Harmony Blog

5 Unsur Komunikasi, Elemen dan Fungsinya Bagi Bisnis

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

unsur komunikasiPin

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan unsur komunikasi yang jelas, maka Anda bisa menyampaikan dan menerima pesan dengan orang lain. Lebih jelasnya, komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih dengan keterlibatan proses pengiriman dan penerimaan pesan dari pihak komunikator kepada komunikan.

Komunikasi yang baik itu terjadi dalam dua arah di mana ada tanggapan yang diperoleh.

Pihak komunikator adalah pemberi pesan atau pembawa sumber informasi. Sedangkan komunikan adalah si target pesan atau penerima. Berdasarkan pengertian ini maka Anda harus memahami bahwa ada beberapa unsur komunikasi yang mempengaruhi. Setiap unsur komunikasi memiliki peranan yang penting dan tidak bisa ditinggalkan. Hal seperti ini juga penting di dukung dengan sistem informasi manajemen yang baik dalam perusahaan.

Pahami 5 Unsur Komunikasi dalam Bisnis

Unsur komunikasi bisnisPin

Ilmu komunikasi menjadi salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh pebisnis dan juga manajemen perusahaan. Tanpa komunikasi yang baik maka ini akan berdampak negatif pada bisnis yang dijalankan. Tujuan komunikasi bisnis sendiri adalah untuk memberikan informasi, melakukan persuasi hingga melakukan kolaborasi.

Agar Anda bisa mencapai tujuan komunikasi ini maka proses komunikasi harus dilakukan dengan baik. Penerapan komunikasi ini juga sangat berkaitan dengan penerapan untuk mencapai KPI (Key Performance Indikator) dalam perusahaan.

Lalu bagaimana dengan fungsi komunikasi bisnis? Setidaknya ada 4 jenis fungsi komunikasi bisnis yaitu:

• Informatif agar karyawan bisa menjalankan tugas dengan baik

• Regulatory untuk mengendalikan dan mengatur jalannya suatu organisasi

• Persuasif agar pihak satu dan lainnya bisa saling memberi masukan dan menerima ide dari orang lain

• Integratif agar perusahaan bisa berjalan dengan baik dan sistem komunikasi terbentuk secara utuh.

Nah, untuk itulah penting bagi Anda memahami unsur komunikasi agar komunikasi yang dilakukan bisa efektif. Sayang kan jika proses komunikasi sudah dilakukan namun pesan tidak tersampaikan?

Berikut adalah 5 unsur komunikasi bisnis yang perlu Anda pahami:

1. Komunikator

Unsur komunikasi bisnis dan personal yang pertama adalah komunikator atau mungkin Anda lebih familiar dengan sebutan penyampai pesan. Pihak komunikator ini befungsi sebagai sumber informasi atau informan.

Dalam komunikasi, komunikator harus mampu menyampaikan pesan dengan baik. Karena kemampuan si komunikator akan berpengaruh pada berhasil tidaknya suatu komunikasi.

Beberapa skill yang harus dimiliki oleh komunikator adalah mampu menyusun pesan dengan baik, memiliki teknik bicara dan menulis yang baik, berwawasan luas, mampu memilih media komunikasi yang tepat hingga mampu mengantisipasi gangguan yang muncul. Komunikator juga harus bisa memberikan tanggapan atas respon dari lawan bicara (komunikan).

2. Pesan

Unsur komunikasi bisnis dan personal selanjutnya adalah pesan. Ini adalah informasi, berita atau ide yang ingin disampaikan oleh pihak komunikator ke pihak komunikan. Pada dasarnya, pesan terdiri dari pesan informatif, pesan persuaif dan pesan koersif.

Pesan koersif adalah pesan dengan sifat memaksa. Contoh komunikasi bisnis di sini adalah penyampaian peraturan pegawai. Beberapa jenis perusahaan membuat peraturan ini harus ditaati dan ada hukuman atau penalti jika dilanggar.

Pesan persuasif adalah pesan yang bersifat membujuk. Tujuan komunikasi dengan pesan persuasif ini adalah untuk merubah sikap komunikan. Contohnya adalah iklan produk.

Pesan informatif yang berisi keterangan, fakta dan info lainnya. Contoh dari pesan ini adalah info tentang musibah yang terjadi dan bantuan apa saja yang dibutuhkan oleh pengungsi.

3. Komunikan

Jika tidak ada komunikan atau penerima pesan, maka komunikasi hanya searah. Padahal komunikasi ini membutuhkan tanggapan atau respon dari target atau penerima pesan. Komunikan di sini bisa berupa kelompok, individu atau organisasi lain.

Agar tujuan komunikasi bisa tercapai dengan baik maka seorang komunikan harus memiliki kecakapan komunikasi yang baik. Selain itu sifat dan pengetahuan yang dimiliki oleh komunikan juga ikut berpengaruh terhadap hasil komunikasi. Kondisi atau keadaan lahiriah komunikan juga bisa mempengaruhi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Media Komunikasi

Unsur komunikasi selanjutnya yang tak kalah penting adalah media komunikasi. Ini adalah saluran atau sarana yang akan digunakan komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan. Media yang digunakan di sini sebenarnya tergantung pada jenis pesannya. Apakah pesannya berupa visual, audio atau tulisan.

Seorang komunikator harus mampu memilih media mana yang cocok dengan pesan yang akan disampaikan. Pemilihan media yang salah tentunya membuat pesan tidak tersampaikan dengan baik. Setidaknya ada dua jenis media yang bisa dipilih:

• Media personal (WhatsApp, Telegram, media sosial pribadi dll.)

• Media massa (koran, radio hingga televisi)

Pemilihan media massa dan personal ini bergantung pada tujuan komunikasi dan target yang akan dituju.

5. Feedback (Tanggapan)

Unsur komunikasi yang terakhir adalah feedback atau tanggapan dan respon. Dari feedback ini kita bisa melihat apakah komunikasi berjalan dengan baik, apakah komunikator menyampaikan pesan dengan mulus hingga apakah komunikan bisa memahami pesan yang disampaikan.Akan ada dua jenis feedback yang diterima oleh komunikator yaitu feedback negatif dan positif.

Selain 5 unsur komunikasi di atas, ada unsur lain yang bisa ikut mempengaruhi komunikasi yaitu gangguan, encoding, decoding, lingkungan hingga dampak komunikasi. Dalam bisnis, setiap orang harus paham pentingnya setiap unsur agar tidak mempengaruhi kinerja dan operasional bisnis.

Tak hanya itu, dalam pembukuan pun diperlukan komunikasi yang baik. Contohnya dalam melakukan pencatatan, bagaimana transaksi ini terjadi, untuk siapa dan darimana transaksi tersebut dan pengakuan seperti apa yang dibutuhkan. Semua hal perlu komunikasi, agar tidak terjadi salah catat atau salah penfasiran transaksi.

Untuk mengurangi kesalahan, salah satu yang bisa Anda gunakan adalah software akuntansi. Kini tersedia teknologi berbasis cloud yang dapat membantu bisnis Anda yaitu Harmony Accounting Software. Apa sih itu? Teknologi pembukuan yang memberikan kemudahan dalam mencatat invoice, melakukan rekonsiliasi bank otomatis, menganalisa laporan keuangan dan kegiatan operasi lainnya.

Dengan Software Akuntansi Harmony, membuat laporan keuangan jadi lebih mudah, cepat, dan lancar. Yuk, pakai Harmony GRATIS dalam 30 hari dengan klik di sini. Dapatkan info terupdate lainnya melalui  akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony