Harmony Blog

5 Manfaat Analisis Kebutuhan Konsumen dalam Bisnis Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

kebutuhan konsumenPin

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pelaku usaha harus bisa melakukan analisis kebutuhan konsumen. Prinsip etika bisnis menjadi pondasi untuk bisa menilai kebutuhan konsumen dan selera konsumen saat ini. Maka dari itu, tidak hampir dipastikan setiap perusahaan memiliki manajemen hubungan pelanggan yang khusus untuk menyikapi segala hal yang bisa mempengaruhi dan menyebabkan perubahan terhadap kebutuhan konsumen.

Ada banyak cara mengetahui kebutuhan konsumen, misalnya dengan segmentasi pasar. Perusahaan bisa melakukan analisis pelanggan yang akurat tanpa membagi audiens ke dalam kelompok yang anggotanya homogen tetapi berbeda dari kelompok lain. Dalam praktiknya, segmentasi pelanggan memberikan informasi yang akurat terhadap kebutuhan pelanggan secara lebih terstruktur.

Manfaat utama yang didapatkan perusahaan dengan melakukan analisis kebutuhan konsumen adalah menciptakan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Selain dengan cara segmentasi pasar, ada banyak cara mengetahui kebutuhan konsumen lainnya. Perusahaan hanya perlu mempertimbangkan jenis usaha dan target masing-masing yang selanjutnya dirangkum dalam sebuah strategi dalam meningkatkan hubungan pelanggan.

Jika kebutuhan konsumen diketahui, maka akan ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini, manfaat melakukan analisis terhadap kebutuhan pelanggan bagi bisnis.

Lalu, Apa Saja Manfaat Analisis Kebutuhan Konsumen?

1. Menciptakan Produk Relevan dan Lebih Berkualitas

Manfaat utama yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan melakukan analisis kebutuhan konsumen adalah bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selera pelanggan yang telah dianalisis melalui berbagai data yang akurat akan menyimpulkan satu produk yang paling diminati saat ini. Perusahaan telah mengetahui selera konsumen saat ini, sehingga tidak akan kesulitan untuk menentukan produk yang akan dijual.

Sebenarnya, jika kebutuhan pelanggan sudah diketahui, perusahaan tidak dituntut untuk menciptakan produk baru. Namun, ada kemungkinan perusahaan sudah cukup hanya dengan melakukan sedikit perbaikan untuk produk lama. Jika produk yang dibuat sudah sesuai dengan selera pelanggan, maka akan segera mendatangkan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri.

Baca Juga : Tujuan dan Manfaat Break Even Point (BEP) dalam Bisnis

2. Memberikan Motivasi dalam Berbisnis

Motivasi bisa muncul dari berbagai sumber dan untuk berbagai kepentingan. Begitu pula dalam berbisnis, motivasi bisa muncul dari data yang valid dalam usaha untuk meraih keuntungan. Saat pebisnis sudah tahu kebutuhan konsumen, maka akan timbul motivasi untuk segera memperbaiki atau menciptakan produk yang lebih unggul dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selanjutnya, ada motivasi baru yang mungkin muncul dari pelaku bisnis untuk menjaga konsumen atau menghadapi persaingan dalam bisnis.

3. Kebutuhan Konsumen Bisa Meningkatkan Branding

Branding merupakan unsur penting dalam pencitraan perusahaan dan pengenalan identitas kepada pelanggan. Namun, branding tidak mudah dilakukan karena ada begitu banyak perusahaan kompetitor. Jika perusahaan sudah tahu selera konsumen, maka secara tidak langsung produk yang dijual akan sesuai dengan hati pelanggan. Dengan demikian, brand akan terbangun karena pelanggan akan semakin kenal dan dekat dengan produk perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Manfaat dari analisis kebutuhan konsumen yang tidak kalah penting adalah membantu manajemen pemasaran dalam menentukan strategi pemasaran. Kebutuhan setiap konsumen pasti berbeda-beda yang menyebabkan pelaku bisnis harus melakukan pendekatan yang berbeda pula. Namun, dengan data kebutuhan konsumen yang valid, perusahaan bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk target pasar tertentu yang dinilai potensial dan strategis dalam meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Menghitung Break Even Point (BEP) dalam Bisnis

5. Mengoptimalkan Persediaan Yang Dimiliki

Untuk menciptakan sebuah produk, tentu dibutuhkan persediaan atau bahan baku yang sesuai. Ada kalanya perusahaan gagal mengoptimalkan persediaan untuk menciptakan produk yang sesuai dengan selera pelanggan. Namun, setelah perusahaan mengetahui kebutuhan konsumen, maka persediaan yang digunakan untuk menciptakan sebuah produk akan lebih optimal.

Perusahaan bisa mengukur volume persediaan dengan menyesuaikan volume kebutuhan pelanggan atas suatu produk. Perusahaan akan lebih diuntungkan karena tidak perlu membuang banyak anggaran untuk persediaan.

Itulah beberapa manfaat analisis kebutuhan konsumen yang sangat penting untuk bisnis Anda. Selain mengetahui kebutuhan konsumen, sangat penting bagi Anda untuk melakukan kontrol terhadap keuangan usaha. Software akuntansi Harmony hadir dengan fitur-fitur mudah yang bisa Anda coba GRATIS selama 30 hari. Promo ini berlaku hanya untuk Anda yang melakukan pendaftaran di sini sekarang juga. Mudah, kan! Atau, jika Anda ingin mengenal lebih detail, pastikan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony