Harmony » Blog » 

7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Efisien

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 24, 2019

Pemasaran produk adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis, namun banyak sekali strategi pemasaran produk yang dapat diterapkan oleh para pengusaha maupun perusahaan di jaman yang serba canggih ini. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien.

Bagaimana menerapkan pemasaran produk yang menghasilkan namun tidak memakan waktu, tenaga, dan banyak biaya?

Berikut adalah 7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Efisien:


1. Kenali Siapa Calon Pelanggan Anda

Dalam strategi pertama ini, anda harus mengenali siapa calon pelanggan Anda. Bagaimana cara mengenali calon pelanggan Anda? Mudah, pikirkan siapa saja yang akan membeli produk anda nanti, dan kelompokkan, misal dari usia, gender, hobi, apapun itu yang akan tertarik dengan produk Anda, ketika anda sudah tahu dari kalangan mana saja yang akan membeli produk Anda, fokus pada calon pelanggan tersebut.

Dengan mengetahui siapa calon pelanggan Anda, Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga sehingga lebih terfokus dengan sasaran Anda.


2. Memiliki Produk Berkualitas

Mempunyai produk berkualitas pasti akan membuat Anda bangga dan dengan senang hati menjualnya ditambah sesuai dengan apa yang calon pelanggan Anda inginkan, Strategi kedua dalam strategi pemasaran produk ini adalah membuat produk Anda berkualitas.

Jika anda belum mempunyai produk sendiri atau masih menjual produk orang lain, setidaknya Anda harus memikirkan mengemas produk Anda dengan baik agar terlihat bagus dan berkualitas, jadi sangat penting untuk membuat produk yang berkualitas. Lanjut ke Strategi Pemasaran berikutnya.


3. Strategi Pemasaran Dengan Membuat Penawaran Menarik

Pilih mana, beli Mobil BMW gratis Payung atau beli Payung gratis BMW? Pasti Anda memilih beli payung gratis BMW ya, itulah contoh Strategi Pemasaran ketiga, Buat penawaran menarik. Penawaran menarik ini bisa dilakukan dengan banyak hal, misal dengan memberi diskon, membundling produk Anda, atau memberikan promo “Buy One Get One Free”.

[elementor-template id="26379"]


4. Memilih Lokasi Pemasaran yang Tepat

Tempat strategis masih menjadi salah satu strategi yang patut dipertimbangkan agar strategi pemasaran produk yang anda lakukan efektif dan efisien, karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi, rasanya mustahil dapat menjual produk di tempat yang sepi dan tidak banyak orang berlalu lalang.


5. Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Tenaga Pelanggan

Strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien ke lima ini adalah dengan memanfaatkan tenaga pelanggan Anda yang sudah loyal. Anda bisa menawarkan sistem bagi hasil bagi pelanggan yang mau menawarkan produk Anda ke konsumen lain. Jaringan pemasaran pelanggan ini akan jadi ladang keuntungan bagi Anda tanpa harus mengeluarkan waktu dan biaya pemasaran sendiri.

Dalam Strategi Pemasaran Produk ini Anda bisa membuat skema seperti bisnis MLM atau membuat pasukan Reseller, menawarkan komisi saat pelanggan Anda berhasil memasarkan produk dan menjadikannya Mitra atau Reseller Anda.


6. Strategi Pemasaran Media Online

Hampir sebagian masyarakat kita sudah pasti punya gadget atau smartphone masing-masing. Ini harus masuk ke daftar strategi pemasaran produk Anda. Anda bisa melakukan pemasaran atau memasang iklan di website, marketplace atau beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Untuk melakukan pemasaran produk di Online Anda juga dapat mengunjungi marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, atau sejenisnya yang bisa Anda gunakan secara gratis atau berbayar bila ingin menikmati fitur premium.


7. Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Pelanggan Anda

Ini sangat penting sebab dapat menarik pelanggan anda untuk dapat bertransaksi kembali. Tanggapi feedback-feedback yang mereka berikan dan dengar masukan-masukannya. Anda bisa meminta testimoni-tesmoni tentang produk anda kepada mereka dan memberikan semacam reward diskon belanja kepada mereka.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, pelanggan akan merasa dihargai oleh perusahaan anda. Ini akan menjadikan perusahaan anda sangat baik di mata mereka dan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan melakukan pemasaran produk anda kepada kerabat-kerabat mereka.

Setelah strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien ini berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis pun akan terus berkembang.

Harmony adalah software akuntansi online yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis atau perusahaan Anda lebih baik. Dengan Harmony, Anda  dapat melakukan penyimpanan dan pengecekan catatan keuangan bisnis kapan saja dan dimana saja secara mudah walaupun Anda tidak memiliki background sebagai seorang akuntan sekalipun. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga untuk mendapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari klik disini

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram