Laporan manajemen adalah salah satu bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan penting, misalnya apakah akan melakukan merger perusahaan atau membuat sejumlah order barang baru. Di dalam laporan manajemen terdapat beberapa catatan penting seperti laporan keuangan, laporan inventory, laporan penjualan, dan detail laporan lainnya.
Dengan laporan manajemen, setidaknya pelaku usaha dan pihak manajemen perusahaan mampu memahami sejauh mana kinerja perusahaan selama ini, serta bagaimana kondisi kesehatan keuangan bisnis.
Tak hanya itu, dari laporan manajemen, pebisnis juga mampu menyusun manajemen proyek dan manajemen operasi yang lebih terorganisir.
Table of Contents
Laporan manajemen adalah suatu dokumen yang berisi data dan analisis kinerja perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Agar manajemen bisa membuat keputusan dan saran yang tepat, maka dibutuhkan laporan yang akurat dan valid. Penggunaan laporan manajemen adalah khusus bagi internal perusahaan dan tidak untuk dipublikasikan kepada khalayak luas.
Secara sederhana, tujuan laporan manajemen adalah untuk memberitahu manajer atau pemilik bisnis tentang berbagai aspek, sehingga mereka bisa membuat keputusan yang lebih tepat.
Data-data yang tercantum di laporan manajemen adalah data yang akurat dan valid dikumpulkan dari berbagai penelitian di setiap departemen perusahaan untuk melacak KPI dan menyajikannya secara jelas.
Nah, berikut ini adalah beberapa jenis laporan manajemen yang paling sering dipakai oleh pebisnis. Cek yuk.
Dalam sejarah perkembangan revolusi industri, laporan keuangan sudah dikenal sebagai salah satu contoh laporan yang utama. Dari laporan keuangan dapat diketahui situasi keuangan perusahaan terkini yang sangat berguna untuk investor maupun pengembangan usaha.
Terdapat tiga jenis laporan keuangan bisnis, yaitu: laporan neraca keuangan (balance sheet), laporan laba rugi (income statement), serta laporan arus kas (cash flow statement) dan laporan piutang.
Selanjutnya, contoh laporan manajemen yang sering dipakai pebisnis adalah laporan KPI atau Key Performance Indicator. Sesuai namanya, laporan KPI menjadi indikator atau parameter sejauh mana kinerja para pegawai dan staf untuk mengembangkan perusahaan.
Bisa dilihat dari data kehadiran karyawan, turn over pegawai, kedisiplinan karyawan, prestasi, dan lain-lain. Laporan KPI bisa dilakukan secara mingguan, bulanan, atau tahunan untuk mengevaluasi kinerja pegawai.
Contoh laporan manajemen berikutnya adalah laporan penjualan. Laporan penjualan menjadi parameter bagaimana perusahaan mampu berkembang di masa mendatang. Misalnya, dalam laporan penjualan tercantum angka penjualan produk yang terus meningkat, maka bisa dibilang bahwa perusahaan semakin maju pesat.
Sama seperti laporan lainnya, laporan penjualan dapat dievaluasi secara mingguan, bulanan atau harian, menurut kebijakan perusahaan.
[elementor-template id="26379"]
Contoh laporan selanjutnya adalah laporan inventory atau laporan persediaan barang. Berisi laporan mengenai jumlah barang, nama barang, harga barang, jumlah bahan baku, biaya bahan baku, biaya produksi, dan lain-lain.
Umumnya, laporan persediaan barang akan dipakai untuk merencanakan produksi atau pemesanan bahan baku ke vendor/ supplier. Perusahaan dapat menerapkan metode stock opname atau stock taking yang up to date, sehingga data-data mengenai persediaan barang ini selalu baru dan update secara teratur.
Selain beberapa contoh laporan di atas, pebisnis juga sering memakai jenis laporan lainnya seperti laporan piutang, laporan perubahan modal, laporan laba-rugi, laporan pajak, dan masih banyak lagi.
Setiap perusahaan memiliki jenis laporan lain-lain yang berbeda, mengikuti kebutuhan bisnis dan usaha. Sebagai contoh laporan untuk pabrik atau perusahaan manufaktur. Maka, dibutuhkan laporan tentang perawatan mesin atau laporan produksi agar dapat menganalisis umur fungsi mesin-mesin pabrik.
Harapannya, dengan menggunakan berbagai jenis dan contoh laporan manajemen di atas, Anda bisa semakin mudah mengembangkan sayap bisnis dan menganalisis kemajuan usaha.
Untuk membuat berbagai laporan keuangan, percayakan Software Akuntansi Harmony dalam mendukung kinerja tim finance Anda. Tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang siap pakai secara instan, hanya semudah klik.
Aplikasi Harmony bisa diakses lewat tablet, ataupun komputer/ laptop yang sangat memudahkan Anda monitoring pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis, kapan saja dan di mana saja.
Anda juga bisa mencoba demo GRATIS selama 30 hari fitur-fiturnya untuk memastikan apakah cocok dengan usaha Anda, silakan klik tautan ini. Kontak Harmony sekarang untuk info detailnya, follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony.