Harmony » Blog » 

5 Perbedaan Giro dan Tabungan, Cari Tahu Lengkapnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 28, 2021

Giro dan tabungan? Apa bedanya? Meski sepintas terlihat sama, ada perbedaan giro dan tabungan yang cukup signifikan. Bagi masyarakat awam, mungkin tidak terlalu paham dengan perbedaan giro dan tabungan ini. Sebab, keduanya dianggap sama-sama produk perbankan atau lembaga keuangan.

Giro artinya produk keuangan yang bisa diambil memakai kartu debit, cek atau bilyet giro.Click to Tweet

Akan tetapi, nyatanya perbedaan giro dan tabungan bisa dilihat secara spesifik. Dalam sistem ekonomi, beda giro dan tabungan terdapat pada waktu transaksi, media penarikan, hingga laporan bulanannya.

Semakin meningkat elastisitas pendapatan usaha, maka sudah seharusnya semakin besar jumlah aset dan tabungan. Maka itu, yuk kita pelajari beragam perbedaan giro dan tabungan satu per satu berikut.

Definisi Giro dan Tabungan

Jadi, beda giro dan tabungan yang pertama dilihat dari definisinya. Giro artinya produk keuangan yang bisa diambil kapan saja memakai kartu debit, cek atau bilyet giro.

Sementara, rekening tabungan adalah produk lembaga keuangan yang sangat diminati masyarakat untuk menyimpan dan mengambil uang kapan saja memakai kartu ATM.

Apa Itu Perbedaan Giro dan Deposito

Artinya rekening tabungan adalah produk perbankan paling umum dimiliki masyarakat karena kemudahan penarikan dan penyimpanan.

Sedangkan, giro artinya hanya dimiliki orang tertentu, karena tidak semua orang mau menarik uang memakai bilyet giro atau cek dengan proses yang sedikit lebih lama.

Proses Penarikan Dana

Beralih ke perbedaan giro dan tabungan yang kedua, yaitu dari segi proses penarikan dana. Proses penarikan rekening tabungan adalah cukup sederhana. Bisa menggunakan ATM atau minta bantuan teller bank.

Akan tetapi, pada proses penarikan dana bilyet giro, membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Pasalnya, ada pemindahbukuan rekening asal ke rekening penerima.

Jadi, pada penarikan dana giro artinya harus melalui dua rekening terlebih dahulu, yaitu dana dari rekening asal, ditransfer ke rekening penerimanya. Pada giro artinya si penerima dana juga perlu ekstra sabar untuk mendapatkan uang yang dikirim, setidaknya 70 hari kerja.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Elastisitas Pendapatan Dan Contohnya

Fleksibilitas Transaksi

Kalau dari segi fleksibilitas transaksi rekening tabungan adalah bebas sesuka hati. Selama 24 jam, selama ada ATM center terdekat, dana bisa diambil atau disetor oleh nasabah.

Namun, di sinilah perbedaan giro dan tabungan. Karena, kalau penarikan giro hanya bisa di jam kerja. Jadi, waktu transaksi giro artinya hanya terbatas pada tanggal tertentu saja. Yaitu tanggal terbit dan tanggal berlaku yang tercantum pada bilyet giro tersebut.

Nominal

Beda giro dan tabungan berikutnya adalah dari segi nominalnya. Perbedaan giro dan tabungan ini sangat jelas. Sebab, nasabah yang memegang bilyet giro bisa mengambil uang atau tarik tunai sesuai nominal yang diinginkan, berapapun besarnya jumlah dana yang dimiliki.

Hal ini berbeda dengan pemilik rekening tabungan. Biasanya, dalam sekali penarikan dana, pihak lembaga keuangan atau perbankan membatasi jumlahnya per hari. Mulai dari Rp 1 juta, Rp 10 juta, Rp 50 juta, dll.

[elementor-template id="26379"]

Laporan Bulanan

Terakhir, perbedaan giro dan tabungan adalah laporan per bulan. Laporan bulanan rekening tabungan adalah dapat dilihat sendiri melalui internet banking atau mobile banking, maupun datang langsung ke bank.

Sementara itu, kalau laporan bulanan bilyet giro akan dikirimkan via pos berupa rekening koran oleh pihak bank ke alamat nasabah yang tercantum di database. Pemilik bilyet giro artinya tidak perlu repot-repot datang ke bank. Karena, justru pihak bank yang akan mengirimkan laporan bulanan giro ke tempat nasabahnya.

Bagaimana, semoga cukup jelas ya, perbedaan giro dan tabungan yang kita bahas kali ini. Mengelola giro dan tabungan sebagai aset bisnis memang bukan hal gampang. Terlebih, bagi Anda pebisnis yang sibuk dengan berbagai kegiatan dan aktivitas lainnya.

Percayakan Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran pengelolaan keuangan dan pembukuan secara modern. Aplikasi Harmony menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang siap pakai secara instan dan real-time.

Aplikasi Harmony terbukti mampu mendukung pelaku UMKM mengembangkan usaha yang lebih efektif dan efisien dengan pembukuan sistematis, rapi, dan bisa diakses kapan saja.

Coba pakai GRATIS aplikasi Harmony selama 30 hari, klik tautan ini. Ingin tahu lebih lanjut fitur-fiturnya? Kami juga hadir di media sosial. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram