Harmony » Blog » 

5 Jenis Elastisitas Penawaran dan Contoh Rumusnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 15, 2021

Memahami konsep elastisitas penawaran, Anda juga perlu mengenali dulu tentang elastisitas pendapatan. Dalam sistem ekonomi, dikenal dua konsep elastisitas, yaitu elastisitas penawaran dan elastisitas pendapatan.

Elastisitas penawaran adalah berlangsungnya perubahan angka dalam penawaran yang ditunjukkan dengan adanya perubahan harga barang.Click to Tweet

Secara sederhana, elastisitas pendapatan adalah perubahan yang terjadi dalam distribusi pendapatan, sehingga mempengaruhi daya beli dan jumlah permintaan barang.

Sedangkan, elastisitas penawaran adalah sebaliknya. Pengertian elastisitas penawaran adalah terjadinya perubahan penawaran jumlah barang akibat dari perubahan harga.

Elastistias Penawaran Adalah

Jadi, kalau sampai terjadi perubahan jumlah barang yang ditawarkan di pasar karena perubahan harga, maka pada saat inilah terjadi dalam elastisitas. Sebab, elastisitas penawaran adalah berlangsungnya perubahan angka dalam penawaran yang ditunjukkan dengan adanya perubahan harga barang.

Singkatnya, jumlah penawaran barang akan sangat dipengaruhi oleh harganya. Kalau harga barangnya murah, tentunya jumlah permintaan dan jumlah penawaran barang akan meningkat. Sebaliknya, ketika harga barangnya mahal, jumlah penawaran barang cenderung turun, mengikuti daya beli masyarakat.

Jenis Elastisitas Penawaran

  1. Pasokan Relatif Kurang Elastis

    Jenis elastisitas ini terjadi ketika penawaran relatif lebih rendah ketimbang perubahan harga. Sebagai contoh, ketika elastisitas harga penawaran nilainya lebih kecil dari 1.

  2. Elastis Kesatuan

    Selanjutnya, jenis elastisitas penawaran adalah elastis kesatuan. Yaitu perubahan jumlah barang yang ditawarkan sama seperti perubahan harganya. Atau, dengan kata lain, elastisitas nilainya sama dengan 1.

  3. Pasokan Elastis Relatif Lebih Besar

    Jenis elastisitas penawaran ketiga adalah pasokan elastis relatif lebih besar. Yaitu elastisitas penawaran adalah nilainya lebih dari 1. Hal ini terjadi ketika perubahan penawaran jumlahnya lebih besar ketimbang perubahan harga.

    Baca Juga: Memahami Apa Itu Elastisitas Pendapatan Dan Contohnya

  4. Elastis Sempurna

    Next, jenis elastisitas ini dengan pasokan elastis sempurna. Yaitu, apabila jumlah penawaran berada di angka 0. Hal ini ditunjukkan dengan kurva elastis sempurna berada di sejajar sumbu X.

  5. Inelastis Sempurna

    Kalau pasokan inelastis sempurna adalah salah satu jenis elastisitas penawaran yang jumlah pasokannya tidak dipengaruhi harganya. Atau, pasokan akan tetap persis sama, tanpa melihat berapapun nilai harganya.

    Contoh kasus yang mudah untuk menggambarkan jenis elastisitas ini adalah barang lukisan langka seperti Mona Lisa. Meskipun harganya naik atau turun, pasokannya tetap sama yaitu hanya ada satu-satunya di seluruh dunia.

Rumus Menghitung Elastisitas Penawaran

Ep = [Δq/qx100] ÷ [Δp/px100] = (Δq/q) ÷ (Δp/p)

Keterangan:

Ep = Elastisitas penawaran

Δq = Perubahan jumlah yang ditawarkan

Δp = Perubahan harga

q = Jumlah yang ditawarkan

p = Harga

[elementor-template id="26379"]

Elastisitas dari Kurva Penawaran

Rumus lainnya, menggunakan kurva penawaran untuk menghitung elastisitas ini adalah titik elastisitas atau busur elastisitas.

Formula untuk menghitung titik elastisitas adalah:

Menghitung Elastisitas Penawaran

Ep= (dq/dp)×(p/q)

Keterangan:

dq/dp = kemiringan kurva penawaran.

Formula untuk menghitung busur elastisitas penawaran adalah:

Ep= [(q1 – q2)/(q1 + q2)] × [(p1 + p2)/(p1 – p2)]

Dengan memahami konsep elastisitas dan cara menghitung elastisitas penawaran, Anda bisa lebih mudah menerapkan strategi pemasaran dan penjualan produk sesuai target yang diharapkan.

Sebab, elastisitas ini adalah salah satu bagian penting strategi bisnis terutama dalam menentukan harga produk, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang seoptimal mungkin.

Untuk memudahkan Anda mengelola keuntungan dan pencatatan transaksi penjualan, Software Akuntansi Online dari Harmony adalah solusi terbaik. Software Akuntansi Online dari Harmony sudah dibuktikan oleh ribuan klien di seluruh tanah air, dapat membantu pembukuan bisnis yang lebih cepat, mudah, dan otomatis.

Fitur-fitur akunting dari Software Akuntansi Online Harmony mudah dimengerti dan mudah dipakai. Bahkan, tanpa perlu keahlian di bidang akuntansi sama sekali.

Pencatatan transaksi, laporan laba-rugi, perubahan modal, piutang-utang, hingga rekonsiliasi bank, dan penagihan bisa dilakukan secara otomatis, semudah menggerakkan jari.

Nah untuk memastikannya Anda juga bisa melakukan pembukuan laporan keuangan secara realtime dan akurat. Dengan mencoba memanfaatkan Harmony software pembukuan, yang juga dapat membantu Anda untuk mencatat beberapa unsur pajak bisnis Anda.

Tidak hanya membantu mencatat unsur pajak saja, Anda juga harus menyiapkan dan memperhitungkan laporan keuangan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu repot.

Mari tingkatkan efektivitas dan efisiensi pembukuan bisnis bersama Software Akuntansi Online dari Harmony. Silakan pakai aplikasi Harmony secara GRATIS selama 30 hari melalui tautan ini.

Temukan info menarik dan penawaran spesial untuk Anda hari ini di media sosial kami, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram