Harmony Blog

5 Contoh Usaha Jasa Profesi Kekinian Yang Populer

Diposting Mei 31st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Contoh Usaha Jasa ProfesiPin

Di tengah krisis pandemi saat ini, banyak orang yang menjadi korban PHK dan menjadi pengangguran. Tetapi, meskipun berhenti jadi pegawai, bukan berarti penghasilan juga terhalang, kan! Justru membuat Anda menjadi pebisnis baru.

Usaha jasa adalah suatu peluang mendapatkan penghasilan dari memberikan layanan, keterampilan, tenaga, atau ilmu tertentu.Click to Tweet

Masih ada banyak contoh usaha jasa profesi yang bisa dijalankan dengan modal minim. Jangan lupa, buat laporan perubahan modal dalam satu periode, agar lebih mudah mengetahui berapa modal awal dan modal akhir nanti.

Saat ini ada banyak ide usaha jasa dan contoh usaha jasa profesi yang mudah dilakoni tanpa harus keluar rumah. Tentunya, meski begitu, Anda masih perlu menerapkan strategi pemasaran jasa yang efektif. Misalnya, melalui media sosial atau menggunakan website dan platform online.

Contoh bisnis plan yang banyak ditekuni orang, jualan baju atau jualan lauk-pauk secara online. Tak perlu keluar rumah, omset penghasilan jutaan bisa diraih! Apa saja ya, contoh usaha jasa profesi yang bisa dicoba? Ini dia daftarnya untuk Anda!

Contoh Usaha Jasa Profesi

Usaha jasa adalah suatu peluang mendapatkan penghasilan dari memberikan layanan, keterampilan, tenaga, atau ilmu tertentu. Dengan begitu, bisa dibilang usaha jasa adalah layanan yang tidak memberikan produk barang, tetapi tenaga atau keahlian/ skill tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh usaha jasa profesi yang populer dan semakin trend di kalangan milenial dan generasi muda:

  1. Bisnis Jasa Titip

    Contoh populer dari usaha jasa adalah jasa titip. Ide bisnis jasa ini sama sekali tidak membutuhkan modal apapun. Anda hanya perlu menanamkan kepercayaan kepada pelanggan agar mau menggunakan bisnis jasa titip Anda. Perlahan mungkin bisa menawarkan bisnis jasa titip ke teman, kerabat, atau tetangga.

    Jadi, bisnis jasa titip ini memungkinkan Anda untuk membelikan barang di suatu toko atau penjual dan mendapatkan upah dari konsumen tersebut. Contoh usaha jasa profesi ini, membelikan baju atau tas di toko branded, misalnya.

    Anda cukup datang ke toko branded di mall atau negara tertentu, kemudian membelikan barang yang dipesan konsumen.

    Bisnis jasa titip memang membutuhkan kepercayaan tinggi saat transaksi. Karena, konsumen harus mentransfer uang sejumlah harga barang terlebih dulu, baru Anda akan membelikan.

    Baca Juga: Bisnis Plan Jasa Yang Mudah Untuk Diterapkan

  2. Bisnis Jasa Foto

    Contoh usaha jasa profesi lainnya adalah bisnis jasa foto. Masyarakat modern dikenal sebagai kaum eksis dan sangat lekat dengan media sosial. Maka itu, bisnis jasa foto semakin diminati dari hari ke hari.

    Jika dulu, bisnis jasa foto mungkin hanya menyediakan studio foto bagi pelanggan. Maka, sekarang bisnis jasa foto sudah berinovasi.

    Bisnis jasa foto bisa menyediakan make up, wardrobe/ busana, hingga siap menemani pelanggan bepergian ke luar negeri. Terutama, bagi pelanggan yang ingin mengabadikan liburannya di tempat-tempat spesial atau ke luar negeri.

  3. Bisnis Jasa Desain Interior dan Arsitektur

    Contoh usaha jasa profesi berikutnya adalah ide usaha jasa desain interior dan arsitektur. Pekerjaan ini dibutuhkan masyarakat menengah ke atas perkotaan untuk menciptakan hunian yang elegan, mewah, dan mengesankan. Layanan bisnis jasa desain interior dan arsitektur membutuhkan teknik dan kreativitas tinggi. Maka itu, upah atau komisi dalam satu project juga lumayan besar.

    Contoh usaha jasa profesi designPin

    Agar konsumen lebih tertarik dengan bisnis jasa yang Anda tawarkan, buatlah portofolio contoh hasil yang pernah dikerjakan. Selain itu, berikan penawaran harga spesial yang bersaing dibandingkan kompetitor.

    Dengan begitu, akan lebih mudah memasarkan bisnis jasa desain interior dan arsitektur milik Anda.

  4. Bisnis Jasa Konsultan

    Jika Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun di suatu bidang profesi, Anda bisa membuka ide usaha jasa sebagai konsultan. Di bidang konsultan, contoh usaha jasa adalah konsultan bisnis. Wow, apa tugasnya?

    Contoh usaha jasa profesi sebagai konsultan bisnis ini, memberikan nasihat atau saran kepada pelaku usaha.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Misalnya, bagaimana untuk memperoleh surat izin legalitas usahanya, memasarkan produk/ jasanya, hingga memberi rekomendasi tentang investasi usaha yang prospektif.

    Semakin banyak klien yang pernah menggunakan bisnis jasa konsultan Anda, akan semakin mudah memasarkan diri.

  5. Bisnis Jasa Les/ Tutor Belajar

    Contoh usaha jasa profesi yang semakin populer di tanah air adalah tutor les atau tutor bimbingan belajar. Semenjak pandemi COVID19, pelajar diimbau belajar online dari rumah. Tentunya, banyak kendala jika harus belajar jarak jauh tanpa bimbingan guru secara langsung.

Bisnis jasa les belajar tidak hanya menawarkan bimbingan mata pelajaran di sekolah. Tetapi, juga bisa menawarkan tentang belajar mengaji, belajar bahasa asing, hingga memainkan instrumen musik.

Jadi, contoh usaha jasa profesi yang mana nih, yang sesuai dengan keahlian Anda? Apapun ide usaha jasa yang dipilih, pastikan untuk tetap memantau laporan keuangan dan pembukuan usaha dengan Software Akuntansi Harmony, ya.

Software Akuntansi Harmony menyediakan fitur akunting untuk pencatatan transaksi, laporan laba-rugi, laporan perubahan modal, dan masih ada 20 jenis laporan keuangan lainnya siap pakai.

Tanpa bukti masih ragu? Silakan coba GRATIS 30 hari aplikasi Harmony dengan klik tautan ini. Anda juga bisa mendapatkan info terupdate lainnya setiap hari, cukup like dan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony di media sosial.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony