4 Tips Dalam Membuat Keputusan Ditengah Krisis
Harmony Blog
Business
4 Tips Dalam Membuat Keputusan Ditengah Krisis
May 5, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Berita mengenai Covid-19 pada saat ini sangatlah cepat informasi dan perubahan yang diberitakan. Namun kita tidak boleh panik dalam menghadapi keadaan ini dan terus berusaha untuk membuat keputusan bijak ditengah krisis dalam melindungi diri sendiri dan selalu mendukung sesama untuk melawan virus yang semakin hari semakin besar pengaruhnya, baik dalam lingkungan ataupun dalam masyarakat itu sendiri.

Bertindak bijaklah dalam mengambil setiap keputusan yang baik dalam situasi krisis seperti ini.

Bukan saja hanya masyarakat, perusahaan juga sangat memperhatikan setiap keputusan yang ingin di tetapkan dan bagaimana cara untuk pemimpin bisnis melewati krisis wabah corona pada saat ini.

Dikutip dari Art Markman tentang bagaimana tips dalam membuat keputusan ditengah krisis yang terjadi pada saat ini, dan bagiaman cara kita untuk menyikapi keputusan yang sudah kita ambil.

Berikut 4 Tips Dalam Membuat Keputusan Ditengah Krisis

1. Selalu Memperhatikan Setiap Ancaman Pada Covid-19

Banyak berita yang memberikan informasi terhadap perkembagan covid-19, baik berita mengenai bertambah nya penularan virus terhadap masyarakat ataupun jumlah korban yang sudah tertular akibat virus covid-19 tersebut, sehingga banyak informasi atau berita baru setiap harinya dikarenakan virus covid yang sudah menyebar luas di setiap negara, salah satunya indonesia. Maka dari itu untuk setiap masyarakat dipersiapkn untuk memperhatikan ancaman yang terjadi pada saat ini. Sehingga ancaman tersebut dapat dicegah, dan virus pun tidak semakin meyebar luas, sehingga tidak bertambahnya korban-korban yang tertular akibat virus covid-19 tersebut.

2. Mengambil Tindakan Terhadap Informasi Mengenai Virus Covid-19

Banyak beberapa informasi yang telah menyebar luas mengenai virus tersebut, namun sebaiknya Anda harus lebih bijak dan teliti dalam memilih berita atau informasi yang ingin Anda baca, sebab banyak berita dan informasi yang tidak sesuai dengan apa yang diberitakan, sehingga semakin menambah kepanikan bagi pembaca dalam menanggapi situasi krisis yang terjadi pada saat ini. Maka dari itu mulailah dalam memilih sebuah berita yang ingin Anda baca.

Baca juga : 10 Tips Agar Bisnis Bertahan Ditengah Wabah Corona

3. Memiliki Tindakan dalam Mencengah Covid-19

Anda dapat melakukan tindakan dalam mencengah Covid-19 dengan cara seperti mencuci tangan, hindari menyentuh wajah, dan memberikan jarak terhadap orang yang di sekitar kita, dan mengurangi setiap kegiatan di luar rumah. Apabila Jika sudah berkurangnya korban yang tertular akan virus tersebut, itu berarti upaya pencegahan yang dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus sudah berhasil ditangani. Namun, untuk mengontrol dan menjalankan kondisi tersebut sangat sulit dilakukan. Akibatnya, sulit untuk mengetahui dampak orang yang tidak terkena virus walaupun hanya melakukan tindakan dan program yang sesuai prosedur. Maka dari itu untuk masyarakat haruslah tetap berhati hati dalam bertindak dan mengambil keputusan di situasi krisis seperti ini.

4. Mengambil keputusan yang Tepat

Dalam situasi krisis seperti ini sagatlah mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan. Ancaman, ketidakpastian dalam informasi, bahkan kecemasan membuat kita mengambil keputusan secara cepat, tanpa memikirkan resiko apa yang akan kita dapat dalam mengambil keputusan tersebut.

Misalnya, saat kita membaca informasi mengenai Covid-19, membuat kita semakin penasaran sehingga banyak orang menghabiskan banyak waktu untuk mencari pembaruan berita yang berkaitan dengan virus dan penyebaranya. Bukan suatu hal yang salah ketika kita mencari informasi mengenai virus tersebut, namun kita juga harus tahu apakah berita atau informasi yang disampaikan benar-benar terjadi, atau hanya menyebarkan berita negatif yang tidak sesuai dengan keadaan yang diberitakan, sehingga pembaca pun semakin merasa panik dan menyebabkan stres bahkan gangguan terhadap kesehatan yang membuat pembaca semakin memikirkan hal-hal yang merasa membuatnya semakin cemas dan khawatir dalam situsi krisis seperti ini. Maka dari itu ambilah berita yang positif, yang membuat Anda semakin tau bagaimana cara bertindak dengan baik, seperti contoh berita mengenai bagaimana pelajaran dan reaksi perusahaan cina terhadap Virus Corona dan berita lainya yang mengandung sebuah nilai untuk Anda semakin lebih baik dalam menghadapi situasi krisis pada saat ini.

Sudahkah Anda mengambil keputusan yang baik di tengah krisis nya situasi yang kini sedang terjadi pada saat ini ?
ambilah keputusan tepat dan baik dalam kondisi krisi seperti ini, bukan hanya di masyarakat. Setiap perusahaan pun harus mengambil setiap keputusan baik untuk menjaga setiap karyawannya dan mempertahankan perusahaannya. Maka dari itu perusahaan mempekerjakan setiap karyawan di rumah masing-masing dalam menerapkan Work From Home yang ditetapkan oleh pemerintah. Baik dalam melakukan setiap pembukuan ataupun pekerjaan lainya.

Namun bagi setiap perusahaaan tidak perlu cemas dan khawatir dalam memikirkan setiap pembukuan yang ingin diselesaikan, kini Anda dapat menggunakan Software Akuntansi dari Harmony.

Gunakan sistem akuntansi untuk membantu Anda mencatat laporan pengeluaran dan pemasukan keuangan tersebut, seperti Harmony Smart Accounting Solution, yang mampu membantu Anda membuat pelaporan keuangan yang lebih simple tanpa ribet dan bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Daftarkan sekarang disini, raih GRATIS 30 Hari penggunaannya, dan nikmati kemudahannya hanya dalam genggaman perangkat Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/