Harmony » Blog » 

Trade Financing Membantu Bisnis Perdagangan Internasional

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 29, 2021

Trade financing memudahkan saluran distribusi barang ke seluruh dunia dan berpartisipasi dalam perdagangan internasional. Jadi, apakah Anda baru saja merintis bisnis impor dan ingin sukses dalam perdagangan internasional. Maka, penting untuk memahami apa itu trade financing dan bagaimana strateginya.

Trade financing memungkinkan dan memudahkan importir dan eksportir untuk bertransaksi bisnis melalui perdagangan.Click to Tweet

Apa Itu Trade Financing?

Definisi trade financing biasanya mengacu pada semua instrumen dan produk yang memungkinkan pebisnis perdagangan internasional. Layanan trade financing menjembatani kesenjangan keuangan antara para pelaku bisnis impor. Seperti importir, eksportir, atau pihak ketiga. Sehingga, dapat mengurangi faktor penghambat perdagangan internasional.

Menurut pengertian umum, trade financing adalah produk keuangan yang dipakai bank atau perusahaan dalam transaksi perdagangan internasional atau bisnis impor yang layak. Meliputi aktivitas seperti peminjaman uang, letter of credit, dan lainnya.

Manfaat Trade Financing

Bagaimana Produk Dan Layanan Yang Membantu Bisnis Impor Atau Perdagangan Internasional?

Berikut ini adalah istilah yang terjadi dalam trade financing. Simak lebih lanjut.

  • Letter of credit: Di sinilah bank importir membuat janji kepada eksportir bahwa ia akan segera melakukan pembayaran setelah transaksi selesai.
  • Bank penjamin: Ketika bank bertindak sebagai penjamin dalam hal importir atau eksportir gagal memenuhi syarat dan ketentuan kontrak. Selanjutnya, bank akan membayar sejumlah uang kepada penerima.
  • Piutang usaha: Di sini, eksportir menjual faktur mereka ke pemberi pembiayaan perdagangan (faktor) dengan harga diskon. Faktor tersebut kemudian menjualnya kepada importir, yang membayar harga penuh untuk produk tersebut.
  • Forfaiting: Saat eksportir menjual semua akun mereka ke forfaiter dengan harga diskon untuk ditukar dengan uang tunai.
  • Asuransi: Asuransi dapat dipakai untuk menjamin pengiriman dan kualitas barang.
  • Pinjaman: Jalur kredit pinjaman dapat diterbitkan oleh bank atau penyedia lain untuk membantu baik importir maupun eksportir.
  • Kredit ekspor: Ini dapat diberikan kepada eksportir sebagai modal kerja.

[elementor-template id="26379"]

Manfaat Trade Financing Bagi Bisnis Impor Dan Perdagangan Internasional.

Ada banyak manfaat trade financing, terutama dari segi pembiayaan perdagangan internasional. Misalnya, meminimalisir risiko gagal bayar, barang tidak dikirim supplier, serta menambah efisiensi. Berikut manfaat lainnya:

  • Meningkatkan kinerja dan arus kas perusahaan

    Trade financing tidak hanya membantu perusahaan memperoleh pembiayaan dalam memfasilitasi kegiatan bisnis impornya. Tetapi, juga menjadi perpanjangan kredit dalam hal pembiayaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menerima pembayaran tunai berdasarkan piutang jika terjadi pengalihan piutang/ invoice financing.

    Demikian halnya dengan letter of credit yang dapat membantu importir dan eksportir untuk melakukan transaksi perdagangan internasional dan mengurangi risiko gagal bayar, atau tidak diterimanya barang.

    Berdasarkan hal tersebut tentu saja akan mengakibatkan peningkatan arus kas. Sebab, bank pembeli telah menjamin pembayaran, dan importir mengetahui bahwa barang akan dikirimkan.

    Dengan kata lain, trade finance dapat memastikan lebih sedikit penundaan pembayaran dan pengiriman yang memungkinkan importir dan eksportir menjalankan bisnis mereka dan merencanakan arus kas mereka secara lebih efisien.

  • Mengurangi risiko keterlambatan pembayaran

    Tanpa trade finance, perusahaan mungkin saja bisa terlambat dalam pembayaran dan kehilangan pelanggan atau supplier utama yang berdampak kerugian besar bagi perusahaan. Opsi seperti fasilitas kredit atau pinjaman bank tidak hanya bisa membantu perusahaan bertransaksi secara internasional. Melainkan, juga membantu mereka di saat kesulitan keuangan.

Apakah perusahaan Anda bergerak di bidang bisnis impor? Atau, perdagangan internasional? Bagaimanapun juga, hampir semua jenis bisnis membutuhkan pengelolaan anggaran keuangan yang akurat dan rapi. Sehingga, lebih mudah menentukan harga pokok penjualan (HPP) maupun mengelola biaya operasional sehari-hari.

Akan sangat merepotkan, apabila hanya mengandalkan pencatatan di buku besar yang menghabiskan tinta, kertas, dan tenaga tim finance. Lebih baik, andalkan software akuntansi online dari Harmony yang berbasis Cloud.

Anda lebih mudah memantau manajemen keuangan dan pembukuan bisnis kapan saja dan dimanapun Anda berada. Pembuatan laporan keuangan juga dapat dilakukan secara otomatis, tinggal sekali klik lewat smartphone atau perangkat desktop. Follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony di medsos untuk detailnya.

Ingin tahu seperti apa kecanggihan Aplikasi Harmony untuk bisnis Anda? Mari uji pakai GRATIS 30 hari, dengan klik di sini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram