Harmony Blog

5 Cara Membuat Tagline Yang Menarik dan Efektif

Diposting Apr 30th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Cara Membuat TaglinePin

Bagaimana sih cara membuat tagline? Mungkin banyak pebisnis yang masih bingung dan bertanya-tanya soal cara membuat tagline. Bukan tanpa sebab, dalam hal pemasaran, cara membuat tagline yang tepat sangat berpengaruh terhadap minat konsumen dan seberapa jauh masyarakat mengenal atau mengingat produk.

Bahkan, mungkin cara membuat tagline adalah salah satu trik yang sudah umum diketahui serta digunakan dalam pemasaran produk. Perlu diingat bahwa tagline tidak hanya sekedar alat pemasaran saja. Akan tetapi, dengan mengetahui cara membuat tagline yang efektif, maka nantinya tagline dapat  menjadi ciri khas dan branding produk.

Tagline secara tidak langsung akan mempengaruhi minat konsumen terhadap produk AndaClick to Tweet

Dengan demikian, tagline menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pemasaran digital. Pahami cara pembuatan tagline yang menarik dan efektif dengan cara membaca artikel ini hingga habis.

Definisi Tagline

Sebelum mengetahui cara membuat tagline yang menarik dan efektif, ada baiknya Anda pahami dulu apa itu tagline. Menurut kamus Cambridge, tagline adalah slogan yang dibuat untuk kepentingan rencana strategis pemasaran.

Biasanya, tagline tidak lebih dari 7 kata dan memiliki pesan kuat yang ditujukan untuk target konsumen perusahaan tersebut. Akibatnya, ketika mendengar atau membaca 7 kata tersebut konsumen langsung teringat dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang menggunakan tagline itu. Bahkan, ketika 7 kata tersebut sebenarnya digunakan dalam konteks atau bahkan produk yang berbeda.

Definisi taglinePin

Contoh Tagline Yang Menarik

Berikut ini contoh tagline produk yang menurut penulis adalah contoh tagline menarik:

  • Nyatanya pasti nyegerin- Sprite.
  • I’m loving it- Mc Donald.
  • Semuanya semaunya- Provider digital By U.
  • Karena tampan adalah hak semua orang- tagline sebuah barbershop di Kota Yogyakarta.
  • Cobain, Kuy- Neo Coffee.
  • Apapun makanan nya, minum nya tetap teh botol sosro – Teh Botol Sosro.
  • Anti kerut, anti bocor charm body fit- Produk pembalut wanita Charm.
  • Putih bening bersinar, Sunlight- Sabun cuci piring Sunlight.
  • Diputar, dijilat, dicelupin- Oreo.
  • Masak jeruk makan jeruk?- Nutrisari.
  • Susu bendera coklat, nikmat! Hingga tetes terakhir, Susu saya susu bendera!- Susu bendera (Frisian Flag).
  • Aku dan Kau, Suka Dancow- Susu Dancow.

5 Cara Membuat Tagline Yang Menarik

Untuk membuat tagline sebagai cara komunikasi non verbal yang menarik, Ana harus memperhatikan beberapa cara membuat tagline berikut ini.

  1. Kenali Siapa Target Konsumen Anda

    Strategi pemasaran produk yang menyasar anak-anak di bawah usia 5 tahun tentu berbeda dengan strategi pemasaran produk yang menyasar remaja atau orang dewasa. Sehingga, dibutuhkan cara membuat tagline yang berbeda pula antar segmen konsumen yang berbeda.

    Dalam hal ini contoh tagline menarik yang dapat Anda lihat adalah contoh tagline barbershop di Yogyakarta di atas. Dari tagline produk di atas terlihat bahwasanya target konsumen tempat tersebut adalah konsumen laki-laki. Lain halnya dengan tagline teh botol sosro yang menargetkan semua kalangan.

  2. Pahami Tujuan Iklan Produk Anda dan Nilai Unik Yang Ditawarkan

    Cara membuat tagline berikutnya adalah menawarkan keunikan. Contoh tagline menarik dalam hal ini adalah tagline yang dibuat oleh provider digital “By U”. Dari tagline tersebut jelas bahwa provider baru ini menawarkan sesuatu yang unik yaitu pengguna dapat membeli semua produk By U sesuai keinginan pengguna tersebut.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Singkat, Sederhana, Memiliki Kesan Kuat, dan Mudah Diingat

    Tagline adalah kata-kata yang singkat, sederhana dan mudah diingat. Cara membuat tagline ini difungsikan agar orang-orang yang hanya melihat produk secara sekilas dapat dengan cepat mengingat tagline tersebut.

  4. Mengundang Tindakan (Emosi)

    Mudah diingat saja tidak cukup, cara membuat tagline produk akan lebih efektif apabila secara tidak langsung mengandung call to action (CTA). Contoh tagline menarik dari hal ini adalah tagline “Cobain, Kuy” yang terdapat pada iklan Neo Coffee.

  5. Tidak Plagiat

    Tagline yang plagiat tidak hanya buruk bagi pemasaran produk perusahaan Anda tetapi juga buruk bagi citra perusahaan Anda di mata konsumen. Tentu Anda tidak ingin diingat sebagai perusahaan yang minim orisinalitas, bukan?

Ternyata, tidak begitu sulit kan, cara membuat tagline yang menarik dan mudah diingat konsumen? Selain tagline yang unik, tentunya pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis juga sangat mendukung kesuksesan bisnis Anda. Sederhanakan tugas tim keuangan Anda dengan menggunakan aplikasi Harmony. Aplikasi Harmony sebagai solusi pembukuan yang lebih cepat, modern, dan rapi.

Dilengkapi fitur dan modul akuntansi yang meningkatkan proses pembukuan secara otomatis dan praktis. Aplikasi Harmony mudah dipahami dan digunakan, tanpa harus menguasai keahlian di bidang akuntansi.

Yuk, daftarkan diri Anda atau bisnis Anda di sini dan dapatkan Gratis berlangganan selama 30 Hari. Jadilah yang pertama tahu informasi menarik seputar akuntansi dan penawaran spesial lainnya, dengan follow Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony