Harmony Blog

5 Uang Elektronik yang Sering Digunakan dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Diposting Apr 22nd, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Uang ElektronikPin

Perkembangan instrumen pembayaran elektronik makin marak beberapa tahun terakhir. Semua sistem pembayaran saat ini sudah terintegrasi dengan uang elektronik. Perlahan-lahan keberadaan uang kartal dan valuta asing bentuk fisik mulai tergantikan dengan kepraktisan penggunaan uang elektronik.

Manfaat menggunakan uang elektronik untuk bisnis yang paling terasa adalah tidak perlu menyiapkan uang tunai di dompet dan paperless.Click to Tweet

Mengenal Uang Elektronik

Sederhananya uang elektronik adalah alat pembayaran alternatif yang berbentuk elektronik, dan nominal uangnya tersimpan dalam media elektronik. Uang elektronik adalah salah satu jenis berbentuk kartu yang menggunakan chip sebagai media penyimpanannya, sedangkan server merupakan media penyimpanan uang yang transaksinya hanya dapat dilakukan secara online.

Dasar hukum penggunaan uang elektronik bank Indonesia diatur pada Peraturan BI nomor 11/12/PBI/2009 tentang uang digital. Jenis-jenis uang elektronik bank Indonesia dibedakan menurut identitas pemakai. Uang digital yang identitas penggunanya terdaftar pada penerbit disebut uang elektronik registered. Jika data diri pengguna tidak terdaftar disebut uang elektronik unregistered.

Kini penyelenggara uang digital yang mengantongi izin BI sudah mencapai 38 perusahaan. Dengan pengguna yang melonjak, tercatat transaksi uang elektronik bank Indonesia pada bulan Juni 2019 naik hingga sebesar 242% dibandingkan periode sebelumnya. Dari banyaknya penerbit, berikut lima contoh yang paling banyak digunakan dalam uang elektronik adalah:

  1. Gopay

    Gopay merupakan uang digital besutan gojek yang awalnya dikhususkan hanya untuk layanan gojek, namun kini berbagai toko dan merchant menerima pembayaran melalui gopay. Gopay menawarkan berbagai promo menarik, diantaranya cashback belanja online, diskon merchant offline sampai dengan 50%, dan cashback top up google play dan mobile legend.

  2. Ovo

    Aplikasi ovo begitu populer digunakan merchant-merchant besar seperti grab dan Tokopedia. Contoh uang elektronik berbentuk sever ini menawarkan keuntungan tambahan selain bertransaksi, yaitu pemberian poin setelah berbelanja dalam bentuk ovo points. Ovo points yang sudah terkumpul, nantinya dapat digunakan untuk berbelanja tanpa mengurangi saldo ovo cash.

    Manfaat uang elektronikPin

  3. Link Aja

    LinkAja merupakan produk fintech dari Telkomsel yang bersinergi dengan bank mandiri dan pertamina. Menyambut bulan Ramadhan, linkAja meluncurkan fitur linkAja Syariah. Fitur ini menghadirkan beberapa layanan diantaranya pengumpulan & penyaluran zakat infaq, program pemberdayaan ekonomi berbasis masjid, investasi dan asuransi Syariah, digitalisasi pesantren, dan pembayaran umroh/ haji.

  4. Flazz BCA

    Salah satu contoh uang elektronik berbentuk kartu adalah kartu flazz BCA. Kartu ini menggunakan chip untuk mendukung transaksi yang cepat tanpa repot mengeluarkan uang tunai. Flazz BCA dapat dipakai oleh semua orang, walaupun bukan nasabah bank BCA. Umumnya flazz BCA digunakan untuk membayar biaya tol, tiket MRT, hingga berbelanja di minimarket.

  5. E-money mandiri

    Bank Mandiri juga mengeluarkan uang digital dalam bentuk kartu untuk membantu pengguna dalam berbagai pembayaran, seperti pembayaran SPBU, biaya tol, transaksi digital, transjakarta, MRT, dan lainnya. E-money mandiri dapat digunakan baik oleh nasabah maupun non-nasabah bank mandiri, cukup men-tap kartu e-money mandiri.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Uang Elektronik Bagi Bisnis

Manfaat menggunakan uang jenis ini untuk bisnis yang paling terasa adalah tidak perlu menyiapkan uang tunai di dompet dan paperless. Dengan uang digital, transaksi dibayarkan sesuai nominal barang. Selain itu, banyaknya promo yang ditawarkan uang digital membantu penjual mempromosikan usahanya.

Penjual juga tidak perlu khawatir akan uang palsu. Uang jenis ini menjamin transaksi yang aman dan nyaman, tanpa ribet menunggu kembalian. Di samping itu, penjual tidak perlu repot mencatat setiap transaksi secara manual, cukup tap QRIS atau kartu dan transaksi digital langsung tercatat dalam database.

Selain pencatatan transaksi otomatis, Anda juga dapat menulis laporan keuangan toko secara cepat, akurat, dan modern. Kini hadir Software Akuntansi Harmony dengan berbagai fitur yang mudah digunakan untuk membantu Anda menyelesaikan tugas akuntansi atau pembukuan bisnis.

Software Akuntansi Harmony menghadirkan fitur dan modul akuntansi yang sederhana, mudah digunakan, dan efisien menyelesaikan tugas-tugas keuangan maupun akuntansi perusahaan. Ingin mencoba Harmony? Silahkan daftar Gratis 30 Hari di sini.

Jangan lupa, Anda juga bisa melihat berbagai info dan update penawaran spesial setiap hari melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony