Harmony Blog

5 Jenis Strategi Bisnis Dasar yang Efektif

Diupdate Mar 17th, 2021
6

SHARES

PEMBACA

jenis strategi bisnisPin

Ada banyak jenis strategi bisnis. Strategi bisnis merupakan serangkaian tindakan atau keputusan yang dilakukan perusahaan guna mencapai tujuan bisnis. Dengan memilih jenis strategi bisnis yang tepat, perusahaan bisa semakin melejitkan keuntungan. Pengertian strategi bisnis juga bisa dibilang sebagai tindakan kompetitif yang digunakan perusahaan untuk menarik pelanggan, meningkatkan omzet bisnis, bersaing dengan sukses, memperkuat kinerja, dan mencapai tujuan internal.

Strategi bisnis terbaik menekankan pada keunikan produk yang ditawarkan dengan kisaran harga yang terjangkau.Click to Tweet

Singkatnya, agar sukses berbisnis di usia muda, perusahaan perlu menerapkan jenis strategi bisnis yang efektif. Pengertian strategi bisnis adalah rencana utama yang disusun manajemen perusahaan untuk mengamankan posisi perusahaan di pasaran, serta tujuan lainnya. Dalam strategi bisnis terdapat kombinasi aktif dari pihak manajemen serta kinerja sumber daya terhadap perkembangan yang tak terduga serta kondisi pasar.

Tujuan Strategi Bisnis

Tujuan strategi bisnis ibaratnya adalah gambaran atau arah yang ingin diraih suatu perusahaan. Umumnya tujuan strategi bisnis dirancang dengan cermat dan fleksibel, seperti berikut.

  • Memobilisasi sumber daya
  • Mencapai efektivitas
  • Melihat dan memanfaatkan peluang
  • Mengarahkan usaha dan tindakan
  • Mengamankan posisi yang menguntungkan

Dengan jenis strategi bisnis yang tepat, maka perusahaan dapat menghadapi potensi ancaman dengan mudah, serta memanfaatkan kekuatan secara optimal untuk mengimbangi kelemahan perusahaan.

Jenis Strategi Bisnis

Untuk mencapai tujuan, perusahaan mengaplikasikan berbagai jenis strategi bisnis. Di artikel kali ini, ada lima jenis strategi bisnis yang akan dibahas.

Strategi bisnisPin

  1. Pemasaran

    Jenis strategi bisnis yang pertama adalah pemasaran. Kenali calon konsumen Anda, siapa saja yang cocok menggunakan produk Anda, apakah ada batasan usia. Misalnya, bagi Anda yang ingin membuka bisnis minimarket. Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan calon konsumen, Anda dapat melakukan riset maupun menawarkan testi di pasar-pasar.

    Meriset pasar ataupun menawarkan testi produk hanyalah sedikit contoh strategi bisnis, Anda dapat mengeksplorasi teknik pemasaran lain yang lebih tepat. Apabila teknik marketing yang Anda gunakan berjalan dengan lancar, maka produk Anda makin dikenal masyarakat sehingga meningkatkan penjualan.

    Pilihlah jenis strategi serta prospek bisnis yang cocok untuk perusahaan Sehingga, bisnis dapat menjanjikan peluang emas ke depannya secara berkesinambungan

  2. Harga

    Jenis strategi bisnis yang kedua bertumpu pada harga. Strategi biaya terbaik menekankan pada keunikan produk yang ditawarkan dengan kisaran harga yang terjangkau. Jenis strategi bisnis ini juga ditekankan pada nilai psikologis.

    Apabila nilai psikologis produk Anda lebih tinggi dibanding harga jual, maka nilai psikologisnya tinggi. Sedangkan, ketika terjadi BEP (Break Even Point), nilai keuntungan sama dengan biaya modal awal.

    Contoh strategi bisnis yang menonjolkan sisi psikologis misalnya, shampo Pantene  menawarkan produk perawatan rambut rontok yang harganya lebih murah dibandingkan shampo Dove.

  3. Kemasan

    Jenis strategi bisnis yang ketiga adalah ide kreatif kemasan dan konten produk. Bila kualitas produk Anda bagus namun kurang dilirik konsumen mungkin kemasan ataupun konten produknya kurang menarik. Membuat kemasan yang unik dan menarik merupakan salah satu contoh strategi bisnis yang dapat Anda coba. Kemasan yang unik membantu produk Anda diingat konsumen.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Konten

    Berbisnis di era digital, tak boleh sampai melewatkan digital marketing dengan konten-konten berkualitas. Secara umum, pengertian konten merupakan alat yang dipakai dalam strategi pemasaran bisnis. Dengan konten-konten yang spesifik, bermanfaat, dan menghibur, Anda bisa mendapatkan interaksi pelanggan sekaligus branding awareness yang efektif. Bila masih bingung membuat konten apa yang paling ideal, Anda dapat bekerjasama dengan jasa manajemen konten atau konten kreator.

  5. Teknologi

    Jenis strategi bisnis yang keempat adalah teknologi. Misalnya setelah membuat konten yang unik, iklankan konten Anda di berbagai platform sosial media. Selain menggunakan teknologi untuk beriklan, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi untuk memangkas biaya produksi. Tempatkan beberapa mesin di pabrik dan mereka akan berjalan secara otomatis

Semua jenis strategi bisnis diatas dikendalikan oleh manajemen bisnis. Dengan pengendalian manajemen yang baik perusahaan dapat terus bertumbuh dan memperluas pasar. Bisnis yang terus berkembang mengindikasikan iklim perusahaan yang sehat.

Untuk membantu mendukung kelancaran arus keuangan dan pembukuan yang canggih, pakai Software Akuntansi Harmony. Sudah gak zaman, menggunakan pembukuan sistem manual yang menyita waktu dan tenaga. Segera beralih memakai Harmony untuk menyelesaikan tugas akuntansi perusahaan secara otomatis dan cepat.

Cukup daftar di sini, Anda bisa pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS (30 days). Ikuti dan follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk mendapatkan info terupdate lainnya.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony