Harmony Blog

10 Alat Pembayaran Internasional Yang Sering Digunakan Pebisnis

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

alat pembayaran internasionalPin

Dalam dunia bisnis tak jarang terdapat transaksi ekspor atau penjualan ke luar negeri. Dalam transaksi ini tentunya dibutuhkan alat pembayaran internasional atas penjualan tersebut. Alat pembayaran yang bisa digunakan tidak hanya melulu menggunakan uang tunai. Ada beberapa alat pembayaran internasional yang bisa Anda pilih.

Alat pembayaran internasional bisa berupa uang kartal maupun uang giral

Sementara transaksi beda negara ini umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perbedaan selera, perluasan pangsa pasar hingga keuntungan yang lebih tinggi atas jual beli internasional. Alat pembayaran internasional yang umumnya digunakan oleh pebisnis adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Pentingnya Melakukan Pemisahan Keuangan Pribadi dan Usaha

Inilah Alat Pembayaran Internasional

Alat pembayaran internasional mata uang asingPin

1. Letter of Credit  

Cara pembayaran internasional ini memberikan jaminan keamanan terhadap penjual dan pembeli karena adanya bank perantara. Bank perantara ini menjamin permintaan barang pembeli terpenuhi dan memberikan kepastian pembayaran kepada penjual.

2. Wesel

Sistem pembayaran ini bisa dilakukan di berbagai belahan dunia. Wesel merupakan layanan transfer uang luar negeri yang biasa disediakan kantor pos maupun bank konvensional. Pihak pengirim uang biasanya diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Sementara pihak penerima akan mendapatkan password dan pin untuk mengambil uangnya.

Anda yang tidak memiliki rekening bank bisa menggunakan cara pembayaran internasional ini. Wesel tak hanya menangani pembayaran internasional namun juga sistem pembayaran dalam negeri.

3. Kartu Kredit

Kartu kredit alat pembayaran internasionalPin

Kartu kredit bisa menjadi alat pembayaran internasional yang paling sering digunakan. Hanya berbekal kartu kredit Anda bisa berbelanja, membayar asuransi, membeli tiket pesawat bahkan mengambil uang tunai dari berbagai ATM yang ada di negara lain.

Kelebihan lainnya dari kartu kredit ialah banyak penawaran menarik serta cashback untuk beberapa transaksi. Kartu kredit juga praktis dan aman serta mampu menampilkan historis pengeluaran.

4. Cek / Bilyet Giro

Selain letter of credit pihak bank juga menyediakan alat pembayaran internasional lainnya seperti cek atau bilyet giro.  Sistem pembayaran uang giral ini ialah menggunakan selembar cek yang berisi saldo uang yang disepakati. Lewat cek ini penjual bisa mencairkan uang atas penjualan produknya. Kelebihannya adalah terdapat rekam jejak dari pihak bank yang mampu mengurangi kecurangan terhadap transaksi ekspor atau impor.

Keunggulan dari cek atau bilyet giro adalah memiliki masa berlaku. Selain itu bisa pula dibatalkan secara sepihak. Alat pembayaran ini juga minim resiko sehingga aman untuk digunakan.

5. Escrow Account

Escrow Account merupakan akun bersama yang dibuka oleh penjual dan pembeli. Rekening bersama ini memiliki sistem pembayaran dimana pihak pembeli menyetorkan uangnya di rekening tersebut. Setelah barang diterima pihak penjual bisa mengambil uang di rekening tersebut.

6. Emas

Tak jarang transaksi internasional menggunakan emas sebagai alat pembayaran. Keunggulan emas adalah nilainya yang stabil dan tidak mudah terganggu karena inflasi. Emas juga mudah sekali dicairkan serta dianggap mampu melindungi nilai produk.

7. Paypal / Transferwise

Sistem pembayaran ini merupakan bank dunia maya. Paypal atau transferwise memberikan fasilitas transfer uang ke berbagai negara dengan melakukan deposit terlebih dahulu. Uang deposit tersebut bisa dikonversikan ke berbagai mata uang. Kelebihan bank dunia maya ini adalah transaksi lebih cepat hanya dalam hitungan menit uang sudah sampai ke rekening penjual.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

8. Valuta Asing

Transaksi internasional umumnya menggunakan valuta asing. Dollar biasa menjadi acuan valuta asing untuk pembayaran transaksi. Mata uang asing yang juga diakui dalam perpajakan hanya rupiah dan dollar saja. Kelebihan dollar ketimbang mata uang asing lainnya adalah tidak mudah terkena devaluasi.

Valuta asing juga bisa dijadikan investasi di kemudian hari. Terdapat pasar valuta asing yang bisa digunakan untuk mencari keuntungan dari valuta asing.

9. Telegrafik Transfer

Adalah alat pembayaran yang mirip dengan cek tetapi terdapat perintah dari pemilik dana untuk memindahkan dana ke rekening lain secara otomatis. Alat pembayaran internasional ini lumayan beresiko tinggi. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk memilih bank terpercaya.

10. Cryptocurrency

Di era serba canggih seperti ini semakin banyak pula pebisnis yang berinvestasi mata uang digital. Pembayaran transaksi umumnya menggunakan cryptocurrency seperti bitcoin. Kelebihan uang digital ini adalah tidak perlunya konversi mata uang yang umumnya menimbulkan biaya selisih kurs.

Selisih kurs menjadi lazim terjadi akibat transaksi perdagangan internasional. Tak hanya itu, Anda pun perlu mencatat selisih tersebut baik untung maupun rugi. Karena nantinya akan timbul dalam laporan keuangan bisnis Anda. Jika bisnis Anda termasuk bisnis yang sering sekali menggunakan mata uang internasional maka Anda bisa juga mencoba software akuntansi Harmony yang memiliki fitur multi currency di dalamnya. Anda bisa mencatat transaksi perdagangan internasional secara jelas dan rinci tanpa perlu khawatir salah input.

Harmony juga memiliki fitur lainnya seperti pembuatan invoice, rekonsiliasi bank otomatis, simple manufacturing dan juga laporan keuangan dapat diterima secara realtime tanpa repot. Kini Anda mendapatkan Gratis 30 Hari untuk menggunakan, caranya mudah daftarkan akun Anda di sini. Selanjutnya Anda bisa menikmati kemudahan pembukuan berbasis teknologi.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk dan belum sempat untuk melakukan pembukuan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pembukuan yang membantu pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau dan dikerjakan oleh profesional di bidang akuntansi.

Untuk mendapatkan referensi bacaan seputar bisnis, keuangan, akuntansi, pajak dan marketing Anda bisa kunjungi halaman sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram dan Linked in.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony