Bagaimana sih cara membuat tagline? Mungkin banyak pebisnis yang masih bingung dan bertanya-tanya soal cara membuat tagline. Bukan tanpa sebab, dalam hal pemasaran, cara membuat tagline yang tepat sangat berpengaruh terhadap minat konsumen dan seberapa jauh masyarakat mengenal atau mengingat produk.
Bahkan, mungkin cara membuat tagline adalah salah satu trik yang sudah umum diketahui serta digunakan dalam pemasaran produk. Perlu diingat bahwa tagline tidak hanya sekedar alat pemasaran saja. Akan tetapi, dengan mengetahui cara membuat tagline yang efektif, maka nantinya tagline dapat menjadi ciri khas dan branding produk.
Dengan demikian, tagline menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pemasaran digital. Pahami cara pembuatan tagline yang menarik dan efektif dengan cara membaca artikel ini hingga habis.
Table of Contents
Sebelum mengetahui cara membuat tagline yang menarik dan efektif, ada baiknya Anda pahami dulu apa itu tagline. Menurut kamus Cambridge, tagline adalah slogan yang dibuat untuk kepentingan rencana strategis pemasaran.
Biasanya, tagline tidak lebih dari 7 kata dan memiliki pesan kuat yang ditujukan untuk target konsumen perusahaan tersebut. Akibatnya, ketika mendengar atau membaca 7 kata tersebut konsumen langsung teringat dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang menggunakan tagline itu. Bahkan, ketika 7 kata tersebut sebenarnya digunakan dalam konteks atau bahkan produk yang berbeda.
Berikut ini contoh tagline produk yang menurut penulis adalah contoh tagline menarik:
Untuk membuat tagline sebagai cara komunikasi non verbal yang menarik, Ana harus memperhatikan beberapa cara membuat tagline berikut ini.
Strategi pemasaran produk yang menyasar anak-anak di bawah usia 5 tahun tentu berbeda dengan strategi pemasaran produk yang menyasar remaja atau orang dewasa. Sehingga, dibutuhkan cara membuat tagline yang berbeda pula antar segmen konsumen yang berbeda.
Dalam hal ini contoh tagline menarik yang dapat Anda lihat adalah contoh tagline barbershop di Yogyakarta di atas. Dari tagline produk di atas terlihat bahwasanya target konsumen tempat tersebut adalah konsumen laki-laki. Lain halnya dengan tagline teh botol sosro yang menargetkan semua kalangan.
Cara membuat tagline berikutnya adalah menawarkan keunikan. Contoh tagline menarik dalam hal ini adalah tagline yang dibuat oleh provider digital “By U”. Dari tagline tersebut jelas bahwa provider baru ini menawarkan sesuatu yang unik yaitu pengguna dapat membeli semua produk By U sesuai keinginan pengguna tersebut.
[elementor-template id="26379"]
Tagline adalah kata-kata yang singkat, sederhana dan mudah diingat. Cara membuat tagline ini difungsikan agar orang-orang yang hanya melihat produk secara sekilas dapat dengan cepat mengingat tagline tersebut.
Mudah diingat saja tidak cukup, cara membuat tagline produk akan lebih efektif apabila secara tidak langsung mengandung call to action (CTA). Contoh tagline menarik dari hal ini adalah tagline “Cobain, Kuy” yang terdapat pada iklan Neo Coffee.
Tagline yang plagiat tidak hanya buruk bagi pemasaran produk perusahaan Anda tetapi juga buruk bagi citra perusahaan Anda di mata konsumen. Tentu Anda tidak ingin diingat sebagai perusahaan yang minim orisinalitas, bukan?
Ternyata, tidak begitu sulit kan, cara membuat tagline yang menarik dan mudah diingat konsumen? Selain tagline yang unik, tentunya pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis juga sangat mendukung kesuksesan bisnis Anda. Sederhanakan tugas tim keuangan Anda dengan menggunakan aplikasi Harmony. Aplikasi Harmony sebagai solusi pembukuan yang lebih cepat, modern, dan rapi.
Dilengkapi fitur dan modul akuntansi yang meningkatkan proses pembukuan secara otomatis dan praktis. Aplikasi Harmony mudah dipahami dan digunakan, tanpa harus menguasai keahlian di bidang akuntansi.
Yuk, daftarkan diri Anda atau bisnis Anda di sini dan dapatkan Gratis berlangganan selama 30 Hari. Jadilah yang pertama tahu informasi menarik seputar akuntansi dan penawaran spesial lainnya, dengan follow Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.