Harmony Blog

Account Payable – Pahami Istilah Akuntansi Ini Selengkapnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

account payablePin

Ada banyak hal yang perlu diketahui oleh pelaku bisnis dalam tahap siklus akuntansi usaha yang dilakukan. Termasuk kajian yang lebih rinci mengenai mengenai account payable atau akun hutang dagang. Keberadaan account payable akan sangat berpengaruh terhadap debit dan kredit dalam akuntansi, khususnya ketika Anda akan menyusun neraca dan laporan keuangan lainnya.

Account payable adalah kewajiban perusahaan kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu yang terjadi karena terdapat transaksi pembelian yang dibayar secara kredit.

Bisa dibilang account payable dan account receivable merupakan akun-akun yang menjadi unsur penting dalam laporan keuangan usaha. Berikut ini, kajian yang tidak bisa Anda lewatkan mengenai account payable dalam bisnis.

Pengertian Account Payable

Account payable adalah kewajiban perusahaan kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu yang terjadi karena terdapat transaksi pembelian yang dibayar secara kredit. Faktor lain yang menyebabkan account payable adalah pembelian dengan metode pembayaran Down Payment (DP) atau uang muka. Account payable juga mungkin saja terjadi karena perusahaan melakukan pembayaran sebelum barang diterima.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Persamaan Dasar Akuntansi  dan Contohnya

Beberapa contoh kegiatan lain yang menyebabkan adanya account payable misalnya hutang dagang perusahaan untuk membeli bahan baku untuk produksi. Dalam siklus akuntansi, account payable akan tercatat ketika barang sudah diterima oleh pembeli dan bukan saat terjadi transaksi.

Peran Staff Account Payable

Di dalam perusahaan, permasalahan account payable ditangani oleh divisi khusus, yaitu staff account payable atau account payable officer. Ada banyak peran dari staff account payable, antara lain :

• Memastikan keseimbangan cash flow perusahaan dengan berkoordinasi secara menyeluruh terhadap bagian dari supply chain atau rantai supply.

• Memastikan setiap dokumen dan arsip-arsip yang berkaitan dengan pembelian perusahaan telah dianalisa dengan baik.

• Memastikan setiap pembelian yang dilakukan oleh perusahaan selalu dicatat dengan baik dan benar.

• Memastikan pembayaran terhadap barang yang sudah diterima oleh perusahaan telah diawali dengan kesepakatan.

• Memastikan laporan secara periodik terkait pembelian perusahaan dan dilaporkan pada manajer atau supervisor untuk dipertanggungjawabkan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pentingnya Utang Usaha Bagi Perusahaan

Account payable sangat penting bagi sebuah perusahaan, bahkan akan berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan terkait. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda dan staff account payable untuk selalu memeriksa secara teratur. Perusahaan harus mengetahui dan memahami tanggung jawab yang harus diselesaikannya, yaitu membayar dan melunasi sisa hutang.

Agar hutang tidak menumpuk dan membuat perusahaan mengalami kerugian, sebaiknya hutang segera dilunasi ketika suatu barang atau produk telah diterima. Dengan cara demikian, maka akan meringankan beban dan proses bisnis dengan pihak klien akan selalu berjalan dengan lancar.

Begitu pentingnya account payable, maka pencatatannya tidak boleh mengalami kesalahan. Jika perusahaan mengalami kesalahan fatal dalam mencatat account payable, maka dipastikan akan memperburuk situasi keuangan usaha.

Perusahaan bisa saja mengalami kerugian dan hubungan dengan klien tidak lagi baik. Maka dari itu, untuk mengurangi adanya kesalahan ketika pencatatan account payable, Anda dan staff account payable yang bertanggung jawab harus menerapkan metode pencatatan yang lebih mudah.

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi yang dapat melakukan pekerjaan akuntan, termasuk dalam mengelola account payable. Untuk memudahkan pencatatan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan mudah, Anda bisa mencatat semua pengeluaran, pemasukan, hutang dagang, dan setiap transaksi yang terjadi dalam siklus akuntansi usaha Anda.

Software akuntansi Harmony yang sangat profesional ini bisa Anda manfaatkan sekarang juga. Nikmati layanan gratis uji coba selama 30 hari. Yuk, klik di sini sekarang atau untuk info lengkapnya bisa cek juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

 Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK