Harmony » Blog » 

5 Cara Pengendalian Bahan Baku Untuk Manufaktur

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Februari 26, 2021

Pengendalian bahan baku penting diperhatikan oleh industri manufaktur. Manajemen bahan baku yang baik bisa memaksimalkan keuntungan yang ingin dicapai perusahaan. Dalam pengendalian bahan baku untuk industri manufaktur terdapat 5 metode pengendalian persediaan. 

Dalam mengendalikan persediaan ada lima metode yang bisa digunakan perusahaan agar penggunaanya bisa dimaksimalkan serta mengurangi resiko kerugian

Pengertian & Tujuan Pengendalian Bahan Baku



Sebelum membahas metode apa saja yang digunakan untuk pengendalian biaya bahan baku sebaiknya ketahui dahulu pengertiaan dari pengendalian bahan baku tersebut. Pengendalian bahan baku menurut Widjaja (1996 : 3) adalah upaya perusahaan untuk mengatur, mengawasi hingga melaksanakan pengadaan bahan baku sesuai yang dibutuhkan perusahaan untuk produksi.

Tujuan dari pengendalian persediaan bahan baku diantaranya adalah sebagai berikut :

• Menurut Assauri (1998 : 17) tujuan dari pengendalian biaya bahan baku untuk menghindari over stock maupun kekurangan stok bahan baku.

• Menghindari resiko keterlambatan pengiriman barang serta inflasi atas bahan baku tersebut

• Perusahaan bisa mendapatkan potongan harga dari pembelian bahan baku dalam jumlah tertentu serta penentuan cost of goods sales

• Mengantisipasi bila terjadi retur atau pengembalian barang atas kesalahan penjual maupun terjadi kerusakan yang tidak diinginkan saat pendistribusian barang tersebut

• Menyediakan barang untuk konsumen yang melakukan penjualan secara tunai sehingga ketersediaan produk mampu memenuhi kebutuhan pelanggan

• Sebagai stok untuk barang yang dihasilkan secara musiman. Pasalnya perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang membuat sendiri produk yang ditawarkannya

5 Metode Pengendalian Bahan Baku

Dalam pengendalian biaya bahan baku ada 5 metode yang bisa dipilih perusahaan manufaktur diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Metode The Mix-Max

Metode ini menggunakan asumsi tingkat minimum dan maksimum ketersediaan bahan baku. Dalam menggunakan metode ini pihak perusahaan perlu menentukan berapa tingkat minimum bahan baku sehingga bisa diketahui kapan pemesanan bahan baku dapat dilakukan.

Tidak hanya mengetahui jumlah minimum stok yang tersedia namun juga berapa jumlah maksimal bahan baku yang perlu dipesan. Jumlah bahan baku yang dipesan tidak boleh melebihi jumlah maksimum stok.

2. Metode The Two-bin

Metode The Two-bin adalah metode pengendalian persediaan dengan membagi bahan baku menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah bahan baku diterima serta pesanan dilakukan.

Bahan baku kedua adalah bahan baku yang digunakan ketika pemesanan dan pengiriman produk. Metode dua wadah ini merupakan pengendalian bahan baku dimana persediaan yang digunakan apabila salah satu dari dua golongan persediaan bahan baku tersebut kosong. Pemesanan bahan baku kembali akan dilakukan jika bahan baku pertama telah habis.

3. Metode Order Cycling

Metode order cycling  merupakan metode pengendalian persediaan dengan cara mengecek secara fisik persediaan bahan baku yang dimiliki. Pemeriksaan fisik ini bisa dilakukan setiap satu bulan atau tiga bulan sekali. Hasil dari pemeriksaan ini membantu perusahaan mendapatkan informasi yang real time atas stok bahan bakunya.

Selain itu metode ini mendukung perusahaan dalam mengidentifikasi kerusakan bahan baku karena  sistem penyimpanan yang tidak benar. Metode order cycling juga dapat mengidentifikasi barang cacat ataupun kadaluarsa.

[elementor-template id="26379"]

4. Metode ABC (The ABC Plan)

Metode ABC (The ABC Plan) banyak dipilih oleh korporasi berskala besar. Hal ini karena perusahaan besar memiliki persediaan bahan baku yang besar.  Dalam metode ini persediaan bahan baku dibagi atas tiga kelompok yakni :

• Kelompok A merupakan bahan baku bernilai tinggi dengan jumlah persediaan kecil namun pemesanannya dan pengawasannya tinggi

• Kelompok B memiliki nilai sedang. Jumlah bahan baku ini sesuai dengan jumlah kebutuhan pesanan produk yang dibeli

• Kelompok C adalah bahan baku bernilai rendah namun jumlah persediaannya besar dengan pengawasan rendah serta pemesanan yang rendah

5. Metode Periodic Review

Metode ini menggunakan jarak waktu atas dua pesanan adalah tetap. Hal ini berdampak pada jumlah pesanan setiap periode berbeda setiap pemesanan periodiknya. Dalam melakukan pemesanan bahan baku pihak perusahaan akan melihat saldo bahan baku terakhir yang dimiliki pada satu kali periode.

Dengan memahami metode pengendalian bahan baku Anda akan lebih hemat dan efisien dalam memproduksi barang. Keuntungan juga bisa dimaksimalkan dengan menekan biaya produksi barang. Selanjutnya Anda hanya perlu untuk memonitor dan menganalisa semua laporan keuangan yang tersajikan, apakah berjalan dengan baik dan wajar atau ada hal yang harus diperbaiki.

Masih repot mendapatkan laporan keuangan? Kini Anda tidak perlu khawatir, jasa pembukuan berbasis teknologi dan profesional akan membantu Anda dalam membereskan segala transaksi Anda. Lalu Anda akan terima beres laporan keuangan setiap bulannya dan dibantu juga menghitung serta melaporkan pajak.

Teknologi yang digunakan oleh layanan profesional ini adalah software akuntansi Harmony. Merupakan sistem yang memudahkan dalam pembuatan invoice, tracking persediaan barang, melacak biaya yang terjadi dan juga menyediakan laporan keuangan yang beragam secara realtime. Mudah, kapan saja dan di mana saja Anda bisa menggunakannya. Yuk, coba gratis 30 Hari Harmony di sini agar Anda bisa menikmati kemudahan pembukuan bisnis. Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti  FacebookInstagram dan Linked In.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram