan menggunakan hasil rasio keuangan yang sudah kami berikan. Pakai GRATIS di sini Software Akuntansi Harmony dalam 30 hari untuk membuktikan keunggulan fitur-fiturnya.

Aplikasi Harmony juga hadir di media sosial untuk update penawaran spesial dan info-info seputar bisnis yang menarik tiap hari. Ayo, follow akun media sosial Harmony di link Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony