Harmony Blog

5 Jenis Akuntansi Yang Perlu Anda Ketahui

Diupdate Jul 28th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Jenis AkuntansiPin

Orang awam menganggap akuntansi erat kaitannya dengan pekerjaan tentang debit dan kredit. Nyatanya akuntansi tidak sesederhana itu, di dalamnya terdapat banyak proses penting dan jenis akuntansi yang digunakan untuk kelancaran setiap bisnis.

Namun tidak perlu khawatir, dengan adanya teknologi semua hal dapat lebih mudah dipelajari. Sederhananya, para pelaku usaha menggunakan ilmu akuntansi dasar untuk mengawasi apakah usahanya berjalan dengan lancar, atau justru merugi.

Fungsi akuntansi secara umum yakni sebagai penyedia informasi keuangan perusahaan atau organisasi agar kualitas keuangan dan kinerja perusahaan dapat dievaluasi.Click to Tweet

Pengertian Dan Fungsi Akuntansi

Ada yang mengatakan akuntansi adalah pengalaman tertulis yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam perusahaan. Selain itu, bisa dikatakan akuntansi adalah proses pencatatan, mengolah dan menyajikan informasi keuangan kepada beberapa pihak.

Dapat disimpulkan akuntansi merupakan proses untuk mengukur ekonomi organisasi atau perusahaan, meliputi kegiatan pencatatan, pengelompokan, pelaporan, dan penafsiran transaksi keuangan dengan prinsip akuntabilitas.

Proses ini dapat dikatakan sebagai siklus akuntansi. Hasilnya lalu disampaikan kepada pihak-pihak internal dan eksternal.

Fungsi akuntansi secara umum yakni sebagai penyedia informasi keuangan perusahaan atau organisasi agar kualitas keuangan dan kinerja perusahaan dapat dievaluasi.

Selain itu, akuntansi berfungsi untuk menilai tolak ukur perusahaan, perhitungan pajak, penetapan aktivitas perusahaan, menghitung laba dan rugi.

Jenis – Jenis Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi, terdapat beberapa jenis akuntansi yang terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan jaman.

Jenis – jenis akuntansiPin

Berikut ini merupakan lima jenis akuntansi yang paling sering digunakan.

  • Akuntansi Keuangan

    Akuntansi keuangan merupakan jenis akuntansi yang paling dikenal masyarakat umum. Dalam akuntansi keuangan terdapat berbagai macam pencatatan dan penyajian laporan keuangan untuk pihak yang berkepentingan seperti investor, direktur, manajemen, kreditur, dan lainnya.

    Jenis akuntansi ini mempunyai sebuah standar laporan yang telah diterapkan pada khalayak umum yaitu Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Sehingga setiap laporan siklus akuntansi yang dihasilkan wajib disesuaikan dengan SAK.

    Baca Juga: Prinsip Akuntabilitas, Jenis, Fungsi Dan Contoh Penerapan Dalam Bisnis

  • Akuntansi Biaya

    Akuntansi biaya merupakan salah satu jenis akuntansi yang memiliki peranan penting dalam perusahaan. Umumnya akuntansi biaya digunakan untuk menentukan harga pokok atau harga jual dari semua biaya yang dikeluarkan perusahaan. Tujuannya yaitu mendapatkan laba dari hasil penjualan.

    Jenis akuntansi ini memegang kendali atas perencanaan biaya operasional perusahaan. Dengan menggunakan akuntansi biaya, perusahaan menjadi lebih mudah mengendalikan rencana biaya operasionalnya.

  • Akuntansi Perbankan

    Seperti namanya, jenis akuntansi ini hanya digunakan oleh bank. Pada dasarnya akuntansi perbankan tidak jauh berbeda dengan akuntansi keuangan, keduanya sama-sama memproses siklus akuntansi hingga menyajikan laporan pada pihak-pihak terkait.

    Namun pada akuntansi perbankan, pihak eksternal dan internalnya khusus yang berkaitan dengan perbankan.

    Pihak bank melakukan pencatatan laporan keuangan dan transaksi yang terjadi dalam satu periode menggunakan akuntansi perbankan. Hasilnya pencatatan transaksi ini akan dikeluarkan dalam bentuk rekening administrasi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Akuntansi Manajemen

    Akuntansi manajemen merupakan jenis akuntansi yang menghasilkan dua informasi, yaitu informasi kuantitatif dan informasi kualitatif.

    Informasi kuantitatif berisi laporan keuangan, sedangkan informasi kualitatif berbentuk laporan non-keuangan serta tidak menggunakan siklus akuntansi.

    Jenis akuntansi ini menghasilkan laporan keuangan yang bersifat rahasia dan tertutup, artinya hanya pihak manajemen yang dapat mengaksesnya.

  • Akuntansi Pajak

    Akuntansi pajak digunakan untuk menghitung serta menetapkan jumlah pajak perusahaan. Jenis akuntansi ini meliputi berbagai perhitungan pajak seperti PKP, PPh, PPN, dan lainnya.

    Laporan keuangan akuntansi pajak sangat dibutuhkan perusahaan untuk membuat kebijakan mengenai pajak.

Sebagai seorang pebisnis, penting untuk mengetahui jenis akuntansi yang tepat untuk perusahaan Anda.

Oleh karena itu, laporan akuntansi harus dibuat rapi, akurat, dan sistematis. Harmony sebagai software akuntansi sangat mudah digunakan untuk membantu Anda memantau laporan keuangan perusahaan.

Serta, meningkatkan kinerja tim finance dalam menangani tugas-tugas akunting dalam sekejap. Termasuk fitur rekonsiliasi bank otomatis, laporan stok barang, penagihan invoice otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, hingga pembuatan 20 jenis laporan keuangan instan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan FREE Trial 30 hari pakai Aplikasi Harmony tanpa biaya apapun dengan mendaftar di tautan ini.

Buktikan keunggulan fitur Aplikasi Harmony sekarang juga. Info lebih detail, silakan follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK