Harmony Blog

5 Fungsi Neraca Lajur Untuk Keuangan Bisnis

Diposting Jul 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Fungsi Neraca LajurPin

Dalam manajemen keuangan bisnis, fungsi neraca lajur sangat penting. Terutama untuk bahan evaluasi dan analisis laporan keuangan. Jika fungsi neraca lajur berjalan dengan baik, pebisnis akan lebih mudah memantau dan mengetahui gambaran kondisi keuangan usahanya melalui buku besar. Dari buku besar, dapat diketahui neraca saldo dan laporan keuangan segmen investasi usaha tertentu.

Neraca lajur adalah berupa work sheet atau lembaran kertas kerja yang menjadi bagian laporan keuangan perusahaan.Click to Tweet

Salah satu manfaat laporan keuangan adalah memberikan bahan dan materi bagi pemilik bisnis untuk mengambil keputusan penting secara tepat. Karena itu, sangat penting memahami apa saja fungsi neraca lajur yang ada dalam laporan keuangan.

Apa Itu Neraca Lajur?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fungsi neraca lajur, Anda perlu menyimak apa itu neraca lajur. Pengertian neraca lajur adalah dokumen kerja tertulis yang berisi tentang data pembukuan dan umumnya dipakai untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan.

Apa itu neraca lajurPin

Neraca lajur adalah berupa work sheet atau lembaran kertas kerja yang menjadi bagian laporan keuangan perusahaan. Fungsi neraca lajur perusahaan dagang yang utama adalah mendukung proses pembuatan laporan keuangan yang lebih mudah.

Sebagai contoh neraca lajur perusahaan dagang yang berskala besar dengan neraca saldo yang banyak, maka bisa merekap data dengan cepat dan mudah sebelum membuat laporan keuangan yang disesuaikan.

Fungsi Neraca Lajur

Berikut adalah beberapa fungsi neraca lajur atau worksheet yang perlu diketahui. Antara lain:

  1. Evaluasi Transaksi Harian

    Pertama, fungsi neraca lajur adalah memudahkan dalam monitoring dan evaluasi transaksi yang terjadi setiap hari dalam perusahaan. Setiap transaksi yang terjadi, harus selalu dicatat dalam pembukuan yang rapi dan teratur.

    Karena itu, sangat penting membuat neraca lajur perusahaan dagang agar memudahkan setiap pengambilan keputusan penting dan mempercepat proses pencatatan rekap.

    Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Bentuk T Dan Contohnya

  2. Memudahkan Pembuatan Laporan

    Selanjutnya, fungsi neraca lajur adalah memudahkan pembuatan atau penyusunan laporan keuangan. Proses penyusunan neraca lajur adalah membutuhkan ketelitian dan keahlian, sebab terkadang alur dan transaksi dalam jumlah besar.

    Neraca lajur perusahaan dagang akan meringkas dengan poin-poin penting sehingga laporan keuangan bisa disusun dengan mudah.

    Termasuk, dalam hal melihat laporan jumlah saldo transaksi, cukup melihat dari neraca lajur nantinya bisa lebih mudah melakukan penyesuaian atau dijadikan sebagai neraca saldo.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Berisi Ringkasan Data

    Dari data transaksi yang awalnya detail dan memiliki sejumlah atribut, dalam neraca lajur perusahaan dagang  hanya akan tercantum ringkasan poin-poin utama. Jadi, bisa dikatakan, dalam hal ini fungsi neraca lajur adalah meringkas detail transaksi agar lebih rapi dan terorganisir. Sehingga, akan lebih mudah dipahami, dibaca, dan dilihat oleh pihak manajemen perusahaan.

  4. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

    Fungsi lain dari neraca lajur adalah menambah tingkat kredibilitas perusahaan di mata investor atau klien dan mitra bisnisnya. Sebab, pengelolaan laporan keuangan yang tersusun rapi, sistematis, dan terorganisir, tentu memperlihatkan kinerja tim finance yang profesional.

    Begitu juga dengan neraca lajur perusahaan dagang yang terstruktur. Hal ini menunjukkan prosedur dan alur kerja perusahaan yang baik untuk memantau dan melacak arus kas yang masuk dan keluar melalui neraca lajur.

  5. Menghindari Kesalahan Pencatatan

    Dengan adanya neraca lajur, pencatatan dan pendataan transaksi menjadi lebih rapi dan cepat. Hal ini penting, sebab kinerja tim accounting bisa terkendala karena kesalahan manual dalam menuliskan total saldo atau penjumlahan angka. Bentuknya lebih ringkas, neraca lajur bisa meminimalisir kesalahan manual.

Dapat disimpulkan, dengan memahami fungsi neraca lajur di atas, membuat neraca sangat penting untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan. Di masa sekarang, sudah tidak relevan untuk membuat buku besar secara manual karena rentan risiko kesalahan.

Jika Anda ingin proses pembuatan neraca dan laporan keuangan semakin efektif dan efisien, segera pakai Software Akuntansi Harmony. Fitur dan modul akunting yang mudah digunakan berbasis teknologi Cloud.

Software Akuntansi Harmony telah digunakan oleh ribuan klien dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Menyederhanakan proses pembukuan seperti stock opname, pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank, serta otomasi pembuatan lebih dari 20 jenis  laporan keuangan instan.

Penasaran seberapa canggih fitur-fiturnya? Anda juga bisa klik tautan ini untuk mencoba GRATIS aplikasi Harmony selama 30 hari. Silakan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony info lebih lanjut.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony