Harmony Blog

5 Jenis Anggaran Yang Dibutuhkan Pebisnis

Diposting Apr 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Jenis AnggaranPin

Ada banyak jenis anggaran yang harus dipertimbangkan pelaku usaha. Ciri-ciri perusahaan yang baik adalah perusahaan yang sudah membuat dan memikirkan tentang jenis anggaran perusahaan untuk membantu pengelolaan dana serta mengendalikan kegiatan operasional perusahaan.

Fungsi anggaran adalah mempermudah perusahaan dalam membuat rencana berbagai estimasi biaya sekaligus sistem pembayaran yang harus dilakukan guna mendukung kegiatan perusahaan.

Namun, Anda harus mengenali jenis-jenis anggaran terlebih dahulu.

Anggaran merupakan suatu rencana perusahaan yang telah disusun secara teratur dan dijelaskan dalam periode waktu yang telah ditentukan.Click to Tweet

Penyusunan anggaran keuangan perusahaan ini penting karena dapat memperkirakan dana yang akan digunakan perusahaan yang kemudian diproses menjadi produk guna mendukung terpenuhinya visi dan misi perusahaan termasuk biaya tenaga kerja.

Apa Itu Anggaran?

Anggaran merupakan suatu rencana perusahaan yang telah disusun secara teratur dan dijelaskan dalam periode waktu yang telah ditentukan. Anggaran dianggap sebagai rencana keuangan karena dinyatakan dalam bentuk finansial atau uang kartal.

Jadi anggaran dapat mengendalikan, mengestimasi dan mengawasi keuangan perusahaan. Biasanya anggaran akan disusun pada awal periode untuk jangka waktu 1 tahun atau lebih. Sampai sini, sudah paham belum mengenai apa itu anggaran?

Jika sudah paham mengenai apa itu anggaran, maka kita juga harus mengenali jenis anggaran yang harus dimiliki perusahaan.

Jenis anggaran penjualanPin

Jenis Jenis Anggaran

  1. Anggaran Penjualan

    Jenis anggaran yang pertama ini merupakan anggaran yang dibuat dengan tujuan untuk memprediksi penjualan di perusahaan di masa mendatang dan berisi seluruh jenis produk yang akan dijual, waktu, jumlah, harga dan tempat penjualan. Umumnya, anggaran penjualan akan disusun berdasar pada proyeksi penjualan yang akan diberikan oleh perusahaan.

    Oleh karenanya, fungsi anggaran ini sering kali dianggap sebagai anggaran utama atau dasar dari jenis anggaran lainnya. Biasanya anggaran penjualan dibuat dalam 1 periode dan berisi informasi akuntansi untuk 1 periode.

  2. Anggaran Kas

    Anggaran kas berisi estimasi penggunaan kas dalam waktu tertentu. Jenis anggaran ini juga terdapat anggaran pengeluran modal dan anggaran operasi yang selanjutnya bisa dimanfaatkan sebagai dasar penyusunan anggaran neraca. Fungsi anggaran ini sering dijadikan untuk membantu menjaga likuiditas perusahaan tersebut.

  3. Anggaran Tenaga Kerja Langsung

    Informasi perkiraan biaya tenaga kerja langsung dalam 1 periode anggaran terdapat di jenis anggaran ini. Anggaran keuangan ini menjadi dasar penyusunan anggaran laba rugi dan anggaran kas. Dalam menyusun anggaran tenaga kerja langsung ini, digunakan 2 perhitungan dasar yakni upah unit per produk dan upah per jam.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Anggaran Laba Rugi

    Jenis anggaran ini berisi informasi tentang jumlah laba yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dan rugi yang harus ditanggung oleh perusahaan selama 1 periode anggaran. Anggaran laba rugi menggunakan informasi dasar dari anggaran penjualan, anggaran operasi, biaya overhead dan biaya operasional. Dari sini, anggaran ini juga dimanfaatkan sebagai dasar anggaran neraca.

  5. Anggaran Neraca

    Pada anggaran neraca ini akan dijelaskan rencana posisi keuangan seperti utang, modal dan aktiva perusahaan pada awal hingga akhir periode anggaran. Dalam membuat anggaran keuangan ini, dibutuhkan anggaran laba rugi dan anggaran kas sebagai dasar penyusunan. Nantinya anggaran neraca ini akan digunakan dalam menyusun bagaiman posisi keuangan perusahaan.

Tentunya agar anggaran ini efektif dijalankan, maka perlu pengawasan dan pencatatan yang teliti. Untuk membantu proses pencatatan penggunaan anggaran perusahaan, Anda bisa gunakan software akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Laporan biaya dan pencatatan semua transaksi bisa menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan share link untuk mengirimkan invoice lebih cepat, pencatatan stok barang dan update dengan penjualan serta rekonsiliasi bank otomatis. Nah, Harmony telah membantu banyak pebisnis dan UMKM untuk memiliki pembukuan yang rapi setiap bulannya. Masih ragu? Yuk, coba gunakan GRATIS Aplikasi Harmony selama 30 hari trial daftar di sini.

Kenali lebih dalam keunggulan aplikasi Harmony dan dapatkan penawaran spesial lainnya, dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK