Harmony Blog

10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
5

SHARES

PEMBACA

Repeat-Order-HarmonyPin

Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut dalam artikel ini akan membahas mengenai apa itu repeat order dan tips untuk meningkatkan repeat order.

Pebisnis berusaha meningkatkan repeat order karena dapat menciptakan reputasi baik dan juga keuntungan bagi perusahaannya.

Secara sederhana pengertian repeat order merupakan suatu perilaku konsumen yang membeli kembali atau melakukan transaksi kembali atas suatu produk yang sama dan juga pada toko yang sama.

Perilaku konsumen ini terjadi karena konsumen menyukai produk yang ditawarkan oleh suatu toko tersebut. Tentu perilaku konsumen seperti inilah yang sangat diinginkan oleh para penjual.

Saat memulai bisnis, menghabiskan produk memang merupakan suatu hal yang cukup mudah, namun untuk mendapatkan pembeli yang sama secara berulang juga menjadi salah satu goals dalam menjalankan bisnis.

Sukses dalam berbisnis tentu impian semua para pebisnis, namun untuk memulai dan meraih kesuksesan tersebut Anda juga harus memiliki berbagai cara untuk melakukannya.

Adapun tips atau cara yang dapat Anda gunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan repeat order pada bisnis Anda, berikut 10 tips nya:

1. Meningkatkan Basis Pelanggan Melalui Program Referal

Dengan melalui program referall ini, tidak hanya membantu Anda dalam menambah pelanggan baru saja. Melainkan dapat membuat pelanggan Anda menjadi semakin setia pada bisnis Anda.

Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memberikan diskon untuk pelanggan Anda yang menggunakan kode referral dan insentif untuk mereka yang berhasil mengajak orang lain untuk datang berbelanja di toko Anda. Dengan strategi promosi seperti ini Anda dapat menghasilkan pelanggan baru bagi bisnis Anda.

2. Berikan Insentif Poin Agar Repeat Order

Menerapkan program poin merupakan jenis program loyalitas pelanggan yang sering digunakan oleh bisnis ritel untuk meningkatkan repeat order. Biasanya pelanggan akan mendapatkan poin tambahan jika konsumen melakukan pembelian, memberikan ulasan produk, atau berbagi info mengenai produk di media sosial.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Minimarket dengan Modal Terjangkau

Setelah itu poin yang sudah dikumpulkan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah atau diskon menarik yang bisa disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.

3. Memberikan Diskon Untuk Pelanggan

Memberikan sebuah diskon tentu akan dapat meningkatkan penjualan berulang (repeat order). Mungkin Anda khawatir jika memberikan diskon dapat mengurangi keuntungan Anda, namun dengan adanya strategi yang benar diskon tentunya akan membantu Anda dalam meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Anda juga dapat menentukan harga jual dan menerapkan diskon ini khusus kepada pelanggan yang terdaftar sebagai member di toko Anda. Anda juga dapat menyesuaikan diskon tersebut berdasarkan poin dan juga uang yang dibelanjakan oleh pelanggan Anda.

4. Adakan Program VIP Agar Pelanggan Repeat Order

Status VIP tentu dapat membuat orang merasa diperlakukan spesial. Program ini merupakan program loyalitas pelanggan tingkat tertinggi. Tentu pelanggan akan merasa senang apabila mereka memiliki status yang lebih tinggi dari pada pelanggan lainnya.

Anda bisa memberikan status VIP kepada pelanggan yang memiliki jumlah pembelian terbanyak. Anda dapat memberikan keistimewahan kepada pelanggan seperti memberikan undangan ke acara khusus, akses cepat ke produk baru Anda, atau memberikan jenis sale yang dapat mereka pilih sendiri.

Baca Juga: Penjelasan dan Cara Menghitung BEP (Break Even Point) dalam Bisnis

5. Memanfaatkan Personalised Marketing

Untuk meningkatkan repeat order pada bisnis, Anda dapat mengirim penawaran melalui email kepada pelanggan berdasarkan sesuai dengan riwayat pembelian sebelumnya dan mengingatkan pelanggan tentang barang tambahan yang mungkin pelanggan Anda perlukan dengan jenis barang yang mereka beli.

Seperti contoh, Anda menawarkan kabel HDMI kepada pelanggan yang membeli pemutar DVD, maka Anda dapat memberikan pernyataan seperti ini “Terimakasih telah membeli pemutar DVD dari kami, apakah Anda juga membutuhkan Kabel HDMI?”

6. Meningkatkan Repeat Order Melalui Retargeting

Agar pelanggan Anda selalu kembali dan membeli barang Anda dengan berulang kali, salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengingatkan pelanggan Anda untuk membeli produk Anda melalui email, iklan media sosial, pencarian, dan juga tampilan gambar.

Untuk memudahkan Anda dalam menggunakan email retargeting, Anda dapat menggunakannya dengan sistem otomatisasi pemasaran.

Dengan sistem ini dapat menjadwalkan email Anda, mendesain marketing camping Anda, membuat tringger untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada penggunjung situs web Anda, dan masih banyak lagi.

7. Mengutamakan Kualitas Produk

Kualitas produk adalah syarat untuk meningkatkan repeat order pada bisnis Anda. Dengan memberikan produk yang berkualitas, Anda sudah tidak perlu lagi untuk menunggu waktu yang lama dalam mendapatkan banyak konsumen.

Sebab apabila konsumen merasa puas dengan produk yang Anda jual, maka mereka akan terus mempromosikan dan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain, ini juga termaksud dalam strategi promosi.

Maka untuk itu jangan mengabaikan setiap kualitas produk yang Anda jual, selalu tetapkan fitur yang mampu meningkatkan fungsi dan ketangguhan produk Anda.

Anda dapat melihat produk pesaing Anda, dengan Anda melihat produk dari pesaing, maka yang harus Anda lakukan adalah mempelajari dan menerapkan kelebihan dalam untuk produk Anda.

8. Mengumpulkan User Generated Content (UGC)

User generated content (UGC) adalah konten yang berasal dari pengguna atau pelanggan. Anda dapat meminta pelanggan untuk memberikan komentar mengenai produk dan pengalaman yang sudah mereka dapat mengenai brand dalam situs web Anda.

Selain itu Anda juga dapat meminta pelanggan untuk memposting foto pengalaman mereka mengenai produk Anda di sosial media mereka. UGC juga merupakan sosial proof yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand Anda dan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

9. Memberikan Layanan Terbaik

Tentu semua konsumen itu sama, baik dari seberapa banyak uang yang mereka keluarkan, berapa banyak produk yang konsumen beli, tentu semua konsumen memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Apabila konsumen merasa puas saat membeli produk Anda untuk pertama kali. Tentu konsumen akan datang lagi untuk membelinya dengan jumlah yang lebih besar dari pesanan pertama.

Namun jika ingin memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan, Anda dapat mengaplikasikan dukungan support seperti, live chatting, email dan telepon atau dapat ditingkatkan dengan cara melayani dan mengejar kepuasan konsumen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

10. Meningkatkan Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan

Sumber daya manusia yang dimaksud dalam perusahaan di sini adalah seperti pemimpin maupun karyawan, tentu yang membawa divisi ini harus dapat saling memberikan dukungan dan pengarahan yang tepat kepada SDM lainnya. Sebab dalam suatu perusahaan memiliki SDM adalah hal yang menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan adanya SDM, Anda dapat meningkatkan segala penjualan produk bisnis Anda. Ketika memasarkan produk Anda sebagai pemilik bisnis juga harus memiliki rasa antusias yang tinggi terhadap produk tersebut, jika Anda antusias, maka SDM ataupun karyawan yang Anda miliki juga akan antusias dan lebih semangat untuk memasarkan produk Anda.

Itulah tadi hal seputar repeat order yang perlu Anda ketahui. Cara di atas memberikan gambaran umum bagaimana menjaga loyalitas konsumen sehingga bersedia melakukan pembelian berulang di tempat yang sama. Dengan Anda menjaga loyalitas pelanggan, tentu bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan dari pelanggan Anda.

Maka hal yang harus Anda lakukan adalah menghitung setiap penjualan ataupun keuntungan yang sudah Anda hasilkan. Dengan cara menghitung keuntungan usaha Anda, maka Anda dapat mengetahui keuntungan yang Anda hasilkan di setiap periodenya. Namun bagi Anda yang masih belum mengetahui cara menghitung profit , maka ada banyak pilihan pengunaan metode penghitungan yang dapat Anda gunakan. Salah satu cara menghitung profit usaha Anda adalah dengan mengunakan laporan pembukuan secara online. Seperti halnya dengan menggunakan software akutansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony