Harmony » Blog » 

5 Motivasi Bisnis Untuk Entrepreneur Agar Tidak Berhenti Ditengah Jalan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 2, 2020

Menjadi seorang entrepreneur (wirausaha) memiliki tantangan tersendiri, selain harus memikirkan segala macam tentang usahanya dari pemasaran, keuangan, SDM, menciptakan produk yang menarik, dan juga harus memiliki motivasi bisnis yang kuat dalam dirinya agar tujuannya yaitu mencapai kesuksesan dalam bisnisnya bisa terwujud.

Sedangkan yang tidak memiliki motivasi kuat akan menyerah ditengah jalan ketika usaha tersebut sedang mengalami kendala. Menjadi entrepreneur memang bukan perkara gampang dan terkadang harus melewati proses yang panjang, disaat melewati proses tersebut seorang entrepreneur tidak boleh keluar dalam pertandingan.

Tidak mudah menjadi seorang entrepreneur oleh karena itu Anda membutuhkan motivasi yang kuat setiap hari.

Inilah Motivasi Bisnis Untuk Anda Seorang Entrepreneur

1. Selalu Ingat "Apa Alasan Atau Tujuan Anda Menjalankan Bisnis"

Kebanyakan orang menjalankan sebuah bisnis didasari oleh faktor ekonomi seperti mau jadi orang kaya, mau punya penghasilan berkali lipat dari saat dia bekerja sebagai karyawan atau juga faktor lain seperti mau memiliki waktu fleksibel dalam bekerja, tidak mau diatur oleh orang lain, tidak mau bekerja jauh dari tempat tinggalnya dan lain sebagainya. Dengan selalu mengingat alasan tersebut yang didominasi oleh faktor pain (kesakitan) bisa memberikan kekuatan untuk Anda agar tetap bertahan menjadi seorang entrepreneur.

2. Anda Harus Tahu Bahwa "Tidak Ada Usaha Yang Tanpa Kendala"

Baik usaha kecil, menengah ataupun besar pasti memiliki kendala dalam perjalanannya. Kendala tersebut bisa berupa sulit menyadari pentingnya pencatatan keuangan, memilih sumber saya manusia yang tepat, ketersediaan bahan baku bahkan sampai perilaku konsumen dan ketidakcocokan dengan partner Anda. Jadi jika Anda menginginkan usaha Anda berjalan sempurna dan mulus tanpa ada kendala sedikitpun itu adalah suatu kemustahilan. Anda harus ingat bahwa orang lain juga mengalami kendala dalam menjalankan bisnis mereka, bukan hanya Anda.

3. Yakinkan dan Motivasi Diri Anda Terhadap Potensi Bisnis Anda

Saat awal Anda memulai bisnis pasti sudah melihat dan menganalisa potensi (keuntungan dan masa depan) terhadap bisnis tersebut jauh kedepan, yakinkan lagi diri Anda tentang potensi itu agar diri Anda menjadi kuat dan tetap bersemangat dalam menjalankan bisnis tersebut.

4. Tidak Mudah Memulai Bisnis Dari Awal

Anda wajib tahu atau mungkin Anda sudah tahu bahwa tidak mudah untuk memulai bisnis dari awal, banyak hal yang harus Anda pelajari dan persiapkan apalagi kalau bisnis tersebut berbeda bidangnya dengan bisnis Anda sebelumnya sehinga Anda harus memikirkannya berkali-kali dan dalam waktu yang tidak sebentar. Hal-hal yang menyangkut bisnis baru seperti dalam menentukan produk, target market, supplier, lokasi usaha, legalitas usaha, modal usaha, perekrutan karyawan, renovasi tempat usaha dan strategi pemasaran yang efektif akan memerlukan kerja yang lebih keras dibandingkan mencoba untuk mengatasi kendala dalam bisnis yang sedang Anda jalani.

5. Ingatlah Kerugian Dan Kehilangan Yang Akan Anda Alami

Bila Anda memutuskan berhenti ditengah jalan maka ingat dan hitunglah berapa biaya, waktu, tenaga dan pikiran yang telah Anda sumbangkan untuk bisnis itu dan itu pasti tidak akan bisa Anda terima dengan mudah untuk kerugian atau kehilangan itu semua bukan? Jadi Anda bisa berkata kepada diri Anda bahwa itu semua sangat menyakitkan dan Anda harus semangat untuk menghadapi kendala dalam bisnis Anda tersebut selama kendala itu sebenarnya masih bisa diselesaikan oleh Anda dan tim Anda.

Memang pada suatu kondisi tertentu ada bisnis yang mungkin tidak bisa kita pertahankan lagi khususnya apabila kendala tersebut sudah sangat parah dan diluar kemampuan kita untuk melanjutkan bisnis tersebut. Beberapa kendala besar yang paling sering terjadi dalam masalah bisnis adalah mengenai bahan baku produk, sumber daya manusia dan keuangan. Dari semua kendala tersebut masalah keuangan adalah faktor paling tinggi yang bisa membuat bisnis bisa bangkrut atau tidak dilanjutkan lagi, jadi sebaiknya seorang entrepreneur mempunyai pembukuan rapi yang mencatat segala aktifitas keuangan.

Di era teknologi saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud untuk membuat pembukuan yang rapi, cepat dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony. Software akuntansi praktis dan mudah digunakan serta berbasis cloud. Harmony sudah digunakan oleh ribuan pemilik bisnis UKM dalam membuat laporan keuangan mereka. Jadi tunggu apalagi, coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Demikian penjelasan tentang 5 motivasi bisnis agar seorang entrepreneur tidak berhenti ditengah jalan, semoga bermanfaat dan bisa diimplementasikan.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram